Blog Informasi Apa Aja

30 November 2013

Contoh Angket Penelitian Sains Untuk Pembelajaran Kontekstual




PEDOMAN ANGKET
A. Sebelum Tindakan
1.      Angket Tanggapan untuk Siswa.

     Pengantar
Salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan belajar adalah tanggapan dalam belajar. Bagaimana tanggapan belajar kalian pada mata pelajaran Sains. Untuk itu jawablah pertanyaan di bawah ini dengan sejujurnya tanpa terpengaruh oleh pendapat orang lain.

Petunjuk :
1. Isilah titik-titik dibawah ini dengan keadaan yang sebenarnya.
2. Lingkarilah jawaban yang kalian anggap betul.

A. Identitas Siswa.
      1. Nama                             :     …………………………………….
      2. Tempat/Tanggal Lahir   :     …………………………………….
      3. Jenis Kelamin                :     …………………………………….
      4. kelas / SD                      :     …………………………………….

B. Pertanyaan :
      1.  Apakah mata pelajaran Sains merupakan mata pelajaran yang menarik ?
            a. sangat menarik
            b. biasa-biasa saja
            c. tidak menarik
      2.  Bagaimana menurut pendapatmu mata pelajaran Sains itu ?
            a. sulit
            b. sedang
            c. mudah
      3.  Apakah mata pelajaran Sains itu bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari ?
            a. sangat bermanfaat
            b. saat tertentu bermanfaat
            c. tidak bermanfaat
      4.  Jika disekitar rumahmu ada kejadian alam, seperti : petir, langit kemerah-merahan, hujan, pelangi dan lain-lain. Pernakah kamu mengaitkan dengan mata pelajaran Sains ?
            a. sering
            b. kadang-kadang
            c. tidak pernah
      5.  Apakah kamu setuju jika setiap bekerja selalu menggunakan alat Bantu ?
            a. sangat setuju
            b. setuju
            c. tidak setuju
      6.  Apakah kamu sangat senang jika mata pelajaran Sains itu dilakukan dilingkungan sekitarmu daripada di dalam kelas ?
            a. sangat senang
            b. cukup senang
            c. kurang senang
      7.  Apakah percobaan dalam pelajaran Sains menarik buat kamu ?
            a. sangat menarik
            b. cukup menarik
            c. kurang menarik
      8.  Apakah percobaan Sains tersebut berkaitan dengan kejadian dalam kehidupan sehari-hari ?
            a. sangat berkaitan
            b. cukup berkaitan
            c. kurang/tidak berkaitan

2.   Angket Tanggapan Guru dalam Pembelajaran Sains.
Pengantar :
            Ibu telah melaksanakan pembelajaran Sains di kelas V tentang konsep sifat cahaya dengan menggunakan metode, dan pendekatan mengajar yang telah dilakukan. Untuk itu, saya ingin mengetahui tanggapan ibu terhadap pembelajaran Sains yang ibu lakukan.
            Perlu ibu ketahui bahwa pengisian angket ini tidak bermaksud menilai ibu dalam mengajar, tetapi hanya untuk mendapat masukan khususnya dalam pembelajaran Sains.
            Berdasarkan pada hal tersebut, kami mohon dalam mengisi angket ini sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Petunjuk :
1. Isilah titik-titik di bawah ini.
2. Lingkarilah jawaban yang sesuai.

A. Identitas Guru :
      1. Nama                             :     ………………………………..
      2. Kelas yang diajar          :     ……………………………….
      3. Lama mengajar              :     ……………………………….

B. Pertanyaan :
      1.  Apakah metode dan pendekatan mengajar yang dilakukan, sudah sesuai dengan tingkat perkembangan usia anak SD kelas V, khususnya dalam menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas siswa dalam memahami materi yang diajarkan ?
            a. sangat sesuai
            b. cukup sesuai
            c. kurang/tidak sesuai
            Alasan :  ……………………………………………………………………
                           ……………………………………………………………………
      2.   Apakah dalam mengajarkan konsep sifat cahaya kepada siswa, anda sering mengajukan pertanyaan yang dapat memacu, melatih dan meningkatkan kreativitas siswa terhadap materi ?
            a. selalu
            b. jarang
            b. tidak pernah
            Alasan  :  …………………………………………………………………
                            …………………………………………………………
      3.   Apakah dengan mengorganisasikan siswa kedalam kelompok belajar, serta melakukan percobaan dalam pembelajaran Sains dapat menyita waktu mengajar anda yang sedikit ?
            a. ya
            b. tidak
            Alasan  :  ……………………………………………………………………
                            ………………………………………………………
      4.  Jika anda membimbing siswa untuk melakukan suatu percobaan dalam pembelajaran Sains, apakah berkaitan dengan kejadian dalam kehidupan murid sehari-hari ?
            a. sangat berkaitan
            b. cukup berkaiatan
            c. kurang/tidak berkaitan.
            Alasan  :  ……………………………………………………………………
                            ……………………………………………………
B. Sesudah Tindakan dengan menggunakan Pembelajaran Kontekstual.
    1. Angket Tanggapan untuk Siswa.
     Pengantar
Salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan belajar adalah tanggapan dalam belajar. Bagaimana tanggapan belajar kalian pada mata pelajaran Sains dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Untuk itu jawablah pertanyaan di bawah ini dengan sejujurnya tanpa terpengaruh oleh pendapat orang lain.

Petunjuk :
1. Isilah titik-titik dibawah ini dengan keadaan yang sebenarnya.
2. Lingkarilah jawaban yang kalian anggap betul.

A. Identitas Siswa.
      1. Nama                             :     …………………………………….
      2. Tempat/Tanggal Lahir   :     …………………………………….
      3. Jenis Kelamin                :     …………………………………….
      4. kelas / SD                      :     …………………………………….
B. Pertanyaan :
      1.  Apakah mata pelajaran Sains yang telah diterapkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual menarik bagi anda ?
            a. sangat menarik
            b. biasa-biasa saja
            c. tidak menarik
      2. Bagaimana menurut pendapatmu mata pelajaran Sains itu, dengan menggunakan pendekatan kontekstual ?
            a. sulit
            b. sedang
            c. mudah
      4.  Apakah kamu setuju jika dalam pembelajaran, guru mengaitkan materi dengan kenyataan yang ada dilingkungan keseharian kamu ?
            a. sangat setuju
            b. setuju
            c. tidak setuju


2.  Angket Tanggapan Guru dalam Pembelajaran Sains dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual.

Pengantar :
            Ibu telah melaksanakan pembelajaran Sains di kelas V tentang konsep sifat cahaya dengan menggunakan metode, dan pendekatan mengajar yang telah dilakukan. Untuk itu, saya ingin mengetahui tanggapan ibu terhadap pembelajaran Sains yang dilakukan.
            Berdasarkan pada hal tersebut, kami mohon dalam mengisi angket ini sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
Petunjuk :
1. Isilah titik-titik di bawah ini.
2. Lingkarilah jawaban yang sesuai.

A. Identitas Guru :
      1. Nama                             :     ………………………………..
      2. Kelas yang diajar          :     ……………………………….
      3. Lama mengajar              :     ……………………………….

B. Pertanyaan :
      1. Apakah pendekatan kontekstual yang digunakan, sudah sesuai dengan tingkat perkembangan usia anak SD kelas V, khususnya dalam menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas siswa dalam memahami materi yang diajarkan ?
            a. sangat sesuai
            b. cukup sesuai
            c. kurang/tidak sesuai
            Alasan :  ……………………………………………………………………
                           ……………………………………………………………………
      2.   Apakah dengan menggunakan pendekatan kontekstual, dapat melatih siswa berfikir secara kritis dan kreatif dalam memahami materi sifat cahaya ?
            a. ya
            b. tidak
            Alasan  :  …………………………………………………………………
                            …………………………………………………………
      3. Apakah pembelajaran Sains yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kontekstual manarik dan menyenangkan buat siswa ?
            a. ya
            b. tidak
            Alasan  :  ……………………………………………………………………
                            ………………………………………………………
4.  Bagaimanakah perkembangan kreativitas anak dalam pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kontekstual ?
            a. meningkat
            b. biasa saja
            c. tidak berpengaruh.
            Alasan  :  ……………………………………………………………………
                            ……………………………………………………

Contoh Angket Penelitian Sains Untuk Pembelajaran Kontekstual Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: