Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

07 December 2013

Contoh Lembar Observasi Pelaksanaan Pengajaran




LEMBAR OBSERVASI PELAKSANAAN PENGAJARAN
(Siklus I)

                     Materi  Ke                     :
                     Siklus  ke                       :
                     Hari / Tanggal                :
                     Waktu                             :
                     Materi                            :


Petunjuk  :   Berilah tanda ( V )  pada kolom yang tersedia sesuai dengan pengamatan anda pada saat guru melaksanakan pembelajaran. Dan berilah komentar atau catatan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Apabila ada kegiatan lain yang dianggap penting yang berkaitan dengan indikator yang telah ditentukan, catatlah pada tempat yang tersedia.

Jenis kegiatan
Indikator
Penilaian
Komentar / catatan
1
2
3
4
Pendahuluan
1.      Membuka pelajaran
2.      Menginformasikan pokok bahasan dan sub pokok bahasan
3.      Memotivasi/membangkitkan minat siswa
4.      Mengemukakan tujuan yang akan dicapai
5.      Menggali pengetahuan prasyarat





Kegiatan inti
Tahap Persiapan
1.      Mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan
2.      Mengetes alat peraga yang akan digunakan

Tahap  Kegiatan Utama
1.    Mengenalkan konsep bangun persegi panjang melalui hal-hal yang kongkrit atau dari sekitar siswa
2.    Memulai dari masalah-masalah realistik atau masalah dalam kehidupan sehari-hari
3.    Mengemukakan masalah realistik/kontekstual yang sderhana secara jelas
4.    Memotivasi siswa untuk menyelesaikan masalah realistik denagn car dan gaya bahasanya sendiri
5.    Memberi waktu yang cukup untuk menyelesaikan masalah realistik
6.    Membimbing siswa untuk menemukan konsep-konsep persegi panjang
7.    Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dan ide-idenya
8.    Mengidentifikasi dan memotivasi siswa yang kurang aktif dalam aktivitas belajarnya
9.    Memberi kesempatan bertanya kepada siswa
10.Merespon keluhan-keluhan siswa pada saat berlangsung pembelajaran
11.Memantau aktifitas siswa selama pembelajaran
12.Menggali penguasaan konsep dengan memberi masalah realistik yang lebih kompleks

Kegiatan pemantapan
1.    Memberika evaluasi kepada siswa
2.    Memberi penilaian pada hasil pekerjaan siswa
3.    Menyimpulkan materi pembelajaran






Kegiatan Akhir
1.      Memberikan himbauan-himbuan dan saran kepada anak
2.      Menutup pelajaran






Keterangan  penilaian:
=  Sangat Kurang
=  Kurang
=  Baik
=  Sangat Baik

Catatan Khusus : .................................................................................................
                             .................................................................................................
                             .................................................................................................
                             ................................................................................................

                                                                                                            Pengamat,









LEMBAR OBSERVASI PELAKSANAAN PENGAJARAN
(Siklus II)

                     Materi  Ke                     :
                     Siklus  ke                       :
                     Hari / Tanggal              :
                     Waktu                           :
                     Materi                            :


Petunjuk  :   Berilah tanda ( V )  pada kolom yang tersedia sesuai dengan pengamatan anda pada saat guru melaksanakan pembelajaran. Dan berilah komentar atau catatan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Apabila ada kegiatan lain yang dianggap penting yang berkaitan dengan indikator yang telah ditentukan, catatlah pada tempat yang tersedia.

Jenis kegiatan
Indikator
Penilaian
Komentar / catatan
1
2
3
4
Pendahuluan
1.      Membuka pelajaran
2.      Menginformasikan pokok bahasan dan sub pokok bahasan
3.      Memotivasi/membangkitkan minat siswa
4.      Mengemukakan tujuan yang akan dicapai
5.      Menggali pengetahuan prasyarat






Kegiatan inti
Tahap Persiapan
1.      Mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan
2.      Mengetes alat peraga yang akan digunakan

Tahap  Kegiatan Utama
1.      Mengenalkan konsep bangun persegi panjang melalui hal-hal yang kongkrit atau dari sekitar siswa
2.      Memulai dari masalah-masalah realistik atau masalah dalam kehidupan sehari-hari
3.      Mengemukakan masalah realistik/kontekstual yang sderhana secara jelas
4.      Memotivasi siswa untuk menyelesaikan masalah realistik denagn car dan gaya bahasanya sendiri
5.      Memberi waktu yang cukup untuk menyelesaikan masalah realistik
6.      Membimbing siswa untuk menemukan konsep-konsep persegi panjang
7.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dan ide-idenya
8.      Mengidentifikasi dan memotivasi siswa yang kurang aktif dalam aktivitas belajarnya
9.      Memberi kesempatan bertanya kepada siswa
10.  Merespon keluhan-keluhan siswa pada saat berlangsung pembelajaran
11.  Memantau aktifitas siswa selama pembelajaran
12.  Menggali penguasaan konsep dengan memberi masalah realistik yang lebih kompleks

Kegiatan pemantapan
1.    Memberika evaluasi kepada siswa
2.    Memberi penilaian pada hasil pekerjaan siswa
3.    Menyimpulkan materi pembelajaran





Kegiatan Akhir
1.      Memberikan himbauan-himbuan dan saran kepada anak
2.      Menutup pelajaran







Keterangan  penilaian:
1        =  Sangat Kurang
2        =  Kurang
3        =  Baik
4        =  Sangat Baik

Catatan Khusus : .................................................................................................
                             .................................................................................................
                             .................................................................................................
                             ................................................................................................

                                                                                                            Pengamat,



 

LEMBAR OBSERVASI PELAKSANAAN PENGAJARAN
(Siklus III)

                     Materi  Ke                     :
                     Siklus  ke                       :
                     Hari / Tanggal              :
                     Waktu                           :
                     Materi                            :


Petunjuk  :   Berilah tanda ( V )  pada kolom yang tersedia sesuai dengan pengamatan anda pada saat guru melaksanakan pembelajaran. Dan berilah komentar atau catatan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Apabila ada kegiatan lain yang dianggap penting yang berkaitan dengan indikator yang telah ditentukan, catatlah pada tempat yang tersedia.

Jenis kegiatan
Indikator
Penilaian
Komentar / catatan
1
2
3
4
Pendahuluan
1.      Membuka pelajaran
2.      Menginformasikan pokok bahasan dan sub pokok bahasan
3.      Memotivasi/membangkitkan minat siswa
4.      Mengemukakan tujuan yang akan dicapai
5.      Menggali pengetahuan prasyarat






Kegiatan inti
Tahap Persiapan
1.    Mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan
2.    Mengetes alat peraga yang akan digunakan
Tahap  Kegiatan Utama
1.    Mengenalkan konsep bangun persegi panjang melalui hal-hal yang kongkrit atau dari sekitar siswa
2.    Memulai dari masalah-masalah realistik atau masalah dalam kehidupan sehari-hari
3.    Mengemukakan masalah realistik/kontekstual yang sderhana secara jelas
4.    Memotivasi siswa untuk menyelesaikan masalah realistik denagn car dan gaya bahasanya sendiri
5.    Memberi waktu yang cukup untuk menyelesaikan masalah realistik
6.    Membimbing siswa untuk menemukan konsep-konsep persegi panjang
7.    Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dan ide-idenya
8.    Mengidentifikasi dan memotivasi siswa yang kurang aktif dalam aktivitas belajarnya
9.    Memberi kesempatan bertanya kepada siswa
10.Merespon keluhan-keluhan siswa pada saat berlangsung pembelajaran
11.Memantau aktifitas siswa selama pembelajaran
12.Menggali penguasaan konsep dengan memberi masalah realistik yang lebih kompleks
13.Kegiatan pemantapan
14.Memberika evaluasi kepada siswa
15.Memberi penilaian pada hasil pekerjaan siswa
16.Menyimpulkan materi pembelajaran






Kegiatan Akhir
1.    Memberikan himbauan-himbuan dan saran kepada anak
2.    Menutup pelajaran








Keterangan  penilaian:
1        =  Sangat Kurang
2        =  Kurang
3        =  Baik
4        =  Sangat Baik

Catatan Khusus : .................................................................................................
                             .................................................................................................
                             .................................................................................................
                             ................................................................................................

                                                                                                            Pengamat,

Contoh Lembar Observasi Pelaksanaan Pengajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: