Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

24 November 2013

Contoh RPP IPS Tentang Perjuangan Melawan Penjajahan Jepang

Contoh RPP IPS Kelas V Dengan Materi "Perjuangan Melawan Penjajahan Jepang"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan      : SDN Kompleks IKIP I
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : V/II
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit
                                          
     I.          Standar Kompetensi
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
  II.          Kompetensi Dasar
2.1. Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan belanda dan jepang   
III.          Indikator
·         Kognitif
Produk:
1.    Menjelaskan tentang   pendudukan jepang di Indonesia
2.    Menjelaskan pengertian dari romusha
Proses:
1.    Menjelaskan tentang perlawanan menentang penjajahan jepang
·         Psikomotorik
1.      Menghubungkan banyak barisan dibentuk untuk kepentingan jepang selain romusha   
·         Afektif
Karakter:
1.    Teliti, jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
 Keterampilan Sosial:
1.    Aktif dalam menyumbangkan ide atau berpendapat untuk mengerjakan tugas kelompok
  
IV.          Tujuan Pembelajaran
·         Kognitif
Produk:
1.    Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan tentang pendudukan jepang di Indonesia
2.    Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan pengertian dari romusha
Proses:
1.    Melalui buku  siswa dapat menjelaskan tentang perlawanan menentang penjajahan jepang
·         Psikomotorik
1.      Secara berkelompok siswa dapat menghubungkan banyak barisan dibentuk untuk kepentingan jepang selain romusha
·         Afektif
Karakter:
1.    Secara Berkelompok Siswa teliti, jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas..
Keterampilan Sosial:
1.    Secara individu siswa aktif dalam menyumbangkan idea tau berpendapat dalam mengerjakan tugas
  V.          Materi
Perjuangan melawan penjajahan jepang
VI.          Model dan Metode Pembelajaran
·    Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD
·    Metode Pembelajaran
~     Ceramah
~     Tanya jawab
~     Penugasan
~     Kerja kelompok
VII.          Sumber/Media Pembelajaran
·    Sumber
~     KTSP 2006
~     Ilmu Pengetahua Sosial . Kelas V, pengarang. Ending Susilaningsih dan Linda S. Limbong. Penerbit. Depdiknas. Hal. 145-149.
·    Media
~     Gambar
VIII.          Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran
A.    Pendahuluan (10 Menit)
Kegiatan
Waktu
1.     Mengecek kesiapan belajar siswa, ruang kelas, berdoa dan menyiapkan media yang akan digunakan dalam pembelajaran
2.     Bertanya jawab tentang pelajaran yang telah mereka pelajari
3.     Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

B.     Inti (50 Menit)
Kegiatan
Waktu
1.    Menjelaskan materi pelajaran
2.    Menampilkan media pembelajaran
3.    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum mereka mengerti
4.    Membagi siswa menjadi 5 kelompok.
5.    Membagikan LKS kepada tiap-tiap kelompok untuk dikerjakan.
6.    Perwakilan kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
7.    Siswa diberi penghargaan secara verbal atas hasil pekerjaannya.
8.    Guru memberikan evaluasi kepada siswa

C.    Penutup (10 Menit)
Kegiatan
Waktu
1.    Siswa menyimpulkan materi melalui bimbingan guru
2.    Memberikan motivasi kepada siswa
3.    Menutup pelajaran


IX.          Penilaian
1.      Teknik Penilaian             : Ter tertulis
2.      Bentuk Instrumen           : Esay
3.      Instrument                       : Terlampir
4.      Kunci Jawaban               : Terlampir
5.      Pedoman Penskoran       : Terlampir

Contoh RPP IPS Tentang Perjuangan Melawan Penjajahan Jepang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: