Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

13 October 2013

Kandungan Nutrisi Ikan



nutrisi ikan
Melahap makanan berlemak dan berminyak bisa sangat menakutkan, tetapi bila ini ikan, lain ceritanya. Ikan mengandung lemak tidak jenuh dan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang melancarkan kerja otak, menajamkan sorotan retina dan menambah kesuburan.

Omega 3 bersifat hipokolesterolemik ( menurunkan kadar kolesterol darah ), mencegah penggumpalan keping darah sehingga terhindar aterosklerosis dan jantung koroner, mengurangi risiko diabetes, hipertensi, kanker, penyakit kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika anda makan tulangnya, anda mendapat benefit ekstra : kalsium. Maka tetaplah tersenyum biarpun tulang ikan menyangkut di kerongkongan anda, karena penderitaan anda ini membawa nikmat bagi tulang, gigi dan fungsi otot. ( oh ya, bila ini terjadi, telan segumpal kecil nasi tanpa mengunyahnya. Kami jamin penderitaan anda segera berakhir. )

Asupan Ideal
Riset mengungkapkan komsumsi minimal 30 gram ikan per hari mengurangi resiko kematian akibat jantung hingga 50 persen.

Pilihan Terbaik
  • Ikan bertelur pada musim bertelur, ikan mengandung lebih banyak kalori. Silahkan melahap bersih ikan anda karena seluruh jaringan tubuhnya tersebar omega-3, terutama dalam mata ikan.
  • Ikan kembung, cucut, lemuru, sidat, tongkol, salmon, tuna kaya akan minyak ikan, sumber vitamin A dan vitamin D yang sempurna.
  • Ikan kakap, bawal, gabus, mas paduan sempurna dari kelompok ikan rendah lemak.
  • Ikan teri , segala jenis ikan teri baik untuk tubuh, penyuplai kalsium dan fosfor bagi tulang dan gigi anda.
Makan Cara Pintar
  • Keram, tiram. Alergi bisa timbul karena kerang atau tiram. Keduanya bisa membawa bakteri, virus, dan mengakumulasi zat polutan. Masak matang agar parasit dan mikroorganisme mati, batasi komsumsi anda agar bebas sakit perut dan gatal-gatal.
  • Daging ikan mentah. Lupakan ikan mentah agar terhindar dari kontaminasi zat polutan. Cara lain : cermati asal ikan anda dan variasikan jenisnya.
  • Ikan goreng, batasi komsumsinya yang memberi lemak ekstra bahkan lemak jenuh dari minyak gorang jelantah. Cermati ‘ statistik ‘ berikut : Mujair pepes mengandung 121 kalori dan 2,8 gram lemak. Tapi ketika digoreng, kalorinya berlipat 3x dan lemaknya menjadi 8x lebih banyak. Astaga.!
  • Ikan asap, cukup mengandung rotein . tapi proses pengasapan menurunkan kadar vitamin – terutama vitamin B- hingga 50 persen dan menghilangkan beberapa asam amino.
  • Bakso ikan, cenderung lebih banyak mengandung pati dari pada daging ikan.
  • Ikan asin, kadar garam daurnya sangat tinggi yang bisa menyebabkan hipertensi . rendam ikan asin dalam larutan garam encer  ( 1 sendok teh garam dalam 1 liter air ) beberapa jam sebelum anda mengolahnya.

Kandungan Nutrisi Ikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: