Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

04 November 2013

RPP IPA SD Tentang Membuat Magnet


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                : SD Kompleks IKIP I
Mata Pelajaran                      : IPA
Kelas /Semester                     : Vb/II
Materi pembelajaran            : Membuat Magnet
Alokasi waktu                        : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)

I.          Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

II.          Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)

III.        Indikator

A.    Kognitif

1.    Produk

Mendeskripsikan cara membuat magnet

2.    Proses

Membuat magnet melalui induksi, di gosokkan dan di aliri listrik

B.     Psikomotor

Terampil dalammembuat magnet

C.     Afektif

1.    Karakter

Kerjasama,tanggun jawab, kedisiplinan dan keaktifan

2.    Keterampilan social

Berkomunikasi meliputi aktif bertanya dan menyumbangkan ide

IV.   Tujuan Pembelajaran

A.    Kognitif

1.    Produk

-  Melalui penjelasan, siswa dapatmembedakan cara membuar magnet dengan cara induksi, cara menggosok dan cara di aliri arus listrik

2.    Proses

-  Melalui kerja kelompok siswa dapat membuat megnet melalui induksi, di gosokkan dan di aliri listrik

B.     Psikomotor

·   Siswa dapat terampil dalam membuat magnet

C.     Afektif

1.    Karakter

Tanggung jawab kerjasama,kedisiplinan dan keaktifan

2.    Keterampilan social

Berkomunikasi dengan guru dan teman dalam pembelajaran meliputi aktif bertanya dn menyumbangkan ide

 V.               Materi pembelajaran

*      Gaya magnet

Membuat magnet

1.      Cara induksi

2.      Cara menggosok

3.      Cara di aliri listrik

VI.               Model dan Metode Pembelajaran

1.   Model                                  : kontekstual

2.   Metode pembelajaran          : ceramah, Tanya jawab,diskusi,penugasan

VII.            Sumber / Media Pembelajaran

a. Sumber

- KTSP 2006

- Heri sulistyanto& Edi Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk SD/MI Kelas V.Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

b.    Media

- Magnet

- Paku

- Besi

- Kabel

- Baterai

VIII.        Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran         

A.    Langkah PembelajaranPendahuluan


Kegiatan
Waktu
1.      Salam pembuka
2.      Berdoa
3.      Mengecek kesiapan belajar siswa
4.      Melakukan apersepsi untuk mengantarkan siswa kepada materi yang diajarkan.
±10 menit

B.     Inti

Kegiatan
Waktu
1.      Menjelaskan materi pembelajaran
2.      kepada murid bahwa akan melakukan kegiatan membuat magnet
3.      Mengelompokan murid dalam beberapa kelompok
4.      Membagi LKS, alat dan bahan yang akan digunakan kepada masing-masing kelompok
5.      Membimbing murid melaksanakan kegiatan membuat magnet
6.      Memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menanyakan hal-hal yang tidak dipahami dalam pelaksanaan membuat magnet
7.      Memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menanyakan yang belum dimengerti dalam pelaksanaan membuat magnet
8.      menyimpulkan materi pembelajaran
±50 menit

C.     Penutup

Kegiatan
Waktu
1.      Refleksi
2.      Memberi pesan moral dan motivasi dengan mengajak siswa agar lebih giat belajar  di rumah.
3.      Menutup pelajaran dengan salam.
±10 menit

 IX.            Penilaian

1.      Teknik Penilaian                      : Tertulis

2.      Bentuk Instrumen                   : Essay

3.      Instrumen                                : Terlampir

4.      Kunci Jawaban                        : Terlampir      

5.      Pedoman Penskoran                : Terlampir

Daftar pustaka :Choiril Azmiyawati,Wigati Hadi Omegawati & Rohana Kusumawati. 2008. bse ilmu pengetahuan alam untuk SD/ MI kelas V. Jakarta: Pusat perbukuan.  Departemen Pendidikan Nasional.





RPP IPA SD Tentang Membuat Magnet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

1 comments: