Blog Informasi Apa Aja

15 September 2013

Kompresor Torak Banyak Tingkat



Kompresor torak dengan bayak tingkat dipergunakan untuk memampatkan udara mencapai tekanan yang sangat tinggi sampai 1000o kgf/cm2 tetapi kompressor ini memiliki laju aliran yang rendah, dibatasi sampai dengan 5 m3/detik. Pada kompressor banyak tingkat, udara mula-mula dikompresikan dengan silinder pada tingkat tekanan rendah, dan selanjutnya dikompresikan kembali dalam silinder pada tingkat tekanan tinggi. 

Untuk meminimumkan penaksiran daya, maka proses kompressi diusahakan berlangsung secara isothermis dimana udara tekan yang keluar dari silinder tingkat tekanan rendah didinginkan dalam suatu alat pendinginan antara (intercooler) sehingga mencapai suhu awal (pada pendinginan optimal) sebelum udara tekan masuk ke dalam silinder tingkat tekanan tinggi. Dalam hal ini, daya dan rasio tekanan pada setiap tingkat adalah sama. 

Dalam praktek sebenarnya, tekanan udara pada permulaan langkah kompresor sedikit lebih rendah dari pada tekanan atmosfer akibat terjadinya penurunan tekanan yang disebabkan rintangan (obstruksi) sepanjang saluran masuk, sedangkan suhu udara pada saat tersebut adalah lebih tinggi dari pada suhu atmosfer karena udara masuk melewati katup yang panas serta tercampur dengan udara tekan sisa yang masih terjebak di dalam silinder.

Keuntungan-keuntungan dari pemakaian kompresor dengan banyak tingkat adalah :
  1. Efisiensi volumetrik yang lebih baik (sekitar 85 %) disebabkan tekanan yang lebih rendah dalam volume sisa pada silinder tingkat tekanan rendah.
  2. Suhu kerja jauh lebih rendah, sehingga pelumasan akan lebih baik dan kemungkinan terjadinya keausan dan keretakan lebih kecil.
  3. Pendinginan adalah lebih baik dengan mempergunakan pendinginan udara dan pendinginan dinding silinder.
  4. Kerugian akibat kebocoran akan berkurang disebabkan pelumasan yang lebih baik dan beda tekanan antara bagian atas dan bawah torak leih kecil.
  5. Berat silinder-silindernya lebih ringan. Pada tekanan tinggi diperlukan konstruksi yang kokoh, dimana untuk silinder tingkat tekanan rendah dapat dibuat secara tuang biasa.
  6. Mempunyai kesetimbangan (balance) mekanis yang lebih baik sehingga dibutuhkan roda gila yang lebih kecil karena torsinya lebih merata.
Kekurangan dari kompresor udara jenis torak adalah aliran udara tekan terputus-putus (intermitten), masalah balance, dan membutuhkan lebih banyk pelumasan sehingga udara tekan menjadi kurang bersih.

Kompresor Torak Banyak Tingkat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: