Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

02 November 2013

RPP Tematik SD Tentang Kegiatan








RPP Tematik SD Kelas 1 Tentang "Kegiatan"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
 
Satuan pendidikan      : SD Inpres Kmpus IKIP
Tema                    : kegiatan
Kelas/ Semester        :I/ I
Alokasi Waktu          : 2x 35 menit (1x pertemuan)




Standar Kompetensi
PKn               : 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
Matematika   : 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
Kompetensi Dasar
PKn               :1.3 Menerpkan hidup ruku di rumah dan di sekolah
Matematika   : 2.2 menentukan lama suatu kejadian berlangsung
Indikator
Kognitif
-    Produk
PKn
1.3.1 Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah
Matematika
2.2.1 Menyebutkan  contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar dan lama
-    Proses
PKn
1.3.2 Menceritakan kegiatan yang dilakukan di rumah yang berkaitan dengan hidup rukun
Matematika
2.2.2 Menceritakan kegiatan yang dilakukan dalam waktu sebentar dan lama di rumah
Psikomotor
PKn
1.3.3 mengidentifikasi contoh hidup rukun
Afektif
-          Karakter
Jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
-          Keterampilan social
Melakukan komunikasi dengan Tanya jawab dan berpendapat


I.         Tujuan Pembelajaran
Kognitif
-          Produk
·      1.3.1.1 Melalui tanya jawab murid dapat meyebutkan 2 contoh  hidup rukun di rumah dengan benar
·      1.3.1.2 Melalui Tanya jawab murid dapat menyebutkan 2 contoh hidup rukun di sekolah dengan benar
·      2.2.1.1 Melalui media pembelajaran murid dapat menyebutkan 2 contoh kegiatan yang berlangsung lama dengan benar
·      2.2.1.2 Melalui media pembelajaran murid dapat menyebutkan 2 contoh kegiatan yang berlangsung sebentar dengan benar
-          Proses
·      1.3.2.1 Melalui Tanya jawab murid dapat menceritakan kegiatan yang dilakukan di rumah mengenai hidup rukun  dengan benar
·      2.2.2.1 Melalui Tanya jawab  murid dapat menceritakan kegiatan yang dilakukan dalam waktu sebentar dan lama di rumah
Psikomotor
1.3.3.1 melalui media gambar murid dapat mengidentifikasi contoh hidup rukun dengan benar
Afektif
Karakter
-          Murid jujur dalam mengerjakan tugas
-          Bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
Keterampilan social
Murid dapat melakukan komunikasi dengan cara Tanya jawab dan berpendapat
II.      Materi pelajaran
PKn                      : Contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah
Matematika          : Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
III.   Model/ metode Pelajaran
Model         : Talking stick
Metode       : - Ceramah bervariasi
- Tanya jawab
-  Penugasan
IV.   Langkah-Langkah Pembelajaran
A.    Pendahuluan
Kegiatan 
Waktu
1.         Memberi salam
2.         Mengabsen murid
3.         Berdoa
4.         Apersepsi (bertanya jawab dengan murid tentang kegiatan yang dilakukan di rumah sebelum berangkat kesekolah)
5.         Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai  dalam pembelajaran
12 menit
B.     Inti
Kegiatan 
Waktu
1.    Menjelaskan materi mengenai hidup rukun
2.    Menunjuk murid menyebutkan contoh hidup rukun di rumah dan juga di sekolah
3.    Menyiapkan sebuah tongkat kecil
4.    Tongkat tersebut digilir ke anak-anak sambil menyanyikan lagu satu-satu.
5.    Lagu berakhir dan tongkat berhenti di murid, murid tersebut diminta maju mengisi kolom yang ada pada LKS mengenai kegiatan yang berlangsung lama dan sebentar, hal ini dilakukan berulang hingga semua kolom terisi.
6.    Selanjutnya tongkat digilir kembali seperti semula, kemudian murid diminta menceritakan kegiatan yang dilakukan di rumah mengenai hidup rukun 
7.    Meminta murid ke depan kelas menceritakan kegiatan yang dilakukan di rumah yang membutuhkan waktu lama dan juga waktu sedikit
8.    Memberikan kesempatan bertanya kepada murid
9.    Memberikan evaluasi secara individu
45menit

C.     Penutup
Kegiatan 
Waktu
1.         Bersama murid menyimpulkan materi pelajaran
2.         Memberikan pesan- pesan moral
3.         Menutup dengan salam
13 menit

V.      Media dan Sumber Belajar
Media       :
·    Gambar tentang hidup rukun di keluarga dan di sekolah
·    Tongkat kecil
Sumber Pembelajaran
Ø  KTSP 2006 untuk kelas IV SD/MI
Ø   
VI.   Penilaian
a.       Tekhnik Penilaian          : tes tertulis
b.      Bentuk Instrumen          : terlampir  (lampiran 1)
c.       Kunci jawaban               : terlampir  (lampiran 2)
d.      Pedoman penskoran       : terlampir (lampiran 3)

RPP Tematik SD Tentang Kegiatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: