Contoh RPP / Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan materi "Surat Pribadi"
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. STANDAR KOMPETENSI
Menulis : mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk cerita dan surat.
II. KOMPETENSI DASAR
III. INDIKATOR
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
V. MATERI PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN Kompleks IKIP I
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
IV/I
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
Menulis : mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk cerita dan surat.
II. KOMPETENSI DASAR
Menulis surat untuk teman sebaya tentang
pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan
penggunaan ejaan ( huruf besar, tanda
titik, tanda koma, dll)
III. INDIKATOR
1. Kognitif
a. Produk :
Menyebutkan jenis- jenis surat
b. Proses :
Menuliskan bagian-bagian surat dinas
maupun surat pribadi
2. Psikomotor :
Menulis surat pribadi kepada teman
sebaya dengan menggunakan ejaan yangbenar dan memperhatikan bagian – bagian
surat dengan tepat.
3. Afektif
a. karakter :
menulis surat pribadi kepada teman
sebaya dengan teliti dan memperhatikan
ejaan yang digunakan dengan benar.
b. keterampilan sosial
:
Siswa
melakukan Tanya jawab dengan teman yang lain untuk penyempurnaan penulisan
surat.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
:
a.
Produk
Melalui Tanya
jawab, siswa dapat menyebutkan dua jenis surat dengan benar.
a.
Proses
:
Setelah
mendengar penjelasan guru, siswa dapat menuliskan tujuh bagian surat dengan baik..
2. Psikomotorik :
Siswa dapat
menuliskan surat pribadi kepada teman sebaya dengan baik dan memperhatikan
ejaan / kalimat yang digunakan secara tepat.
3.
Afektif
:
a.
Karakter:
Melalui diskusi
kelompok, siswa bertanggun jawab dalam
kelompoknya untuk membuat surat pribadi dengan baik dan teliti.
b.
Keterampilan
sosial:
Dengan diskusi kelompok, siswa saling
menyumbang ide/ gagasan kepada kelompoknya guna penyempurnaan penulisan surat.
V. MATERI PEMBELAJARAN
SURAT
PRIBADI
1.
Janis
surat
a.
Surat
dinas
b.
Surat
pribadi
2.
Bagian
surat
a.
Tanggal
pembuatan surat
b.
Tujuan
c.
Isi
surat
d.
Penutup
surat
e.
Salam
Penutup
f.
Tanda
tangan pembuat surat
g.
Nama
pembuat
VI. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Kontekstual
Model : kooperatif tipe STAD
Metode : ceramah, diskusi, pemecahan
masalah, dan tanya jawab
VII. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Sumber
Karsidi.2008.Inilah Bahasa
Indonesiaku 4.Solo:Tiga Serangkai.Pustaka Mandiri.
b. Media
Pembelajaran
Media
visual tentang surat
VIII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a)
Kegiatan
Awal (10 menit)
1.
Mengecek
kesiapan belajar siswa dan ruang kelas
2.
Menciptakan
suasana yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk belajar dengan cara tanya
jawab tentang pengalaman menulis surat kepada teman atau keluarganya
3.
Mengkomunikasikan
garis besar tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran
b).
Kegiatan Inti (50 Menit)
1. Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok
dan masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang.
2. Guru menampilkan teks surat pribadi “Ibunda
di Medan” kepada tiap kelompok.
3. Siswa dari kelompok lain diminta untuk
kedepan kelas membacakan teks surat pribadi “Ibunda di Medan” dan kelompok yang
lain mendengarkan.
4. Tanya jawab tentang isi teks surat pribadi
“Ibunda di Medan”
5. Guru menjelaskan tentang bagian-bagian surat
pribadi
6. Guru menjelaskan cara menulis surat pribadi
dengan bahasa yang baik dan ejaan yang benar dan memperhatikan penggunaan huruf
besar, tanda titik, dan tanda koma.
7. Guru membagikan teks surat pribadi kepada
masing-masing kelompok.
8.
Masing-masing
kelompok mengamati teks surat pribadi dengan memperhatikan apakah pengunaan
bahasanya sudah baik, ejaannya benar, serta apakah benar pengunaan huruf besar,
tanda titik, dan tanda koma yang benar. Kemudian siswa memberikan tanggapannya
dan menuliskan/memperbaiki kesalahan yang ada pada teks surat pribadi tersebut.
9.
Guru
memberikan penguatan dan penghargaan kepada siswa dan kelompok yang aktif
10. Guru memberikan evaluasi yakni Siswa ditugasi
untuk membuat surat pribadi kepada teman sebayanya
c). Kegiatan Akhir (10 Menit)
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
2.
Kegiatan
refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran
3.
Tindak
lanjut, berupa saran/ tugas agar siswa berlatih dirumah membaca dan menulis surat pribadi kepada temannya
IX. PENILAIAN
1.
Teknik
penilaian
a.
Tes
tertulis (produk)
b.
Non
tes yakni observasi(proses)
2.
Instrument
penilaian
a.
Uraian
dan jawaban singkat
b.
Lembar
observasi
3.
Prosedur
penilaian
Penilaian proses dilaksanakan pada saat
pembelajaran berlangsung sejak awal dibentuknya kelompok dan penilaian hasil
dilakukan di akhir pembelajaran.
Untuk Mendapatkan Silabus dan RPP yang lebih lengkapnya ,silahkan klik link dibawah ini
0 komentar:
Posting Komentar