Blog Informasi Apa Aja

22 Oktober 2013

Pengertian Masalah Menurut Para Ahli

Pengertian masalah menurut Hudojo (1990: 32) mengemukakan bahwa masalah sebagai pernyataan kepada seseorang dimana orang tersebut tidak mempunyai aturan/hukum tertentu yang segera dapat digunakan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Sebagai contoh ilustrasi sebagai berikut:
"Jika diketahui sebuah garis lurus dan sebuah titik A di luarnya, berapa sebanyak-banyaknya segitiga dapat dibuat dengan titik A sebagai puncak dan sisi tegaknya adalah garis penghubung A dengan 200 titik pada garis G? Pertanyaan atau soal ini merupakan masalah bagi siswa SD atau SLTP, bila ia belum pernah menyelesaikan soal semacam itu. Namun bagi yang pernah menyelesaikan soal semacam ini bukan lagi masalah. Demikian pula bagi siswa yang tidak merasa tertantang menyelesaikan soal ini bukan merupakan masalah baginya."
Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah masalah yang berikan kepada siswa biasanya diramu dalam bentuk soal. Soal ini dapat berupa soal latihan, soal ulangan, maupun soal yang berkaitan dengan persoalan sehari-hari yang penyelesaiannya membutuhkan keterampilan matematika.
Uraian tersebut memberikan kepada kita gambaran bahwa jalan untuk melatih siswa dalam mempelajari matematika dengan memberikan masalah, masalah yang diberikan kepada siswa membutuhkan pemecahan yang biasa disebut pemecahan masalah (Problem Solving).
Pemecahan masalah dalam matematika adalah penyelesaian dari suatu situasi dalam matematika yang dianggap masalah bagi orang yang menyelesaikannya. Menyelesaikan masalah merupakan proses mental yang tinggi dan kompleks yaitu melibatkan visualisasi, imajinasi, abstraksi dan asosiasi informasi yang diberikan. Karena itu, penyelesaian masalah melalui proses belajar mengajar matematika dapat membantu siswa dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya pada aspek penerapan, analisis, sintetis, dan evaluasi.
Menurut Muhkal (1999: 6) "menyelesaikan masalah merupakan suatu bentuk kegiatan belajar yang penting dalam proses belajar mengajar matematika di sekolah. Oleh karena penyelesaian masalah matematika pada umumnya dapat dialih gunakan menyelesaikan masalah-masalah baru pada situasi lain". Sedangkan Slameto (1986: 13)  mengemukakan bahwa: "dalam proses belajar mengajar matematika,  penyelesaian masalah merupakan proses dan keterampilan intelektual dasar penting yang harus diperhatikan oleh para guru matematika".
 
 
Referensi :
Hudoyo, 1990, Strategi Belajar Mengajar Maternatika, Malang, IKIP.  

Pengertian Masalah Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: