Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

12 November 2013

RPP Bahasa Indonesia Tentang Melengkapi Cerita Yang Rumpang

RPP Bahasa Indonesia Kelas IV Dengan Materi "Melengkapi Cerita Yang Rumpang"



RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pembelajaran             : SDN Kompleks IKIP I
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      : IV/I
Materi pembelajaran             : Melengkapi Cerita yang Rumpang
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit ( I x Pertemuan )


I.              Standar Kompetensi
4.Menulis
 Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk 
 percakapan,petunjuk, cerita, dan surat

II.           Kompetensi dasar
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (Rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat. sehingga menjadi cerita yang padu

III.        Indikator
A.    Kognitif
1.      Produk:
4.3.1Menjelaskan pengertian kalimat rumpang

2.      Proses:
4.3.2Menuliskan kembali cerita rumpang yang telah dilengkapi
4.3.3 Melengkapi cerita yang rumpang dengan kata atau kalimat yang tepat

B.     Psikomotor :
4.3.3   : Membaca cerita yang rumpang

C.    Afektif
1.      Karakter
Teliti
2.      KeterampilanSosial
Bertanya dan menjawab pertanyaan
IV.   Tujuan pembelajaran
A.      Kognitif :
1.      Produk :
ü  melalui Tanya jawab Siswa dapat menjelaskan penertian cerita rumpang
2.      Proses :
ü  Dengan membaca siswa dapat menuliskan kembali cerita rumpang yang telah dilengkapi.
ü  Melaui Tanya jawab siswa dapat melengkapi cerita yang rumpang dengan kata atau kalimat yang tepat
ü   
B.     psikomotor :
Melalui Contoh yang diberikan Siswa dapat membaca cerita yang rumpang dengan benar.

C.    Afektif :
1.      Karakter :
v  Siswa dapat memiliki tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang yang diberikan
2.      keterampilan sosial :
Siswa dapat aktif dalam bertanya atau mengeluarkan pendapat lewat diskusi kelas.

V.      MateriAjar
·      Mari melengkapi bagian cerita yang hilang (Rumpang).
-       Kegiatan membaca atau mendengarkan cerita memang menyenangkan, Akan tetapi, cerita itu tentu harus disusun secara utuh. Keutuhan cerita membantu kamu memahami isi cerita tersebut. Untuk meningkatkan kemahiranmu menulis cerita, kamu harus berlatih menyusun cerita yang belum lengkap. Tentu saja kamu harus dapat membayangkan(berkhayal) agar cerita dapat tersusun sesuai dengan keinginan atau khayalanmu.

VI.   Model dan Metode Pembelajaran
Model : Example Non example
Metode            : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan.


VII.Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber, :
-            Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006)
-          Warsidi,Edi dan Farika, 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas.Depdiknas. Jakarta
2.      Media :
Media gambar cerita yang yang rumpang

VIII.       Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran
A.    Pendahuluan
Kegiatan
Waktu
§  Kegiatan Awal:
a.   Appersepsi
b.   Menyampaikan materi pembelajaran
c.   Menyampaikan tujuan Pembelajaran


± 10 Menit

B.     Inti
Kegiatan
waktu
& Eksplorasi
F siswa menyimak penjelasan tentang pengertian cerita rumpang
F Guru memberikan contoh cerita yang rumpang melalui media gambar yang ditampilkan
F Siswa Membaca cerita yang rumpang

& Elaborasi
F Siswa melengkapi teks cerita rumpang tersebut dengan kalimat yang tepat Secara bersama
F Siswa menuliskan kembali cerita rumpang yang telah dilengkapi
F Kemudian siswa diminta membacakan kembali teks cerita yang sudah dilengkapi.

& Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
F Guru memberi Evaluasi berupa soal melengkapi cerita yang rumpang dengan kata atau kalimat yang benar dengan memperhatikan tanda bacaan yang benar

± 50 Menit

C.    Penutup

Kegiatan
waktu
F Guru memberi penguatan dan motivasi pada semua siswa.
F Guru meutup pelajaran.

± 10 Menit


IX.             Penilaian
1.      Teknik Penilaian                    : Proses dan Hasil
2.      Instrument                             : Soal Tes Formatif ( Terlampir ) dan
LKS
3.      Kunci Jawaban                      : ( Terlampir )
4.      Pedoman Penskoran              : ( Terlampir )


Daftar Pustaka :
1.      Sumber, :
-          Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006)
-          Warsidi,Edi dan Farika, 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta :
Depdiknas.
2.      Media :
Media gambar cerita yang yang rumpang

RPP Bahasa Indonesia Tentang Melengkapi Cerita Yang Rumpang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: