Blog Informasi Apa Aja

23 November 2013

Contoh RPP Bahasa Indonesia Tentang Membaca Memindai

Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas V Dengan Materi Membaca Memindai



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                : SD Kompleks IKIP I
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester                     : Va/II
Materi pembelajaran            : Membaca memindai
Alokasi waktu                        : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)

I.          Standar Kompetensi
 Membaca
7.    Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai dan membaca cerita anak
  II.     Kompetensi Dasar
 7.2  Menentukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus ( buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu dll ) yang dilakukan melalui membaca memindai.
III.   Indikator
A.    Kognitif
1.      Produk
-  Menjelaskan informasi dalam bentuk uraian
-  Membaca informasi dengan intonasi yang tepat.
2.      Proses
-  Menemukan secara cepat dan tepat informasi acara TV yang diperlukan.
-  Menemukan secara cepat dan tepat informasi jadwal perjalanan yang diperlukan.
B.     Psikomotor
· Terampil dalam Menemukan secara cepat dan tepat informasi
C.    Afektif
1.      Karakter
·   Tanggung jawab dan teliti dalam menjawab soal
2.      Keterampilan sosial
·   Berkomunikasi dengan guru dan teman dalam pembelajaran
IV.   Tujuan Pembelajaran
A.    Kognitif
1.      Produk
-   Melalui penjelasan guru, siswa dapat menemukan secara cepat dan tepat informasi acara TV yang aidiperlukan.
-   Menemukan secara cepat dan tepat informasi jadwal perjalanan yang diperlukan.
-   Menjelaskan informasi acara TV dalam bentuk uraian
2.      Proses
-    Menjelaskan informasi jadwal perjalanan dalam bentuk uraian
-    Membaca informasi acara TV dengan intonasi yang tepat.
-    Membaca informasi jadwal perjalanan dengan intonasi yang tepat.
B.     Psikomotor
·   Siswa dapat Terampil dalam Menemukan secara cepat dan tepat informasi

C.    Afektif
1.      Karakter
·         Tanggung jawab dan teliti dalam menjawab soal
2.      Keterampilan sosial
·         Berkomunikasi dengan guru dan teman dalam pembelajaran

 V.               Materi pembelajaran
*      Membaca memindai

VI.               Model dan Metode Pembelajaran
1.   Model                                  : kontekstual
2.   Metode pembelajaran          : ceramah, Tanya jawab,penugasan, diskusi

VII.            Sumber / Media Pembelajaran
·      Sumber
-          Buku paket bahasa Indonesia kelas V SD/MI Pengarang adriato, Penerbit pusat perbukuan departemen pendidikan nasional tahun 2008
-          Kurikulum 2006
·      Media
-          Paworpoint
-          Teks bacaan tentang informasi
                   

VIII.            Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran   
A.    Langkah PembelajaranPendahuluan
Kegiatan
Waktu
1.         Berdo’a
2.         Memberikan motivasi
3.         Apersepsi tentang acara TV dan keberangkatan pesawat
4.         Menyampaikan tujuan pembelajaran
±10 menit

B.     Inti
Kegiatan
Waktu
1.      Guru menjelaskan materi dengan memperlihatkan contoh jadwal perjalanan yang telah disediakan.
2.      Siswa mengamati jadwal perjalanan dan acara TV.
3.      Tanya jawab tentang jadwal perjalanan dan acara TV yang diperlihatkan.
4.      Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kecil.
5.      Membagikan LKS kepada setiap kelompok.
6.      Setiap kelompok berdiskusi untuk menemukan keterangan secara cepat dan tepat dari informasi acara TV dan jadwal perjalanan dengan  mengisi LKS yang telah dibagikan.
7.      Membimbing siswa dalam kerja kelompok.
8.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang kesulitan – kesulitan yang didapat dalam LKS yang telah dibagikan.
9.      Setelah selesai guru memintah kepada 2,3 kelompok untuk maju kedepan membacakan hasil diskusinya dengan baik dan tepat
10.  Memintah kelompok lain menanggapi, kelompok yang telah membacakan hasil diskusinya.
11.  Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi pelajaran
±50 menit

C.     Penutup
Kegiatan
Waktu
1.      Memberikan tindak lanjut kepada siswa tentang informasi yang telah dipelajari.
2.      Memberikan tugas kepada setiap siswa untuk mencari informasi tentang acara TV, jadwal perjalanan, daftar susunan acara dan daftar menu dan dicatat kedalam buku tugasnya.
3.      Pesan – pesan moral
4.      Berdoa sebelum pulang
±10 menit

 IX.            Penilaian
1.      Teknik Penilaian                      : Tertulis
2.      Bentuk Instrumen                   : Essay
3.      Instrumen                                : Terlampir
4.      Kunci Jawaban                        : Terlampir      
5.      Pedoman Penskoran                : Terlampir

Daftar pustaka : Adrianto, 2008. Bsebahasa Indonesia kelas V SD/MI. Penerbit pusat perbukuan departemen pendidikan nasional.Jakarta

Contoh RPP Bahasa Indonesia Tentang Membaca Memindai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: