Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

14 November 2013

RPP Bahasa Indonesia Tentang Menceritakan Isi Drama Pendek

RPP Bahasa Indonesia Kelas VI Dengan Materi "Menceritakan Isi Drama Pendek"





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan               : SD Kompleks IKIP I
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      : VI/II
Materi Pembelajaran            : Drama
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit (1 x Pertemuan)


Standar Kompetensi             : Mendengarkan
5.  Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
Kompetensi Dasar                : 5.2 Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara
lisan
Indikator :
A.  Kognitif
1.    Produk
5.2.1 Mengetahui unsur-unsur dalam naskah drama
2.    Proses
5.2.2 Menemukan unsur-unsur dalam drama pendek yang dilisankan
B.  Psikomotor
Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
C.  Afektif
1.    Karakter
Jujur, disiplin dan tanggung jawab
2.    Keterampilan sosial
Bertanya, menjawab pertanyaan dan memberikan ide
I.              Tujuan Pembelajaran :
A.  Kognitif
1.    Produk
Melalui Tanya jawab siswa dapat menyebutkan 6 unsur-unsur dalam naskah drama
2.    Proses
Melalui kerja kelompok siswa dapat menemukan unsur-unsur dalam drama pendek yang dilisankan dengan benar
B.  Afektif
1.    Karakter
Siswa dapat jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran
2.    Keterampilan sosial
Melakukan komunikasi yang meliputi keaktifan dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan memberikan tanggapan
C.  Psikomotor
Melalui penugasan siswa dapat menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan

II.           Materi Ajar :
Drama
Sebuah drama dapat ditonton dalam bentuk pementasan dan dapat pula dibaca dalam bentuk naskah drama. Naskah drama tidak jauh berbeda dengan sebuah cerita atau dongeng. Naskah drama mempunyai unsur-unsur sebagai berikut.
1. Tokoh
2. Sifat tokoh (watak)
3. Latar
4. Tema
5. Jalan cerita (alur)
6. Amanat
Ketika menonton drama, carilah unsur-unsur tersebut. Tandailah unsur-unsur yang kamu tentukan. Temukan pula kutipan dalam naskah drama yang menjelaskan unsur-unsur yang kamu temukan. Sebuah naskah drama bertujuan untuk dipentaskan. Oleh karena itu, dalam naskah drama juga terdapat petunjuk untuk pementasan drama. Petunjuk tersebut berupa gambaran suasana panggung dan tingkah laku pemain.
Sebuah drama akan semakin lengkap jika sudah dipentaskan. Banyak hal yang harus dipersiapkan dari sebuah pementasan drama, di antaranya kostum para pemain, pengaturan panggung, dan tentu saja latihan pemeranan tokoh. Membuat pementasan memerlukan persiapan yang lama. Pada pembelajaran ini, kamu hanya belajar menceritakan isi naskah drama yang dibacakan. Ketika mendengarkan drama, siapkan catatan untuk mengidentifikasi unsur-unsur drama (tokoh, sifat, latar, tema, alur, dan amanat). Setelah mengidentifikasi unsur-unsur drama, cobalah tulis isi drama yang dibacakan. Kamu harus tetap mempertahankan alur cerita sesuai naskah drama aslinya.

III.        Model dan Metode Pembelajaran :
Model pembelajaran kelompok tipe STAD
Metode ceramah bervariasi, Tanya jawab, diskusi dan penugasan

IV.        Sumber/Media Pembelajaran :
1.    KTSP 2006
2.    Warsidi, edi. Farika.  2008. Bse Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
3.    Naskah drama
V.           Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran :
A.    Pendahuluan
Kegiatan
Waktu
1.    Berdo’a
2.    Apersepsi (bertanya jawab tentang drama yang diketahui siswa)
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
10    menit

B.     Inti
Kegiatan
Waktu
& Eksplorasi
1.    Siswa dibagi dalam 4 kelompok
2.    Siswa menyimak penjelasan guru
3.    Tanya jawab tentang materi pelajaran
3.    Guru menunjuk 1 orang siswa untuk membacakan drama berjudul “Cermin Penunjuj Sifat Buruk”
& Elaborasi
1.    Siswa lainnya ditugaskan menyelesaikan LKS
2.    Beberapa orang siswa menuliskan hasil pekerjaannya
3.    Siswa lainnya diberi kesempatan untuk menanggapi
& Konfirmasi
1.         Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
2.         Bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Evaluasi individu
50      menit

C.    Penutup
Kegiatan
Waktu
1.         Menyimpulkan materi pelajaran
2.         Menyampaikan pesan moral
3.         Menutup pelajaran
5 menit

VI.        Penilaian:
1.        Teknik Penilaian     : tes tertulis dan unjuk kerja
2.        Bentuk Instrumen   : essay dan lembar pengamatan
3.        Instrumen               : terlampir
4.        Kunci Jawaban       : terlampir
5.        Pedoman Penskoran :terlampir


Daftar Pustaka :
Warsidi, edi. Farika.  2008. Bse Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

RPP Bahasa Indonesia Tentang Menceritakan Isi Drama Pendek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: