Blog Informasi Apa Aja

04 November 2013

RPP IPS SD Tentang Pembagian Wilayah di Dunia

RPP IPS Kelas VI Dengan Materi " Pembagian wilayah di dunia"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       :SD Kompleks IKIP I
Mata Pelajaran            : IPS   
Kelas/ Semester           : VI /I
Materi Pembelajaran   : Pembagian wilayah di dunia
Alokasi Waktu              : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)


 I.         Standar Kompetensi
Memahami  perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua

II.         Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi  benua-benua

III.         Indikator
A.    Kognitif
1.      Produk
·         Menuliskan nama-nama benua di dunia
·         Menuliskan nama-nama samudra di dunia
2.      Proses
·         Mengelompokkan nama-nama  benua di dunia
·         Mengelompokkan nama-nama samudra di dunia
B.     Psikomotor
Ø  Terampil dalam membaca dan menggunakan peta dan atlas untuk mengelompokkan benua di dunia
C.    Afektif
1.      Karakter
·         Disiplin dan teliti
2.      Keterampilan Sosial
·         Melakukan komunikasi yang meliputi keaktifan, kerjasama dan disiplin 
  
IV.         Tujuan Pembelajaran
A.    Kognitif
1.      Produk
·         Melalui penjelasan siswa dapat menuliskan nama- nama benua di dunia
·         Melalui penjelasan guru, siswa dapat menuliskan nama-nama samudra di dunia
2.      Proses
·         Melalui penggunakan peta, atlas  siswa dapat mengelompokkan nama-nama benua di dunia
·         Melalui penggunaan peta,atlas siswa dapat mengelompokkan nama-nama samudra di dunia
B.     Psikomotor
Ø  Terampil dalam penggunakan peta dan atlas untuk mengelompokkan benua di dunia
C.    Afektif
1.      Karakter
·         Siswa dapat disiplin dan teliti
2.      Keterampilan sosial
·         Melakukan komunikasi yang meliputi keaktifan, kerjasama dan disiplin

V.         Materi Ajar
Ø  Pembagian wilayah di dunia

VI.         Model dan Metode Pembelajaran
Ø  Model
·         kooperatif
Ø  Metode pembelajaran
·         Ceramah bervariasi
·         Tannya jawab
·         Diskusi

VII.         Sumber/ Media Pembelajaran
Ø  Sumber
·         KTSP 2006
·         Bse Terampil dan Cerdas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas VI oleh Sanusi Fattah,Alex Muryadi danSuhardi.  Penerbit pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.Jakarta 2008
Ø  Media pembelajaran
·      Peta
·      Globe
  
VIII.         Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran
A.    Pendahuluan
Kegiatan
Waktu
1.         Berdo’a
2.         Memberikan motivasi
3.         Menyampaikan tujuan pembelajaran
±10 menit

B.     Inti
Kegiatan
Waktu
1.      Guru menyajikan informasi tentang pembagian wilayah benua di dunia
2.      Guru memberikan penjelasan tentang pembagian wilayah di benua
3.      Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
4.      Setiap kelompok mendiskusikan tentang pembagian wilayah di dunia
5.      Membimbing siswa menyelesaikan LKS
6.      Meminta siswa mempresentasikan hasil diskusinya kelompok  sementara kelompok lain memberi tanggapan/saran.
7.      Memberi penghargaan secara verbal pada kelompok yang aktif
8.      Memberikan evaluasi secara individu.
±50 menit

C.    Penutup
Kegiatan
Waktu
1.      Guru mengadakan evaluasi akhir untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
2.      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang dibimbing oleh guru.
3.      Memberikan pesan-pesan moral
±10 menit

IX.         Penilaian
1.      Teknik penilaian        : Tertulis
2.      Bentuk instrument     : Essay
3.      Instrument                 : Terlampir
4.      Kunci jawaban           : Terlampir
5.      Pedoman penskoran  : Terlampir

   
Daftar pustaka: Sanusi Fattah,Alex Muryadi & Suhardi.2008. Bse Terampil dan Cerdas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas VI. Penerbit pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.Jakarta
 

RPP IPS SD Tentang Pembagian Wilayah di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: