Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

01 November 2013

RPP Bahasa Indonesia Tentang Laporan Isi Buku



 RPP Bahasa Indonesia Kelas VIa Dengan Materi "LAPORAN ISI BUKU

Nama Satuan Pendidikan                           : SDN KOMPLEKS IKIP I
Mata Pelajaran                                           : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                                         : VIa / II
Alokasi Waktu                                             : 2 X 35 Menit


I.                   Standar Kompetensi
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
II.                Kompetensi Dasar
Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
III.             Indikator
1. Kognitif
a. Produk :
·      Membuat laporan tentang isi buku.
·      Mengetahui pengarang buku.
·      Menyebutkan jumlah halaman buku yang tlah dibaca
b. Proses :
·      Memahami isi buku.
·      Menyebutkan judul buku yang dibaca.
·      Membahas kekurangan dan kelebihan buku.
2. Psikomotor :
Secara berkelompok, siswa Membaca minimal dua buah buku untuk memahami isi dari buku yang dibaca.
3. Afektif
a. karakter :
- dengan teliti siswa membaca buku guna mengetahui isi dari buku tersebut
- menumbuhkan gemar membaca.

b. keterampilan Sosial :
Siswa melakukan Tanya jawab terhadap buku yang telah dibaca mengenai judul, pengarang, ataukah isi dari buku itu tersebut.
IV.          Tujuan Pembelajaran

1.      Kognitif :
a.    Produk
§ Melalui penjelasan guru, siswa dapat membuat laporan tentang isi buku dengan benar.
§ Dengan arahan dari guru, siswa dapat mengetahui pengarang buku yang telah dibaca dengan benar.
§ Melalui penjelasan guru, siswa dapat dengan mudah mengatahui jumlah dari buku yang telah dibaca dengan tepat.
b.   Proses :
§ Dengan membaca teks buku, siswa dapat memahami isi buku yang dibaca secara tepat
§ Dengan menyimak buku yang dibaca, sswa dapat menyebutkan judul buku yag telah dibaca.
§ Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari buku yang dibaca dengan benar.
2.      Psikomotorik :
Melalui kerja kelompok, siswa dapat Membaca minimal dua buah buku untuk memahami isi dari buku yang dibaca.
3.      Afektif :
a.    Karakter:
Dengan teliti siswa membaca buku guna mengetahui isi dari buku tersebut
b.   Keterampilan Sosial:
Siswa melakukan Tanya jawab terhadap buku yang telah dibaca mengenai judul, pengarang, ataukah isi dari buku itu tersebut.


V.             Materi Pokok
LAPORAN ISI BUKU
Judul buku, pengarang, penerbit, kota terbit, tahun terbit, jumlah halaman buku.
VI.          Model, Metode, dan Pendekatan
Model               : model pembelajara tipe STAD
Metode             : Ekspositori, diskusi, Tanya jawab.

VII.       Sumber dan Media

a.    Sumber :
-          Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 6.Solo:Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
-          KTSP 2006
b.   Media :
Media visual buku

VIII.    Langkah – Langkah Pembelajaran

a)           Kegiatan Awal (10 menit)
1.      Mengecek kesiapan belajar siswa dan ruang kelas
2.      Menciptakan suasana yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk belajar dengan cara tanya jawab tentang pengalaman terhadap buku yang pernah dibaca oleh siswa
3.      Mengkomunikasikan garis besar tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran
b).  Kegiatan Inti (50 Menit)
1.   Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang, Secara heterogen (kemampuan siswa, suku, ras, dan budaya)
2.   Guru menampilkan teks tentang fakta “ laporan isi suatu buku dengan melihat langkah-langkahnya  kepada tiap kelompok.
3.   Siswa dari kelompok lain diminta untuk mengemukakan komentarnya tentang cara melaporkan buku yang pernah dibacanya
4.   Tanya jawab tentang cara membuat laporan tentang buku yang pernah di baca
5. Guru menjelaskan tentang bagaimana tata cara melaporkan buku yang pernah dibaca
6. Guru menjelaskan cara menyampaikan komentar terhadap buku yang pernah dibaca, meliputi : Judul buku, pengarang, penerbit, kota terbit, tahun terbit, jumlah halaman buku.
7. Guru membagikan teks yang berisi format tentang tata cara membuat laporan tentang buku yang dibaca siswa. Masing-masing kelompok mengamati buku yang pernah dibaca dan mencocokkan dengan Judul buku, pengarang, penerbit, kota terbit, tahun terbit, jumlah halaman buku.
8.      Guru memberikan penguatan dan penghargaan kepada siswa dan kelompok yang aktif Guru memberikan evaluasi yakni Siswa ditugasi untuk menemukan Judul buku, pengarang, penerbit, kota terbit, tahun terbit, jumlah halaman buku, kelebihan dan kekurangan dari isi buku tersebut.
c).  Kegiatan Akhir (10 Menit)
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
2.      Guru memberi pesan moral
3.      Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran
4.      Tindak lanjut, berupa saran/ tugas agar siswa bayak membaca buku dan berlatih membuat laporan atas buku yang pernah dibacanya.
IX.          Penilaian
1.      Teknik penilaian
a.      Tes tertulis (produk)
b.      Non tes yakni observasi(proses)
2.      Instrument penilaian
a.      Uraian dan jawaban singkat
b.      Lembar observasi
c.      Prosedur penilaian
Penilaian proses dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung sejak awal dibentuknya kelompok dan penilaian hasil dilakukan di akhir pembelajaran

RPP Bahasa Indonesia Tentang Laporan Isi Buku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: