Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

30 November 2013

Contoh RPP SD Tentang Peristiwa

Contoh RPP SD Dengan Tema Peristiwa



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan      : SDN Kompleks IKIP I
Mata Pelajaran            : IPA, Bahasa Indonesia
Tema                           : Peristiwa
Kelas/Semester            : II/II
Alokasi Waktu            : 3 x 35 menit
                                          
     I.     Standar Kompetensi
IPA :
3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari                                         
Bahasa Indonesia :
             6.    Menggunakan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
  II.     .Kompetensi Dasar
IPA :
3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas,listrik,cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia :
6.2    Mencerikan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
III.     Indikator
·      Kognitif
Produk:
IPA:
3.1.1         Menyebutkan satu contoh sumber-sumber energi (panas,listrik,cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia:
6.2.1 Menyebutkan satu contoh cerita anak
Proses:
IPA:
3.1.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas,listrik,cahaya dan bunyi
Bahasa Indonesa:
6.2.1   Menuliskan isi cerita anak

·         Psikomotor
IPA:
Menghubungkan kata-kata dengan sumber-sumber energi (panas,listrik,cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia:
Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·         Afektif
Karakter:
IPA:
Jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
Bahasa Indonesia:
Jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
Keterampilan Sosial:
IPA:
Akti dalam menyumbangkan ide dan menghargai perbedaan pendapat.
Bahasa Indonesia:
Aktif dalam, menyumbangkan ide dan menghargai perbedaan pendapat.
IV.     Tujuan Pembelajaran
Produk:                                                                          
1.    Melalui penjelasan siswa dapat menyebutkan satu contoh sumber-sumber energi (panas,listrk, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar
2.    Melalui penjelasan siswa dapat menyebutkan satu contoh cerita anak
Proses:
1.      Melalui buku siswa dapat mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas,listrik, cahaya dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
2.      Melalui pembacaan cerita siswa dapat menuliskan isi cerita 
·         Afektif
Karakter:
1.    Secara individu siswa jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.    Secara individu siswa jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas. Keterampilan Sosial:
1.    Secara individu siswa jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.

2.    Secara individu siswa jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
  V.     Materi
IPA:
Sumber-Sumber Energi
Bahasa Indonesia:
Menceritakan cerita yang didengarkan
VI.     Model dan Metode Pembelajaran
·    Model Pembelajaran
Koperatif Tipe SATD
·    Metode Pembelajaran
~     Ceramah
~     Tanya jawab
~     Penugasan
~     Kerja kelompok
VII.     Sumber/Media Pembelajaran
·         Sumber
~     KTSP 2006
~     Ilmu Pengetahuan Sosial  Kelas II Pengarang,S. Rositawaty dan Aris Muharam. Penerbit. Departeman Pendidikan Nasional. Hal 96-106
~     Ilmu Pengetahuan Sosial  Kelas II Pengarang,Saeful Anwar dan Cucu Suhendar. Penerbit. Departeman Pendidikan Nasional. Hal 89-98
~     Indahnya Bahasa dan sastra indonesia Kelas II, Pengarang. H. Suyatno dan dkk. Penerbit. Departemen Pendidikan Nasional. Hal 109-111
·         Media
~     Media Gambar
VIII.     Proses belajar mengajar atau skenario pembelajaran
1.      Pendahuluan (10 Menit)
Kegiatan
Waktu
1.     Mengucap salam
2.     Mengecek kesiapan belajar siswa
3.     Berdoa
4.     Menanyakan siapa yang perna mendengarkan musik
5.     Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

2.      Inti (80 Menit)
Kegiatan
Waktu
1.     Menjelaskan materi pembelajaran
2.     Menunjuk dua orang siswa untuk menyebutkan satu contoh yang termaksud energi (panas,listrik,cahaya dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
3.     Menampilkan media pembelajaran
4.     Melalui media siswa dapat menjelaskan yang termaksud energi (panas,listrik,cahaya dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
5.     Guru membacakan cerita tentang ibu sedang memasak
6.     Menunjuk siswa untuk memceritakan kembali cerita yang telah ibu bacakan di depan.
7.     Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum mereka mengerti
8.     Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok secara heterogen
9.     Membagikan tugas kepada tiap-tiap kelompok untuk di kerjakan
10. Perwakilan kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
11. Siswa di berikan evaluasi tertulis.

3.      Penutup (15 Menit)
Kegiatan
Waktu
1.     Siswa menyimpulkan materi  pelajaran di bimbing oleh guru
2.     Memberikan motivasi kepada siswa
3.     Menutup pelajaran



IX.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian                   : Tes Tertulis dan unjuk kerja
2.      Bentuk Instrumen                 : Esay
3.      Instrument                             : Terlampir
4.      Kunci Jawaban                     : Terlampir
5.      Pedoman Penskoran             : Terlampir

Contoh RPP SD Tentang Peristiwa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: