Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

26 November 2013

Tulisan Arab Bismillah

Bismillah memainkan peran penting Islam. Mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW dengan memulai dengan nama Allah sebelum melakukan sesuatu. Bismillahir Rahmanir-Rahim diterjemahkan "Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang". Bismillah terdapat di awal setiap surah dalam Al-Quran kecuali Surah al-Baraa'at (juga disebut QS. Al-Taubah).

bismilllah musium

Bismillah diatas diambil dari sepucuk surat yang ditulis atas nama Nabi Muhammad SAW kepada Uskup Utusan Mesir. Surat itu ditulis pada tahun kelima setelah Hijrah (627 Masehi). Surat ini diawetkan di Museum Topkapi, di Istanbul, Turki.


bismillah Usman
Bismillah Utsmani
Ini adalah dari salah satu salinan paling awal dari Al-Qur'an yang  bertempat di Museum Topkapi, Istanbul, Turki. salinan Al-Qur'an ini adalah salah satu naskah asli yang ditulis pada saat kekhalifahan Utsman AS. Naskah asli lainnya pada periode yang sama adalah pamerkan di Museum Tashkent di Uzbekistan.

Bismillah Ali
 Bismillah ini ditulis pada kulit rusa oleh Ali bin Abi Thalib, AS
.

                                                         Bismillah dalam Gaya Kaligrafi Arab
Bismillah masih ditulis dengan huruf Arab yang sama, namun kaligrafi telah berubah. Berikut adalah beberapa contoh dari bismillah ditulis dalam gaya Kaligrafi yang berbeda. Nama gaya tertulisan arab bismillah di bawah ini adalah sbb :

Bismillah Muhaqqaq
Bismillah Muhaqqaq
Bismillah Kufiest
Bismillah Kufieast
Bismillah Nakshi
Bismillah Nakshi
Bismillah Kufi
Bismillah Kufimdrn

                                                             
Bismillah Aksara Nastaleeq

Bismillah Nastaleeq

Bismillah di atas ditulis dalam aksara Nastaleeq. Ini adalah tulisan yang sama di mana Urdu di India dan Pakistan dan klasik Farsi di Iran ditulis. Sampai sepuluh tahun yang lalu, semua surat kabar di Pakistan yang ditulis dengan gaya aksara ini. Tapi sekarang beberapa komputer yang dilengkapi dengan font Nastaleeq telah digunakan. Bahasa Arab dan Persia saat ini yang ditulis dalam aksara Naskh. Turki, Melayu, dan bahasa Bangla pada digunakan untuk menulis dalam aksara Naskh sebelum tulisan Arab ditinggalkan.


Bismillah Terkini
 Berikut ini tulisan arab bismillah yang bisa di copy paste untuk keperluan persuratan.

Bismillah Persuratan
Bismillah Persuratan
Bismillah Persuratan






Sumber : Translate dari  http://www.al-islam.org/gallery/photos/bismilah.htm

Tulisan Arab Bismillah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: