Blog Informasi Apa Aja

28 November 2013

Contoh RPP Matematika Tentang Menyederhanakan Pecahan

Contoh RPP Matematika Kelas VI Dengan Materi "Menyederhanakan Pecahan" 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan      : SDN Kompleks IKIP I
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : VI/II
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit
                                          
     I.     Standar Kompetensi
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
  II.     Kompetensi Dasar
5.1. menyederhanakan dan mengurutkan pecahan                                                                            
III.     Indikator
1.      Kognitif
Produk:
1.    Menuliskan dua contoh bentuk pecahan
2.    Menentukan cara menyederhanakan pecahan
Proses:                                                                      
·      Menuliskan dua contoh bentuk pecahan
·      Menentukan cara menyederhanakan pecahan
·      Afektif
Karakter:
1.    Jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
 Keterampilan Sosial:
1.    Aktif dalam menyumbangkan ide atau berpendapat untuk mengerjakan tugas
IV.     Tujuan Pembelajaran
·      Kognitif
Produk:                                                                            
1.    Melalui penjelasan siswa dapat menuliskan dua contoh bentuk pecahan
2.    Melalui penjelasan siswa dapat menentukan cara menyederhanakan pecahan
Proses:
1.    Melalui buku siswa dapat menuliskan dua contoh bentuk pecahan
2.    Melalui buku siswa dapat menentukan cara menyederhanakan pecahan
·         Afektif
Karakter:
1.    Secara berkelompok siswa jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
 Keterampilan Sosial:
1.    Secara individu siswa aktif dalam menyumbangkan ide atau berpendapat untuk mengerjakan tugas.
  V.     Materi
Menyederhanakan Pecahan


VI.     Model dan Metode Pembelajaran
·    Model Pembelajaran
Koperatif Tipe STAD
·    Metode Pembelajaran
~      Ceramah
~     Tanya jawab
~     Penugasan
~     Kerja kelompok
VII.     Sumber Pembelajaran
·         Sumber
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Mata Pelajaran Matematika Untuk Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.       
Kusumawati Heny dan Nur Aksin 2008. Ayo Belajar Matematika. Jakarta. Depdiknas.

VIII.     Proses belajar mengajar atau skenario pembelajaran
1.      Pendahuluan (10 Menit)
Kegiatan
Waktu
1.     Mengecek kesiapan belajar siswa, ruang kelas, berdoa dan media yang akan dipakai pada proses pembelajaran
2.     Bertanya jawab tentang materi yang telah mereka pelajari
3.     Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

2.      Inti (50 Menit)
Kegiatan
Waktu
1.     Menjelaskan materi pembelajaran tentang menyederhanakan pecahan
2.     Menunjuk dua siswa untuk menyebutkan dua contoh pecahan
3.     Memberikan contoh dalam menyederhanakan pecahan
4.     Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum mereka mengerti
5.     Guru membentuk siswa menjadi 5 kelompok yang beranggotakan 6-7 siswa.
6.     Siswa diberikan LKS (lembar kerja kelompok) untuk dikerjakan masing-masing kelompok.
7.     Perwakilan tiap kelompok tampil mempresentasikan hasil pekerjaannya.
8.     Siswa di berikan evaluasi tertulis.

3.      Penutup (10 Menit)
Kegiatan
Waktu
1.     Siswa menyimpulkan materi melalui bimbingan guru
2.     Memberikan motivasi kepada siswa
3.     Menutup pelajaran


IX.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian                   : Tes Tertulis dan unjuk kerja
2.      Bentuk Instrumen                 : Esay
3.      Instrument                             : Terlampir
4.      Kunci Jawaban                     : Terlampir
5.      Pedoman Penskoran             : Terlampir

Contoh RPP Matematika Tentang Menyederhanakan Pecahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: