Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

11 September 2013

RPP Bahasa Indonesia "Surat Pribadi"

Contoh RPP / Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan materi "Surat Pribadi" 


                                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SDN Kompleks IKIP I
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : IV/I
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit


I.      STANDAR KOMPETENSI
Menulis : mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk cerita dan surat.


II.    KOMPETENSI DASAR
Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan  ( huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll)


III.   INDIKATOR
1. Kognitif
a. Produk :
Menyebutkan jenis- jenis surat
b. Proses :
Menuliskan bagian-bagian surat dinas maupun surat pribadi
2. Psikomotor :
Menulis surat pribadi kepada teman sebaya dengan menggunakan ejaan yangbenar dan memperhatikan bagian – bagian surat dengan tepat.
3. Afektif
a. karakter :
menulis surat pribadi kepada teman sebaya  dengan teliti dan memperhatikan ejaan  yang digunakan dengan benar.
b. keterampilan sosial :
Siswa melakukan Tanya jawab dengan teman yang lain untuk penyempurnaan penulisan surat.


IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Kognitif :
a.   Produk
Melalui Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan dua jenis surat dengan benar.
a.   Proses :
Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menuliskan  tujuh bagian surat dengan baik..
2.   Psikomotorik :
Siswa dapat menuliskan surat pribadi kepada teman sebaya dengan baik dan memperhatikan ejaan / kalimat yang digunakan secara tepat.
3.   Afektif :
a.   Karakter:
Melalui diskusi kelompok, siswa bertanggun jawab  dalam kelompoknya untuk membuat surat pribadi dengan baik dan teliti.
b.   Keterampilan sosial:
Dengan diskusi kelompok, siswa saling menyumbang ide/ gagasan kepada kelompoknya guna penyempurnaan penulisan surat.


V.   MATERI PEMBELAJARAN
SURAT PRIBADI
1.   Janis surat
a.    Surat dinas
b.   Surat pribadi

2.   Bagian surat
a.    Tanggal pembuatan surat
b.   Tujuan
c.    Isi surat
d.   Penutup surat
e.    Salam Penutup
f.    Tanda tangan pembuat surat
g.   Nama pembuat

VI.   MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan    : Kontekstual
Model             : kooperatif tipe STAD
Metode           : ceramah, diskusi, pemecahan masalah, dan tanya jawab

VII.    SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
a.   Sumber
Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 4.Solo:Tiga Serangkai.Pustaka Mandiri.

b.   Media Pembelajaran
Media visual tentang surat


VIII.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a)          Kegiatan Awal (10 menit)
1.      Mengecek kesiapan belajar siswa dan ruang kelas
2.      Menciptakan suasana yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk belajar dengan cara tanya jawab tentang pengalaman menulis surat kepada teman atau keluarganya
3.      Mengkomunikasikan garis besar tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran
b).  Kegiatan Inti (50 Menit)
1.   Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang.
2.   Guru menampilkan teks surat pribadi “Ibunda di Medan”  kepada tiap kelompok.
3.   Siswa dari kelompok lain diminta untuk kedepan kelas membacakan teks surat pribadi “Ibunda di Medan” dan kelompok yang lain mendengarkan.
4.   Tanya jawab tentang isi teks surat pribadi “Ibunda di Medan”
5.   Guru menjelaskan tentang bagian-bagian surat pribadi
6.  Guru menjelaskan cara menulis surat pribadi dengan bahasa yang baik dan ejaan yang benar dan memperhatikan penggunaan huruf besar, tanda titik, dan tanda koma.
7.   Guru membagikan teks surat pribadi kepada masing-masing kelompok.
8.      Masing-masing kelompok mengamati teks surat pribadi dengan memperhatikan apakah pengunaan bahasanya sudah baik, ejaannya benar, serta apakah benar pengunaan huruf besar, tanda titik, dan tanda koma yang benar. Kemudian siswa memberikan tanggapannya dan menuliskan/memperbaiki kesalahan yang ada pada teks surat pribadi tersebut.
9.      Guru memberikan penguatan dan penghargaan kepada siswa dan kelompok yang aktif
10. Guru memberikan evaluasi yakni Siswa ditugasi untuk membuat surat pribadi kepada teman sebayanya
c).  Kegiatan Akhir (10 Menit)
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
2.      Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran
3.      Tindak lanjut, berupa saran/ tugas agar siswa berlatih dirumah membaca dan         menulis surat pribadi kepada temannya

IX.     PENILAIAN
1.      Teknik penilaian
a.      Tes tertulis (produk)
b.      Non tes yakni observasi(proses)
2.      Instrument penilaian
a.      Uraian dan jawaban singkat
b.      Lembar observasi
3.      Prosedur penilaian
Penilaian proses dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung sejak awal dibentuknya kelompok dan penilaian hasil dilakukan di akhir pembelajaran.

Untuk Mendapatkan Silabus dan RPP yang lebih lengkapnya ,silahkan klik link dibawah ini 

RPP Bahasa Indonesia "Surat Pribadi" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: