Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

29 October 2013

Buku Bacaan Siswa Parafrase Puisi

BUKU BACAAN SISWA

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VI/I
Hari/Tanggal               : Rabu, 30 November 2012
Alokasi Waktu           :
A. Judul                                         : Parafrase Puisi
B. Tujuan Pembelajaran                 :   1. Melalui diskusi kelompok  siswa dapat mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan benar.
2.  Melalui Tanya jawab siswa dapat menentukan  amanat dari puisi yang diparafrasekan dengan tepat.
C. Uraian Materi                    :
Mari, Membuat Parafrase

Salah satu jenis teks yang dapat kamu baca adalah puisi.
Puisi tentu berbeda dengan cerita. Salah satu cara
untuk memahami puisi adalah dengan mengubahnya ke
dalam bentuk cerita. Pengubahan bentuk tersebut dinamakan parafrase.

Parafrase dilakukan dengan mengubah susunan bait
dalam puisi menjadi paragraf. Pada saat membuat parafrase,
kamu harus tetap mempertahankan isi puisi tersebut.
Gunakanlah kata-katamu sendiri ketika memparafrasekan puisi.
Jika dalam puisi kamu menemukan kata yang sulit,
buatlah deskripsi dengan kata-katamu sendiri. Kata-kata
tersebut lalu dirangkaikan menjadi sebuah cerita. Apabila
menemukan kata yang benar-benar tidak dipahami, kamu
bisa membuka kamus untuk mencari artinya.

Setelah membuat parafrase, kamu akan mudah memahami
isi (makna puisi). Dengan memahami isi puisi, kamu
dapat memahami amanat yang terkandung dalam puisi.
Sebagai contoh, kamu dapat memerhatikan puisi berikut
yang diubah menjadi sebuah cerita (parafrase).

4 langkah dalam memparafrasekan puisi ke dalam bentuk prosa yaitu :
1. Baca puisi dengan seksama secara berulang-ulang
2. Temukan kata-kata sulit di dalammnya
3.Cari arti kata-kata sulit tersebut melalui kamus
4. Deskripsikan kata-kata tersebut menjadi sebuah  cerita



Bermain Piano


Tang ting ting ting
Jari jemari menari di atas tuts
Melodi merdu mengalun
Do re mi fa
Nada-nada tercipta beriring
Mengantar lagu yang kunyanyikan
Saat kubermain piano
Indah mengalun melodi terdengar
Saat kubermain piano
Lagu merdu berhias dentingan
Saat kubermain piano
Riang bahagia hatiku
                                                            ( Karya Yulia )


Puisi tersebut dapat diubah menjadi cerita sebagai berikut.

Bermain Piano

Tang ting ting ting terdengar suara ketika aku
menekan tuts pianoku. Suaranya sangat merdu.
Nada-nada yang terdengar bernotasi do re mi fa.
Nada-nada itu mengiringi lagu yang kunyanyikan.
Aku sangat senang bermain piano. Ketika bermain
piano, aku mendengar suara melodi yang indah. Lagu
yang kunyanyikan semakin merdu dengan diiringi suara
pianoku. Aku sangat senang bermain piano.

Nah, sekarang kamu pasti sudah memahami puisi
"Bermain Piano" tersebut.
Dari parafrase yang dibuat, kita dapat memahami bahwa
puisi tersebut melukiskan perasaan senang penulisnya ketika
bermain piano.

D. Contoh Soal Latihan         :
1.                      Karangan Bunga
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
“Ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
siang tadi”.
                                                  Karya: Taufiq Ismail

a. Parafrasekanlah puisi di atas!
b. Tentukan amanat dari puisi tersebut!
E. Kunci Jawaban                   :
a.  Parafrase puisi Taufiq Ismail tersebut kurang lebih sebagai berikut :
Pada suatu sore, datanglah tiga anak kecil ke Salemba dalam langkah malu-malu.Mereka menyerahkan sebuah karangan bunga yang berpita hitam. Karanganbunga itu diserahkan sebagai tanda ikut berduka cita terhadap kakak mereka(orang yang mereka anggap sebagai kakak), yang telah ditembak mati pada siang hari itu.

b. Amanat dari puisi tersebut adalah kita harus menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur membela Negara. Salah satunya dengan cara menziarahi makam mereka.

F. Pedoman Penskoran          :
a. – Jika jawaban siswa  benar dengan kalimat jelas dan sistematis  mendapat  nilai 3.
- Jika jawaban siswa benar namun kalimatnya kurang jelas mendapat nilai 2

- Jika jawaban siswa tidak lengkap, namun tidak mengurangi makna dari puisi mendapat nilai 1
b. - Jika jawaban siswa sesuai dengan makna puisi, disertai dengan kalimat   yang
      jelas mendapat nilai 3
   - Jika jawaban siswa sesuai dengan makna puisi namun kalimatnya kurang   jelas  
      mendapat nilai 2
   - Jika jawaban siswa kurang lengkap dan kalimat kurang jelas namun mengandung
     makna dari puisi mendapat nilai 1

G. Daftar Pustaka                  :
Sukini dan Iskandar .2008.Buku paket “Bahasa Indonesia Untuk Kelas VI SD/MI”.Jakarta : Pusat Perbukuan DEPDIKNAS.
Warsidi, Edy dan Farika.2008. Buku paket “Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas Untuk Kelas VI SD/MI”. Jakarta :  Penerbit Pusat Perbukuan DEPDIKNAS

Buku Bacaan Siswa Parafrase Puisi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: