Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

20 September 2013

RPP Sains "Sifat-Sifat Cahaya" Tipe Siklus



Contoh RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) Berdasarkan Siklus

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Siklus 1)

                           Mata Pelajaran                   : Sains
                           Pokok Bahasan                  :  Cahaya
                           Sub Pokok Bahasan           :  Sifat-sifat Cahaya
                           Kelas/Semeter                     :  V/II
                           Alokasi /Waktu                   :  1 x Pertemuan


A.   Standar Kompetensi
Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
B.    Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
C.   Indikator
Siswa dapat menyimpulkan berdasarkan pengamatan dilingkungan sekitarnya mengenai sifat-sifat cahaya.
Tujuan Pembelajaran
Melalui penjelasan, percobaan dan pengamatan yang dilakukan:
a.       Siswa menyebutkan contoh peristiwa yang membuktikan bahwa cahaya itu merambat lurus sesuai dengan kenyataan yang ada dilingkungannya dengan benar.
b.      Siswa menyebutkan contoh peristiwa yang membuktikan bahwa cahaya itu dapat dipantulkan dengan benar.
c.       Siswa dapat menjelaskan mengapa cahaya dikatakan dapat merambat lurus dengan benar.
d.      Siswa dapat menjelaskan mengapa cahaya dapat dikatakan dapat dipantulkan dengan benar.
D.   Materi
Sifat-sifat cahaya
1.      Cahaya merambat lurus
2.      Cahaya dapat dipantulkan
E.    Media dan Sumber
1.      Media
-   Alat peraga sederhana untuk membuktikan bahwa :
1.      Cahaya merambat lurus
2.      Cahaya dapat dipantulkan
2.   Sumber

                         a.      KTSP 2006 Sains kelas V
                        b.      Buku paket Sains kelas V Penerbit Erlangga
F.     Metode dan Pendekatan.
1. Metode.
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Diskusi kelompok
-          Eksperimen
-          Demonstrasi
-          Observasi

2. Pendekatan.
      Contextual Teaching and Learning (CTL)
G.    Langkah-langkah pembelajaran
No.
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
siswa
Waktu
1.







Kegiatan Awal
a.  Berdoa
b.  Mengecek kehadiran siswa
 c.  Mengelola kelas
 d.  Melakukan apersepsi seperti menanyakan pelajaran yang
      sebelumnya dan mengaitkannya dengan pelajaran sekarang.

Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal



± 10 Menit
2
Kegiatan Inti.
A. Orientasi Siswa Kepada Masalah.
1.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu mengenai materi cahaya dapat merambat lurus dan dapat dipantulkan.
2.       Menjelaskan perangkat yang dibutuhkan.
3.       Memotivasi siswa agar terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang akan diilakukan.

B. Mengelola pengetahuan awal siswa
    terhadap Materi.
  1. Guru meminta siswa untuk mengemukakan pengetahuan awal yang dimilikinya terhadap materi yaitu cahaya merambat lurus dan dapat dipantulkan, kemudian pengetahuan awal siswa tersebut dijadikan acuan untuk menyelidikinya
  2. Guru memotivasi siswa dalam membangun pengetahuan siswa dari pengalaman baru berdasarkan pada pengetahuan awal. (Konstruktivisme)
  3. Guru mengemukakan pertanyaan yang mengacu pada pengembangan kreativitas berfikir siswa yang berhubungan dengan materi cahaya dapat dipantulkan dan dapat merambat lurus dengan mengaitkan antara materi dengan kenyataan yang ada dilingkungan siswa. (questioning)
  4. Guru meminta siswa untuk mengemukakan ide atau gagasan terhadap materi.
  5. Guru melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai materi serta Guru meminta siswa untuk menyebutkan beberapa contoh yang membuktikan bahwa cahaya itu merambat lurus, dan dapat dipantulkan sesuai dengan pengalaman yang pernah dialaminya.

C.   Membimbing Penyelidikan Individual atau Kelompok Siswa.
  1. Guru membagi siswa didalam kelas menjadi 5 kelompok, dengan cara guru meminta siswa menghitung 1,2,3, 4 dan 5, siswa yang menyebutkan angka 1 masuk dalam kelompok 1, siswa yang menyebutkan angka 2 masuk dalam kelompok 2, siswa yang menyebutkan angka 3 masuk dalam kelompok 3, begitupun siswa yang menyebutkan angka 4 masuk dalam kelompok sampai terbentuk kelompok 5. (Learning Community)
  2. Setelah kelompok terbentuk, guru memberikan tugas atau masalah kepada masing-masing kelompok untuk diselesaikan yaitu mengenai cahaya merambat lurus dan dapat dipantulkan.
  3. guru meminta siswa mengumpulkan informasi yang sesuai melalui observasi yang berhubungan dengan materi  dan melaksanakan eksperimen, serta membantu siswa mengaitkan antara informasi yang diperolehnya dengan keadaan atau konteks dilingkungan mereka, untuk mendapatkan penjelasan serta pemecahan masalahnya. (Inquiry)
  4. Setiap kelompok, melakukan pecobaan untuk membuktikan dan menguatkan pemahaman mereka sebelumnya bahwa cahaya itu merambat lurus, dan dapat dipantulkan, yang diperoleh dari hasil pengamatan (observasi) siswa yang dilakukan sebelumnya.

D.   Menganalisis dan Mengevaluasi Pemecahan Masalah.
  1. Guru membantu siswa melakukan refleksi terhadap proses pemecahan masalah yang dilakukan. (refleksi)
  2. Guru mengukur dan mengevaluasi penyelidikan siswa dan proses-proses yang mereka gunakan. (authentic assessment).

E.  Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
             1.      Guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video dan model (Pemodelan)
             2.      Menyajikan hasil tugas siswa dalam kelompok.



Klasikal


Klasikal
Kalsikal




Klasikal




Klasikal


Klasikal





Klasikal

Klasikal






Kelompok







Kelompok



Kelompok






Kelompok






Individual/
Kelompok

Individual/
Kelompok




Kelompok

Kelompok
± 45 Menit
3
Kegiatan Akhir
1.       Guru meminta siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah diajarkan tadi.
2.       Memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa untuk rajin belajar dan mengulangi pelajarannya dirumah.

Klasikal


Klasikal
± 10 Menit

H.    Penilaian.
1.  Prosedur Penilaian.
Ø  Penilaian Proses
Ø  Penilaian Akhir (Post test)
        2.  Jenis Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tertulis
Ø  Kinerja
        3.  Alat penilaian.
            Soal.
Soal Latihan.
 Esay
1.      Berikan contoh berdasarkan pengalaman anda di lingkungan sehari-hari anda yang membuktikan bahwa :
a.       Cahaya itu merambat lurus.
b.      Cahaya dapat dipantulkan
2.      Mengapa cahaya dikatakan merambat lurus, jelaskan !
3.      Mengapa cahaya dikatakan dapat dipantulkan, jelaskan?

Rambu-Rambu Jawaban
Jawaban soal nomor 1, 2, dan 3 bervariasi yang terpenting jawaban siswa sesuai dengan teori yang benar, tergantung dari kreativitas siswa memahami dan menyusun kalimat sehingga menjadi kalimat yang baik.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Siklus 2)

                           Mata Pelajaran                   : Sains
                           Pokok Bahasan                  :  Cahaya
                           Sub Pokok Bahasan           :  Sifat-sifat Cahaya
                           Kelas/Semeter                     :  V/II
                           Alokasi /Waktu                   :  1 x Pertemuan


A.    Standar Kompetensi
Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
C.  Indikator
Siswa dapat menyimpulkan berdasarkan pengamatan di lingkungan sekitarnya mengenai sifat-sifat cahaya.
Tujuan Pembelajaran
Melalui penjelasan, percobaan dan pengamatan yang dilakukan:
a.       Siswa menyebutkan contoh peristiwa yang membuktikan bahwa cahaya itu dapat dibiaskan sesuai dengan kenyataan yang ada dilingkungannya dengan benar.
b.      Siswa menyebutkan contoh peristiwa yang membuktikan bahwa cahaya itu menembus benda bening dengan benar.
c.       Siswa dapat menjelaskan mengapa cahaya dikatakan dapat dibiaskan dengan benar.
d.      Siswa dapat menjelaskan mengapa cahaya dikatakan dapat menmebus benda bening dengan benar.
D.    Materi
Sifat-sifat cahaya
a.       Cahaya dapat dibiaskan
b.      Cahaya dapat menembus benda bening
E.     Media dan Sumber
1.      Media
2.      Alat peraga sederhana untuk membuktikan bahwa :
1.      Cahaya dapat dibiaskan
2.      Cahaya dapat dipantulkan
c.  Sumber

1.      KTSP 2006 Sains kelas V
2.      Buku paket Sains kelas V Penerbit Erlangga
F.     Metode dan Pendekatan.
1. Metode.
a.       Ceramah
b.      Tanya jawab
c.       Diskusi kelompok
d.      Eksperimen
e.       Demonstrasi
f.       Observasi
2. Pendekatan.
      Contextual Teaching and Learning (CTL)

G.    Langkah-langkah pembelajaran
No.
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
siswa
Waktu
1.







Kegiatan Awal
a.  Berdoa
b.  Mengecek kehadiran siswa
 c.  Mengelola kelas
 d.  Melakukan apersepsi seperti menanyakan pelajaran yang
      sebelumnya dan mengaitkannya dengan pelajaran sekarang.

Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal



± 10 Menit
2
Kegiatan Inti.
A. Orientasi Siswa Kepada Masalah.
1.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu mengenai materi cahaya dapat dibiaskan dan dapat menembus benda bening.
2.       Menjelaskan perangkat yang dibutuhkan.
3.       Memotivasi siswa agar terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang akan diilakukan.

B. Mengelola pengetahuan awal siswa
    terhadap Materi.
  1. Guru meminta siswa untuk mengemukakan pengetahuan awal yang dimilikinya terhadap materi yaitu cahaya dapat dibiaskan dan dapat menembus benda bening, kemudian pengetahuan awal siswa tersebut dijadikan acuan untuk menyelidikinya
  2. Guru memotivasi siswa dalam membangun pengetahuan siswa dari pengalaman baru berdasarkan pada pengetahuan awal. (Konstruktivisme)
  3. Guru mengemukakan pertanyaan yang mengacu pada pengembangan kreativitas berfikir siswa yang berhubungan dengan materi cahaya dapat dibiaskan dan dapat menembus benda bening dengan mengaitkan antara materi dengan kenyataan yang ada dilingkungan siswa. (questioning)
  4. Guru meminta siswa untuk mengemukakan ide atau gagasan terhadap materi.
  5. Guru melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai materi serta Guru meminta siswa untuk menyebutkan beberapa contoh yang membuktikan bahwa cahaya itu dapat dibiaskan, dan dapat menembus benda bening sesuai dengan pengalaman yang pernah dialaminya.

C.   Membimbing Penyelidikan Individual atau Kelompok Siswa.
  1. Guru membagi siswa didalam kelas menjadi 5 kelompok, dengan cara guru meminta siswa menghitung 1,2,3, 4 dan 5, siswa yang menyebutkan angka 1 masuk dalam kelompok 1, siswa yang menyebutkan angka 2 masuk dalam kelompok 2, siswa yang menyebutkan angka 3 masuk dalam kelompok 3, begitupun siswa yang menyebutkan angka 4 masuk dalam kelompok sampai terbentuk kelompok 5. (Learning Community)
  2. Setelah kelompok terbentuk, guru memberikan tugas atau masalah kepada masing-masing kelompok untuk diselesaikan yaitu mengenai cahaya dapat dibiaskan dan dapat menembus benda bening.
  3. Guru meminta siswa mengumpulkan informasi yang sesuai melalui observasi yang berhubungan dengan materi  dan melaksanakan eksperimen, serta membantu siswa mengaitkan antara informasi yang diperolehnya dengan keadaan atau konteks dilingkungan mereka, untuk mendapatkan penjelasan serta pemecahan masalahnya. (Inquiry)
  4. Setiap kelompok, melakukan pecobaan untuk membuktikan dan menguatkan pemahaman mereka sebelumnya bahwa cahaya itu dapat dibiaskan, dan dapat menembus benda bening, yang diperoleh dari hasil pengamatan (observasi) siswa yang dilakukan sebelumnya.

D.   Menganalisis dan Mengevaluasi Pemecahan Masalah.
  1. Guru membantu siswa melakukan refleksi terhadap proses pemecahan masalah yang dilakukan. (refleksi)
  2. Guru mengukur dan mengevaluasi penyelidikan siswa dan proses-proses yang mereka gunakan. (authentic assessment).

E.  Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
             1.      Guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video dan model (Pemodelan)
             2.      Menyajikan hasil tugas siswa dalam kelompok.



Klasikal


Klasikal
Kalsikal




Klasikal




Klasikal


Klasikal





Klasikal

Klasikal






Kelompok







Kelompok



Kelompok






Kelompok






Individual/
Kelompok

Individual/
Kelompok




Kelompok

Kelompok
± 45 Menit
3
Kegiatan Akhir
1.       Guru meminta siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah diajarkan tadi.
2.       Memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa untuk rajin belajar dan mengulangi pelajarannya dirumah.

Klasikal


Klasikal
± 10 Menit

H.    Penilaian.
1.  Prosedur Penilaian.
Ø  Penilaian Proses
Ø  Penilaian Akhir (Post test)

        2.  Jenis Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tertulis
Ø  Kinerja
        3.  Alat penilaian.
            Soal.
Soal Latihan.
 Esay
1.      Berikan contoh berdasarkan pengalaman anda di lingkungan sehari-hari anda yang membuktikan bahwa :
a.       Cahaya itu dapat dibiaskan
b.      Cahaya dapat menembus benda bening
2.      Mengapa cahaya dikatakan dapat dibiaskan, jelaskan !
3.      Mengapa cahaya dikatakan dapat menembus benda bening, jelaskan?

Rambu-Rambu Jawaban
Jawaban soal nomor 1, 2, dan 3 bervariasi yang terpenting jawaban siswa sesuai dengan teori yang benar, tergantung dari kreativitas siswa memahami dan menyusun kalimat sehingga menjadi kalimat yang baik.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Siklus 3)

                           Mata Pelajaran                   : Sains
                           Pokok Bahasan                  :  Cahaya
                           Sub Pokok Bahasan           :  Sifat-sifat Cahaya
                           Kelas/Semeter                     :  V/II
                           Alokasi /Waktu                   :  1 x Pertemuan


A.    Standar Kompetensi
Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
C.  Indikator
Siswa dapat menyimpulkan berdasarkan pengamatan di lingkungan sekitarnya mengenai sifat-sifat cahaya.
Tujuan Pembelajaran
Melalui penjelasan, percobaan dan pengamatan yang dilakukan:
1.      Siswa menyebutkan contoh peristiwa yang membuktikan bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna sesuai dengan kenyataan yang ada dilingkungannya dengan benar.
2.      Siswa dapat menjelaskan mengapa cahaya putih dikatakan tertdiri dari berbagai warna dengan benar.
D. Materi

Sifat-sifat cahaya
- Cahaya Putih terdiri dari berbagai warna

E.     Media dan Sumber
a.       Media
Alat peraga sederhana untuk membuktikan bahwa : Cahaya putih terdiri dari berbagai warna
c.  Sumber

1.      KTSP 2006 Sains kelas V
2.      Buku paket Sains kelas V Penerbit Erlangga
F.     Metode dan Pendekatan.
1. Metode.
a.       Ceramah
b.      Tanya jawab
c.       Diskusi kelompok
d.      Eksperimen
e.       Demonstrasi
f.       Observasi
2. Pendekatan.
      Contextual Teaching and Learning (CTL)

G.    Langkah-langkah pembelajaran
No.
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
siswa
Waktu
1.





Kegiatan Awal
a.  Berdoa
b.  Mengecek kehadiran siswa
 c.  Mengelola kelas
 d.  Melakukan apersepsi seperti menanyakan pelajaran yang
      sebelumnya dan mengaitkannya dengan pelajaran sekarang.

Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal

± 10 Menit
2
Kegiatan Inti.
A. Orientasi Siswa Kepada Masalah.
  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu mengenai materi cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
  2. Menjelaskan perangkat yang dibutuhkan.
  3. Memotivasi siswa agar terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang akan diilakukan.

B. Mengelola pengetahuan awal siswa
    terhadap Materi.
  1. Guru meminta siswa untuk mengemukakan pengetahuan awal yang dimilikinya terhadap materi yaitu cahaya putih terdiri dari berbagai warna, kemudian pengetahuan awal siswa tersebut dijadikan acuan untuk menyelidikinya
  2. Guru memotivasi siswa dalam membangun pengetahuan siswa dari pengalaman baru berdasarkan pada pengetahuan awal. (Konstruktivisme)
  3. Guru mengemukakan pertanyaan yang mengacu pada pengembangan kreativitas berfikir siswa yang berhubungan dengan materi cahaya putih terdiri dari berbagai warna dengan mengaitkan antara materi dengan kenyataan yang ada dilingkungan siswa. (questioning)
  4. Guru meminta siswa untuk mengemukakan ide atau gagasan terhadap materi.
  5. Guru melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai materi serta Guru meminta siswa untuk menyebutkan beberapa contoh yang membuktikan bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna sesuai dengan pengalaman yang pernah dialaminya.

C.   Membimbing Penyelidikan Individual atau Kelompok Siswa.
  1. Guru membagi siswa didalam kelas menjadi 5 kelompok, dengan cara guru meminta siswa menghitung 1,2,3, 4 dan 5, siswa yang menyebutkan angka 1 masuk dalam kelompok 1, siswa yang menyebutkan angka 2 masuk dalam kelompok 2, siswa yang menyebutkan angka 3 masuk dalam kelompok 3, begitupun siswa yang menyebutkan angka 4 masuk dalam kelompok sampai terbentuk kelompok 5. (Learning Community)
  2. Setelah kelompok terbentuk, guru memberikan tugas atau masalah kepada masing-masing kelompok untuk diselesaikan yaitu mengenai cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
  3. Guru meminta siswa mengumpulkan informasi yang sesuai melalui observasi yang berhubungan dengan materi  dan melaksanakan eksperimen, serta membantu siswa mengaitkan antara informasi yang diperolehnya dengan keadaan atau konteks dilingkungan mereka, untuk mendapatkan penjelasan serta pemecahan masalahnya. (Inquiry)
  4. Setiap kelompok, melakukan pecobaan untuk membuktikan dan menguatkan pemahaman mereka sebelumnya bahwa putih terdiri dari berbagai warna, yang diperoleh dari hasil pengamatan (observasi) siswa yang dilakukan sebelumnya.

D.   Menganalisis dan Mengevaluasi Pemecahan Masalah.
  1. Guru membantu siswa melakukan refleksi terhadap proses pemecahan masalah yang dilakukan. (refleksi)
  2. Guru mengukur dan mengevaluasi penyelidikan siswa dan proses-proses yang mereka gunakan. (authentic assessment).

E.  Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
  1. Guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video dan model (Pemodelan)
  2. Menyajikan hasil tugas siswa dalam kelompok.



Klasikal


Klasikal
Kalsikal




Klasikal




Klasikal


Klasikal





Klasikal

Klasikal






Kelompok







Kelompok



Kelompok






Kelompok






Individual/
Kelompok

Individual/
Kelompok




Kelompok

Kelompok
± 45 Menit
3
Kegiatan Akhir
1.       Guru meminta siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah diajarkan tadi.
2.       Memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa untuk rajin belajar dan mengulangi pelajarannya dirumah.

Klasikal


Klasikal
± 10 Menit

H.    Penilaian.
1.  Prosedur Penilaian.
Ø  Penilaian Proses
Ø  Penilaian Akhir (Post test)
      2.  Jenis Penilaian
Ø  Lisan
Ø  Tertulis
Ø  Kinerja
        3.  Alat penilaian.
            Soal.

Soal Latihan.
 Esay
  1. Berikan contoh berdasarkan pengalaman anda di lingkungan sehari-hari anda yang membuktikan bahwa Cahaya putih tediri dari berbagai warna ?
  2. Mengapa cahaya putih dikatakan terdiri dari berbagai warna
Rambu-Rambu Jawaban
Jawaban soal nomor 1, dan 2, disesuaikan dengan pengalaman dan kenyataan yang ada dilingkungan sekitar siswa, tergantung dari kreativitas siswa memahami dan menyusun kalimat sehingga menjadi kalimat yang baik, serta sesuai dengan  materi/teori yang telah ada.

RPP Sains "Sifat-Sifat Cahaya" Tipe Siklus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: