Blog Informasi Apa Aja

07 November 2013

RPP IPA Tentang Penyesuaian Makhluk Hidup

RPP IPA Kelas V Dengan Materi "Penyesuaian Makhluk Hidup"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ...........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   V/ 1
Materi Pokok               :   Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya
Waktu                          :   2 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :
3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

B.     Kompetensi Dasar
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
o   Siswa dapat Memahami bahwa tumbuhan ada yang hidup di tanah, gurun yuang kering dan panas dan di air.
o   Siswa dapat Memahami bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda
o   Siswa dapat Memahami bahwa tumbuhan menyesuaikan diri dari musuhnya

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya
o   Tumbuhan menyesuaikan diri untuk kelangsungan hidupnya
o   Tumbuhan melindungi diri dari musuhnya

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
F Memahami bahwa tumbuhan ada yang hidup di tanah, gurun yuang kering dan panas dan di air.
F Memahami bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda
-   Pohon jati
merontokkan atau menggugurkan daunnya
-   Kaktus

bentuk daun duri untuk mengurangi  penguapan,  batang kaktus menyimpan air.
-   Teratai
Daun berbentuk lebar dan tipis, batangnya memiliki rongga udara
-   Tumbuhan kantong semar
Daun berbentuk kantong
F Memahami bahwa tumbuhan menyesuaikan diri dari musuhnya
-   Bunga mawar
Batang bunga mawar memiliki duri-duri kecil
-   Bunga bugenvil
memiliki duri-duri panjang-panjang
-   Pohon mangga, kamboja, alamanda
Mengeluarkan getah
-   Buah durian
Memiliki kulit berduri
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tugas
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Bagian tubuh tumbuhan yang berupa duri dan getah digunakan tumbuhan untuk melindungi diri dari musuhnya.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   -



G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.

Tugas Individu



Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1



&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







  
CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

RPP IPA Tentang Penyesuaian Makhluk Hidup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: