Blog Informasi Apa Aja

01 November 2013

RPP Bahasa Indonesia Tentang Mengomentari Persoalan Faktual



 RPP Bahasa Indonesia Kelas V Dengan Materi "Mengomentari Persoalan Faktual"


                      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )    


Nama Satuan Pendidikan                           : SDN KOMPLEKS IKIP I
Mata Pelajaran                                           : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                                         : V / II
Alokasi Waktu                                             : 2 X 35 Menit



I.                   Standar Kompetensi
Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
II.                Kompetensi Dasar
Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
III.             Indikator
1. Kognitif
a. Produk :
Menyebutkan fakta-fakta yang sering terjadi di lingkungan anak dengan benar.
b. Proses :
memberikan komentar terhadap fakta / peristiwa yang terjadi dilingkungan sekitar secara tepat dengan memperhatikan pilihan kata dan santun dalam berbahasa.
2. Psikomotor :
Secara berkelompok, siswa mengomentari suatu fakta yang telah di bagikan secara tertulis dan fakta yang ditemukan sendiri oleh anak dengan memperhatikan pilihan kata dan santun dalam berbahasa.
3. Afektif
a. karakter :
mengomen-tari suatu fakta / peristiwa dengan teliti serta memperhatikan pilihan kata dan santun dalam berbahasa.

b. keterampilan sosial :
Siswa melakukan Tanya jawab terhadap fakta yang mereka baca atau temukan sendiri.
IV.             Tujuan Pembelajaran

1.      Kognitif :
a.       Produk
Melalui Tanya jawab, siswa dapat Menyebutkan fakta-fakta yang sering terjadi di lingkungan anak
b.         Proses :
Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat memberikan komentar terhadap fakta / peristiwa yang terjadi dilingkungan sekitar dengan memperhatikan pilihan kata dan santun dalam berbahasa.
2.      Psikomotorik :
Secara berkelompok, siswa mengomentari suatu fakta yang telah di bagikan secara tertulis dan fakta yang ditemukan sendiri oleh anak dengan memperhatikan pilihan kata dan santun dalam berbahasa.
3.      Afektif :
a.       Karakter:
Melalui diskusi kelompok, siswa bertanggun jawab  dalam kelompoknya untuk mengomen-tari suatu fakta / peristiwa yang telah dibaca atau mereka temukan sendiri dengan teliti serta memperhatikan pilihan kata dan santun dalam berbahasa.
b.      Keterampilan sosial:
Dengan diskusi kelompok, siswa melakukan Tanya jawab terhadap fakta yang mereka baca atau temukan sendiri.

V.             Materi Pokok
MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL
Mengomentari persoalan faktual memperhatikan pilihan kata yang digunakan dalam memberikan komentar dan dalam penyampaiannya santun serta berwibawa (Berkharisma).
VI.          Model, Metode, dan Pendekatan
Model               : model pembelajara tipe STAD
Metode             : Ekspositori, diskusi, Tanya jawab.

VII.       Sumber dan Media

a.    Sumber :
-          Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5.Solo:Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
-          KTSP 2006
b.   Media :
Media visual tentang bentuk fakta

VIII.    Langkah – Langkah Pembelajaran

a)          Kegiatan Awal (10 menit)
1.      Mengecek kesiapan belajar siswa dan ruang kelas
2.      Menciptakan suasana yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk belajar dengan cara tanya jawab tentang pengalaman terhadap peristiwa – peristiwa yang pernah didapat dan dialami
3.      Mengkomunikasikan garis besar tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran
b).  Kegiatan Inti (50 Menit)
1.   Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang, Secara heterogen ( kemampuan siswa, suku, ras, dan budaya )
2.   Guru menampilkan teks tentang fakta “ Peningkatan Produksi Makanan Utama  kepada tiap kelompok.
3.   Siswa dari kelompok lain diminta untuk mengemukakan komentarnya tentang fakta yang telah diberikan dan kelompok yang lain mendengarkan.
4.   Tanya jawab tentang fakta yang telah diberikan
5. Guru menjelaskan tentang bagaimana tata cara memberikan komentar terhadap fakta yang ada
6.  Guru menjelaskan menyampaikan komentar terhadap fakta dengan bahasa dan tatakramah (kesantunan) dalam menyampaikan pendapat / komentar dengan penampilan penuh wibawa.
7.   Guru membagikan teks yang berisi fakta kepada masing-masing kelompok.
8.      Masing-masing kelompok mengamati tersebut dengan memperhatikan apakah pengunaan bahasanya sudah baik, ejaannya benar, serta apakah benar pengunaan huruf besar, tanda titik, dan tanda koma yang benar. Kemudian siswa memberikan tanggapannya / komentarnya terhadap realita yang ada pada teks tersebut.
9.      Guru memberikan penguatan dan penghargaan kepada siswa dan kelompok yang aktif
10. Guru memberikan evaluasi yakni Siswa ditugasi untuk menemukan fakta  dan memberikan komentarnya.
c).  Kegiatan Akhir (10 Menit)
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
2.      Guru member pesan moral
3.      Kegiatan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan pembelajaran
4.      Tindak lanjut, berupa saran/ tugas agar siswa berlatih dirumah membaca dan         menulis surat pribadi kepada temannya
IX.          Penilaian
1.      Teknik penilaian
a.      Tes tertulis (produk)
b.      Non tes yakni observasi(proses)
2.      Instrument penilaian
a.      Uraian dan jawaban singkat
b.      Lembar observasi
c.      Prosedur penilaian
Penilaian proses dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung sejak awal dibentuknya kelompok dan penilaian hasil dilakukan di akhir pembelajaran

RPP Bahasa Indonesia Tentang Mengomentari Persoalan Faktual Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: