Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

18 September 2013

Tips Untuk Meningkatkan Sistem Ketahanan tubuh

Sistem ketahanan tubuh adalah semua mekanisme yang digunakan tubuh untuk menjaga keutuhan tubuh sebagai perlindungan terhadap bahaya yang dapat ditimbulkan oleh berbagai keadaan yang ada dalam lingkungan hidupnya. Dengan kata lain, sistem ketahanan tubuh dapat didefinisikan sebagai suatu sistem kompleks dalam tubuh berupa jaringan organ dan sel yang berfungsi melindungi tubuh terhadap masuknya infeksi, bakteri, virus, parasit, dan atau benda yang dianggap asing ( non-self ) oleh tubuh.
 
ketahanan tubuh
Infeksi
 
Sistem ketahanan tubuh berasal dari sel darah putih yang mengalami perkembangan dalam sumsum tulang kelenjar timus. Sebagian sel tersebut mengalir ke peredaran darah atau ke kelenjar timus, dan sebagian lagi tetap berada di jaringan asalnya. Reaksi ketahanan tubuh ini terjadi apabila ada benda asing masuk ke dalam tubuh.

Sistem kekebalan tubuh mencangkup semua mekanisme yang membantu individu untuk mengenal berbagai benda asing yang ada dilingkungannya. Mekanisme pertahanan tubuh ini berfungsi untuk menetralkan, menghilangkan, maupun memetabolisasi benda asing agar terhindar dari kerusakan pada sistem jaringan tubuh itu sendiri.

Sistem ketahanan tubuh dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu (1) respon ketahanan tubuh non-spesifik, dan (2) respon ketahanan tubuh spesifik . Mekanisme kerja respons ketahanan tubuh non-spesifik tidak bergantung pada pengenalan non-spesifik. Sebaliknya, mekanisme kerja respon ketahanan tubuh spesifik amat bergantung ada kemampuan memaparkan benda asing oleh tubuh individu. Untuk itu respons ketahanan tubuh spesifik ini memerlukan waktu yang relatif lama, di mana dia memerlukan sebuah pemaparan awal dan kemudian dilanjutkan detail pemaparan selanjutnya terhadap benda asing tersebut. Melalui mekanisme kerja ini, respons ketahanan tubuh spesifik mengakibatkan terjadinya diferensiasi selektif self dan non-self.

Secara umum, respons ketahanan tubuh mempunyai  tiga fungsi, yaitu:
(1) fungsi ketahanan (defense) , 
(2) fungsi homeostatis,
(3) fungsi pengawasan (survillance).

Fungsi pertahanan merupakan upaya melawan segala aktivitas benda asing dengan kemampuan tubuh untuk menyebarkan ketahanan tubuh ke seluruh jaringan. Dalam sistem ketahanan tubuh, terdapat mekanisme berbentuk inflammotory response ( tanggapan keradangan) dan spesific immune response. Mekanisme ini bertujuan untuk menjaga dan mempertahankanhomeostatis, yang dipengaruhi oleh hormon endogen. Dengan demikian, hubungan timbal balik antara sistem ketahanan tubuh  dan sistem syaraf atau organ lainnya merupakan dasar bahwa respons imunologis tidak selalu berjalan secara otomatis, tetapi juga dapat dipengaruhi oleh integrasi sistem somatik. Oleh karena itu, sistem ketahanan tubuh secara konseptual merupakan sistem ketahanan tubuh homeostatis.

Sedangkan, fungsi pengawasan ini berupa pemantauan dan pengenalan jenis sel abnormal yang secara tetap selalu timbul dalam individu , baik secara spontan atau disebabkan oleh pengaruh virus atau zat kimia.  

Tips Untuk Meningkatkan Sistem Ketahanan Tubuh  
  • Biasakan mengkomsumsi buah-buahan yang mengandung kadar vitamin C yang tinggi karena dapat menyeimbangan asam-basa dalam tubuh. Buah-buahan yang sangat direkomendasikan adalah jeruk
  • Komsumsilah herbal sebagai sebagai pengganti suplemen makanan, herbal yang sangat dirokemendasikan habbatussaudah, minyak zaitun, madu, sari kurma dan VCO.
  • Pastikan tidur anda cukup sekitar 6-10 jam, sesuai dengan kebutuhan tiap individu
  • Perbanyaknya mengkomsumsi protein murni berupa minyak ikan.
  • Perbanyak meminum air putih sedikitnya 8 gelas sehari.
  • Kurangilah mengkomsumsi gula pasir, gantilah dengan gula jagung.
  • Komsumsilah buah-buahan dan sayuran mentah, lebih baik sayuran organik yang tidak menggunakan pestisida dalam pemeiliharanya.
  • Jauhkanlah dari anda dari stres.
 

Tips Untuk Meningkatkan Sistem Ketahanan tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: