Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

11 November 2013

RPP Bahasa Indonesia Tentang Petunjuk Membuat Sesuatu

RPP Bahasa Indonesia SD Kelas IV Dengan Materi "Petunjuk Membuat Sesuatu"

  • RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    Satuan Pendidikan     : SDN KOMPLEKS IKIP 1
    Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
    Kelas/Semester          : IV/I
    Materi Pembelajaran: Petunjuk Membuat Sesuatu
    Alokasi Waktu           : 2 X 35 Menit

           I.            Standar Kompetensi
    Menulis
    4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat.

        II.            Kompetensi Dasar
    4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu

     III.            Indicator
    v  Kognitif
    ·         Produk   :
    4.2.1        Menyebutkan contoh-contoh petunjuk
    ·         Proses  :
    4.2.2        Menuliskan langkah-langkah petunjuk penggunaan alat
    v  Afektif
    ·         Karakter:
    -          Teliti
    -          Tanggung jawab
    ·         Keterampilan social:
    -          Keaktifan
    -          Disiplin
    v  Psikomotor
    Berlatih membuat petunjuk

     IV.            Tujuan Pembelajaran
    v  Kognitif
    ·       Produk:
    1.  Dengan membaca buku siswa dapat menyebutkan contoh-contoh petunjuk dengan benar.
    2.      Dengan membaca siswa dapat menyebutkan fungsi petunjuk dengan tepat.

    ·         Proses:
    1.      Melalui tanya jawab siswa dapat menuliskan langkah-langkah petunjuk penggunaan alat
    2.      Melalui praktek siswa dapat menuliskan petunjuk membuat sesuatu dengan baik.
    3.      Menyampaikan isi petunjuk kepada teman.
    v  Psikomotor
    Melalui penjelasan dan tanya jawab siswa dapat membuat sesuatu berdasarkan petunjuk
    v  Afektif
    ·         Karakter:
    -          Teliti dalam mengurutkan petunjuk
    -          Bertanggung jawab dalam menyelesakan tugas
    ·         Keterampilan social:
    -          Aktif dalam menyelesaikan tugas
    -          Disiplin selama pembelajaran berlangsung

        V.            Materi Ajar
    Petunjuk Membuat Sesuatu
    Sebelum kegiatan menulis urutan petunjuk melakukan sesuatu, ada baiknya kamu perhatikan cerita berikut. Di dalam cerita ini, terdapat bagian yang menunjukkan cara membuat es krim.
    Selain petunjuk membuat sesuatu (membuat es krim) ada juga petunjuk penggunaan alat misalnya petunjuk pengunaan pompa atau alat-alat yang lain. Jika kalian pernah sakit kemudian diberi resep obat oleh dokter selalu ada petunjuk penggunaan obat yang diberikan oleh dokter agar tidak salah saat meminum obat. Menulis surat pun juga ada petunjuknya, misalnya surat pribadi. Petunjuk yang sudah di buat harus diberi tahukan kepada orang lain agar orang lain juga tahu cara menggunakan atau memebuat sesuatu melalui petunjuk.

     VI.            Model dan Metode Pembelajaran
    Model Pembelajaran   : kontekstual
    Metode Pembelajaran : ceramah bervariasi, penugasan

    VII.            Sumber/Media Pembelajaran
    Ø  KTSP
    Ø  Buku paket” Bahasa Indonesia membuatku cerdas” kelas IV Karangan Edi Warsidi dan Farika
    Ø  Contoh petunjuk

    VIII.            Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran
    A.    Pendahuluan
    Kegiatan
    Waktu
    ·         Kegiatan awal
    Ø  Mengucapkan salam
    Ø  Apersepsi
    Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran

    ± 10 menit

    B.     Inti
    Kegiatan
    Waktu
    ·         Kegiatan Inti
    Ø  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca materi yang diajaran
    Ø  Guru memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan
    Ø  Siswa bertanya jawab tentang petunjuk
    Ø  Guru membacakan contuh petunjuk
    Ø  Siswa menuliskan petunjuk membuat sesuatu yang mereka ketahui
    Ø  Siswa berlatih membuat petunjuk dengan menggunakan kata-kata sendiri.
    Ø  Siswa menyampaikan isi petunjuk yang dibuatnya kepada teman.

    ± 50 menit

    C.    Penutup
    Kegiatan
    Waktu
    ·         Kegiatan Akhir
    Ø  Menyimpulkan materi pelajaran
    Ø  Memberi evaluasi
    Ø  Memotivasi siswa
    Ø  Memberikan tindak lanjut (PR)
    Ø  Salam penutup

    ± 10 menit

     IX.            Penilaian
    1.      Teknik Penilaian                 : Hasil
    2.      Bentuk Instrumen               : Tertulis
    3.      Instrument                          : Terlampir
    4.      Kunci Jawaban                   : Terlampir
    5.      Pedoman Penskoran           : Terlampir

    Daftar Pustaka:
    Warsidi, Edi, Farika. 2008. Bse Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
    Darmadi, Kaswan, Rita, Nirbaya. 2008. Bse Bahasa Indonesia Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
    Nur’Aini, Umri, Indriyani. 2008. Bse Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

RPP Bahasa Indonesia Tentang Petunjuk Membuat Sesuatu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: