Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

12 September 2013

RPP IPS Model SSP Materi "Keragaman Suku Bangsa"

Contoh RPP Model SSP dengan materi "Keragaman suku bangsa"


                                    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                    Sekolah                                   : SDN kompleks IKIP  I
                                    Mata pelajaran                       : Pendidikan IPS di SD
                                    Kelas/semester                      : IV/I
                                    Alokasi waktu                         : 3 X 35 Menit


I.    STANDAR KOMPETENSI

Memahami Sejarah Kenampakan Alam Dan Keragaman Suku Bangsa Di Lingkungan Kabupaten/Kota dan provinsi

II.    KOMPETENSI  DASAR

Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat ( kabupaten kota dan provinsi )

III.   INDIKATOR

1.   Kognitif

a. Produk :

Menyebutkan suku yang ada di lingkungan setempat
 
b.Proses :

Mengenal dan menghargai suku yang ada di lingkungan sekitar siswa

2.   Afektif

a. Karakter :

Siswa saling menghargai keragaman suku yang ada di lingkungan kelas dan saling mengenal pola sikap atar suku

b.Keterampilan social :

Siswa saling menyumbang ide guna perwujudan saling menghargai antar suku bangsa yang ada di Indonesia dan terkhusus di lingkungan setempat

3.   Psikomotorik :

Siswa mengaplikasikan wujud saling menghargai di lingkungan kelas mereka.

IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Kognitif :

a. Produk

Melalui keragama suku bangsa, siswa dapat menyebutkan keragaman suku yang ada di lingkungan setempat

b.Proses

Melalui keragaman suku bangsa, siswa dapat menghargai keragaman suku bangsa yang ada di lingkungan sekitar

2.    Afektif :

a. Karakter

Dengan adanya keragaman suku bangsa, siswa dapat saling mengenal keragaman antar suku yang ada di sekitar siswa

b.Keterampila social

Antar siswa yang berbeda suku, timbul adanya saling menghargai di antara siswa yang berbeda suku.

3.    Psikomotorik : 

Siswa dengan penuh percaya diri dan rasa tanggung jawab mengaplikaskan rasa saling menghargai antar keragaman suku diantara mereka.

V.     MATERI PEMBELAJARAN

Keragaman suku bangsa dan unsur-unsur budaya

VI.   MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan        : Kontekstual

Model                 : kooperatif tipe STAD

Metode               : ceramah, diskusi, pemecahan masalah, dan tanya jawab.

VII.   SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

a.       Sumber

Pengetahuan social untuk SD kelas IV, ISBN

b.      Media Pembelajaran

Media visual tentang keragaman suku bangsa.

c.       LKS

VIII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1.      Pendahuluan (±20 menit)

a.       Guru menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar dengan menyiapkan siswa terlebih dahulu.

b.      Guru melakukan apersepsi dengan mengaktifkan kembali pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya. Apersepsi juga dimaksudkan untuk memotivasi siswa untuk mempelajari pengetahuan baru.

c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan garis-garis besar tentang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan

2.      Kegiatan inti (70 menit)

a.       Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dengan memperhatikan penyebaran perbedaan jenis kelamin, suku, agama, dan perbedaan intelegensi serta jumlah masing-masing tiap kelompok.

b.      Tiap kelompok siswa diberi label nama-nama suku misalkan kelompok 1 diberi nama kelompok suku bugis, kelompok 2  diberi nama suku Papua.

c.       Siswa diberi contoh oleh guru tentang cara memecahkan masalah.

d.      Siswa ditiap kelompok berdiskusi untuk memecahkan masalah tentang keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Pemecahan masalah dilakukan dengan mengikuti petunjuk LKS.

e.       Tiap kelompok siswa menyajikan hasil diskusi mereka tentang penyelesaian masalah dari masalah yang diberikan.

f.       Melaksanakan diskusi antarkelompok untuk mencari penyelesaian yang tepat.

g.      Guru mengadakan tanya jawab tentang contoh cara menghargai antarsuku bangsa dan budaya yang berbeda di lingkungan setempat.

h.      Guru menjelaskan dan mengadakan tanya jawab tentang arti dan makna Bhinneka Tunggal Ika.

3.      Penutup (±15 menit)

a.       Kesimpulan seputar materi khususnya yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran.

b.      Refleksi

c.       Pesan-pesan moral.

IX.       PENILAIAN

1.      Teknik penilaian

a.       Tes tertulis (produk)

b.      Non tes yakni observasi(proses)

2.      Instrument penilaian

a.       Uraian dan jawaban singkat

b.      Lembar observasi

3.      Prosedur penilaian

Penilaian proses dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung sejak awal dibentuknya kelompok dan penilaian hasil dilakukan di akhir pembelajaran.

Untuk Mendapatkan Silabus, RPP beserta materinya yang lebih lengkapnya dalam bentuk Subject Specific Pedagogyc (SSP ), Silahkan klik link dibawah ini
https://docs.google.com/file/d/0B-AnFx6QLQcMajgwZG9JSGhRTkk/edit?usp=sharing 

RPP IPS Model SSP Materi "Keragaman Suku Bangsa" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: