Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

08 October 2013

Cara Membasmi Rayap Dengan Anti Rayap

Rayap tinggal dibawah tanah tetapi bila lapar, serangga ini naik ke atas untuk mencari makanannya, selulosa dalam kayu. Kayu berkualitas rendah atau yang tidak kering sempurna, merupakan sasaran empuk mereka.

cara membasmi rayap
Kenali Serangannya.
Walau hidup di balik permukaan, tetapi kehadiran rayap dengan mudah anda kenali.
  • Amati permukaaan kusen rumah anda. Gelembung atau cat yang terkelupas merupakan gejala visual yang paling mudah dikenali.
  • Anda menemukan debu atau butiran pelet di dekat kusen rumah anda. Ini adalah kotoran hasil dari pencernaan kayu kusen rumah anda oleh rayap.
  • Bila kusen rumah anda itu diketuk terdengar empuk dan kopong, atau bila ditusuk dengan paku atau ujung klip kertas kayu mudah tembus, berarti selama ini anda sudah kumpul kebo dengan rayap. Segera siapkan alat perang anda.
  • Jika anda menemukan sekelompok laron sibuk adu nyali menabraki lampu anda ( terutama pada musim hujan ), jangan hanyut dalam reality show ini. Segera runut asal kedatangan mereka, semoga saja mereka dari rumah tetangga. Laron biasanya senang bersarang di kayu yang sudah keropos.
  • Jendela yang sering terkena cipratan air atau tertutup tanaman, adalah sasaran empuk serangan rayap

Taklukkan Musuh Anda Dengan Cepat dan Tepat
Rayap bertahan hidup di rumah anda selama 2-10 tahun, sampai selulosa rumah anda habis. Tapi, Bung, anda lebih nebat dari mereka. Anda bisa menaklukkannya hanya dalam 2-10 hari.
  • Periksa seluruh permukaan kusen dan daun pintu serta jendela terdekat. Tanda bagian yang terserang rayap, 5-10 cm dari ujung-ujung serangan.
  • Potong bagian yang rusak itu, lalu sisipkan penopang sejajar dengan bagian yang anda potong . Cabut dan bakar bagian ini agar rayap mati.
  • Siapkan kayu pengganti yang punya bentuk serta ukuran sama , mintalah bantuan tukang kusen membuatnya untuk anda. Pilih kayu pengganti yang sejenis dan berserat sama dengan kayu jendela anda. Pastikan kayu ini kering  atau telah dikeringkan dengan proses oven. Jika anda harus mengganti salah satu batang kusen, lengkapi batang pengganti dengan angkur.
  • Jika bagian yang sudah dimakan rayap lebih dari 25 persen, anda harus mengganti  dengan yang baru. Tentu saja dengan kayu yang sejenis dan berserat sama dengan sebelumnya kecuali bila anda ingin mengubah penampilan dan mengganti seluruhnya. Kayu kering atau yang diproses dengan oven plus anti-rayap adalah pilihan sempurna.
  • Gunakan lem kayu dan paku untuk mengikat kayu pengganti ke jendela anda.
  • Sedot kotoran debu atau butiran pelet dengan vacuum cleaner sampai bersih.
  • Balur seluruh bagian –termasuk permukaan dinding dengan obat anti rayap, yang juga dikenal sebagai bahan pengawet kayu. Ikuti petunjuk pemakaian.Lakukan hal yang sama untuk kayu pengganti.
  • Isi kembali susunan bata yang terbuka dan rapikan permukaan dinding dengan campuran semen dan pasir 1 : 3. Beri acian, biarkan sampai kering lalu cat.
Lebih Jauh Dengan Rayap
Kami punya beberapa fakta menarik seputar rayap untuk anda.
  • Jangan biarkan kulit anda terekspos rayap. Gigitan mereka setajam gigitan semut merah. Gunakan sarung tangan dan penutup hidung dan mata.
  • Anda bisa menghubungi profesional antirayap untuk membasmi mereka dari rumah anda. Tapi jika anda ingin melakukannya sendiri, gunakanlah obat anti rayap sesuai kebutuhan. Usahakan anda menggunakan sampai habis dan jangan buang ke saluran yang berakhir di tempat ikan hidup. Jangan menggunakan bekas wadahnya untuk menyimpan air minum dan makanan. Obat anti rayap bersifat toksik dan mudah terbakar.
  • Bila dikota anda sulit menemukan kayu kering di pasaran, anda bisa mengeringkan kayu sendiri dengan menjemurnya. Tetapi anda tidak punya alat untuk mengukur kadar keringnya. Kayu yang dikeringkan dengan oven adalah solusi yang baik. Anda harus ekstra cermat terhadap kualitasnya karena tidak semuanya baik.
  • Pilihlah produk yang sudah dipercaya sehingga anda tidak rugi mengeluarkan uang ekstra sehingga anda tidak rugi mengeluarkan uang uang ekstra sekitar 1 juta dibandingkan dengan produk kayu non-oven. Itulah alasan mengapa kayu bekas, terutama jati dari bongkaran rumah tua, punya nilai jual tinggi selain nilai historisnya.

Cara Membasmi Rayap Dengan Anti Rayap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: