Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

13 October 2013

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang


Sakit gigi konon lebih sengsara dari pada ‘ sakit hati ‘. Cari tahu penyebabnya, lalu Anda kan paham, mengapa dokter gigi selalu merindukan Anda.

Karies ( Gigi Berlubang )

sakit gigi


Penyebab
Gigi berlubang merupakan masalah gigi dan mulut yang paling sering ditemui. Lubang itu terjadi karena adanya asam di plak gigi yang terbentuk akibat ulah bakteri. Asam kemudian merusak lapisan luar (email) gigi. Jika dibiarkan, lubang gigi akan menembus tulang gigi ( dentin ) dan akhirnya mencapai bagian syaraf gigi ( pulpa ).
Gejala
Rasa sakit tergantung dari sensitivitas gigi anda terhadap rangsangan. Biasanya, Anda merasa ngilu  setelah menikmati makanan atau minuman yang manis, panas, atau dingin. Uniknya,  Anda boleh saja berguling-gulingan menahan sakit, sementara teman Anda yang juga memiliki karies tidak merasakan apa-apa. Tapi, berguling-gulingan atau tidak, efeknya sama , lobang besar terjadi atau muncul abses.
Pertolongan Pertama
Untuk mengurangi rasa sakit, minumlah analgesik atau asam metanama. Setelah itu, pergilah ke dokter gigi. Hindari makanan dan minuman manis, panas, dingin. Ingat, jangan coba-coba mengkomsumsi asam metanamat jika anda juga punya masalah dengan asam lambung.
Hati-Hati
Seberapa cepat karies menghancurkan gigi anda ?sulit diprediksi. Ketika kerusakan itu telah mencapai pembuluh darah dan saraf pulpa gigi, maka infeksi dimulai. Abses terbentuk, lalu muncullah siksaan : sakit luar biasa, gusi dan pipi bengkak, dan demam.

Temui Dokter Gigi
Konon, hal paling menyebalkan jika anda berurusan dengan dokter gigi adalah soal bolak-baliknya (termasuk antre, bayar dan rasa sakit berulang kali yang anda rasakan saat pemeriksaan). Apa alasan dokter gigi sehingga terus merindukan anda ? jika masalah karies, dia akan melakukan perawatan konservasi dengan beberapa pertemuan.

Pertemuan 1 : Pengeboran Gigi
Setelah berkenalan, basa-basi sebentar, dokter akan mengidentifikasi karies. Boleh jadi, basa-basi itu adalah rayuannya agar anda tidak merasa kapok, sebab prosesnya bisa sangat menyakitkan dan luar biasa ngilu. Pemeriksaan ini untuk mengetahui tingkat kerusakan gigi anda.
Pertemuan 2 : Bersihkan Kuman
Setelah area kerusakan diketahui, dokter akan membersihkan jaringan gigi anda dari kuman-kuman dengan alat khusus, hanya dia yang punya dan hanya dia pula yang pandai menggunakannya.
Pertemuan 3 : Angkat Jaringan Mati
Karies, terutama yang yang sudah lama, bisa membuat jaringan gigi anda mati. Jika dibiarkan, jaringan mati ini akan menjadi markas kuman. Efeknya, sakit gigi anda akan berlanjut. Untuk menghindari kerusakan selanjutnya kini anda mengerti mengapa dokter gigi harus menyiksa anda dengan ‘korekan maut’
Pertemuan 4 : Taruh Obat Sterilisasi
Dokter perlu memastikan gigi anda bersih dari kuman mengaspal gigi tersebut. Obat sterilisasi bekerja dengan proses penguapan dan untuk mencapai hasil maksimal, dia memerlukan waktu sekitar 5-7 hari. Setelah itu, dokter akan menambal sementara gigi dan anda boleh pulang. Silahkan bernafas lega untuk sementara.
Pertemuan 5 : Tambal Gigi
Setelah 5-7 hari kemudian, anda harus kembali lagi untuk pemeriksaan, Bila dokter mendapatkan gigi anda steril, penderitaan anda segera berakhir  dan saatnya untuk  penambalan gigi yang permanen.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: