Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

14 September 2013

Prinsip Kerja Heat Pump



prinsip kerja heat pump
Prinsip Kerja Heat Pump, Pada dasarnya Heat pump ( pompa kalor ) adalah  suatu sistem yang memanfaatkan kalor yang dilepaskan kondensor untuk pemanasan, jadi panas tidak  dibuang ke atmosfir. Heat Pump menggunakan peralatan yang sama dengan yang digunakan pada sistem refrigerasi, namun tujuannya untuk mengeluarkan kalor pada suhu tinggi.Dari Evaporator  cairan  diuapkan untuk masuk ke kompresor, Pada kompresor uap yang berasal dari evaporator dikompresi dari uap jenuh menuju tekanan kondensor,pada bagian ini terjadi kompresi adiabatic yaitu tekanan dan temperature naik.

Kapasitas refrigerasi dari sebuah mesin refrigerasi tergantung pada kemampuan kompresor memenuhi jumlah gas refrigerant yang perlu disirkulasikan. Setelah gas selesai dikompresi maka selanjutnya diteruskan ke kondensor pada kondensor inilah kalor yang ada dilepaskan, dari panas yang dilepaskan itulah yang dimanafaatkan sebagai pamanasan ruangan dan sebagainya.Untuk mencairkan uap refrigerant yang bertekanan dan bertemperatur tinggi (yang keluar dari kompresor), diperlukan usaha melapaskan kalor sebanyak kalor pemgembunan,dengan cara mendinginkan uap refrigerant itu.

Jumlah kalor yang dilepaskan oleh uap refrigerant kepada udara pendingin atau air pendingin, didalam kondensor sama dengan selisih entalpi uap refrigerant pada seksi masuk dengan seksi keluar kondensor. selanjutnya cairan refrigerant yang bertekanan dan bertemperatur tinggi di masukkan ke katup ekspansi untuk diekspansi secara adiabatic pada katup ekspansi terjadi proses trotel atau ekspansi.

Selain itu juga katup ekspansi juga mengatur pemasukan refrigerant sesuai dengan pendinginan yang diinginkan yang harus dilayani oleh evaporator.jadi katup ekspansi mengatur supaya evaporator selalu dapat bekerja sehingga diperoleh efisiensi refrigerasi yang maksimal.selanjutnya refrigerant dimasukkan kembali ke kondensor, pada kondensor inilah terjadi penyerapan panas. Jadi evaporator inilah yang digunakan sebagai alat untuk pendinginan dari pompa kalor sedangkan untuk pemanasan digunakan kondensor dengan memanfaatkan kalor yang dilepas.

Prinsip Kerja Heat Pump Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: