Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

29 December 2013

RPP IPS Kelas V Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT


RPP IPS Kelas V Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                     Mata Pelajaran              : IPS
                     Kelas / Semester           : V / II
                     Alokasi Waktu              : 3 x 35 Menit
                     Siklus / Pertemuan        : I / 1

STANDAR KOMPETENSI
1.    Menghargai peranan tokoh pejuang dan  masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
KOMPETENSI DASAR
       2.1  Mendeskripsikan  perjuangan  para tokoh pejuang  pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
INDIKATOR
-        Menuliskan faktor-faktor yang melatarbelakangi penjajahan Belanda terhadap Indonesia
-        Menjelaskan penderitaan rakyat Indonesa semasa penjajahan Belanda
I.     TUJUAN PEMBELAJARAN
       Melalui penjelasan singkat guru, tanya jawab dan kerja kelompok, diharapkan murid dapat :
       a. Menuliskan faktor-faktor yang melatarbelakangi penjajahan Belanda terhadap Indonesia dengan benar
       b. Menjelaskan penderitaan rakyat Indonesa semasa penjajahan Belanda dengan benar
II.   MATERI PEMBELAJARAN
       - Perjuangan  melawan penjajahan Belanda dan Jepang
III.  METODE PEMBELAJARAN
       1. Tanya jawab
       2. Ceramah
       3. Kerja kelompok
       4. Model pembelajaran Cooperative learning tipe NHT

IV.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
       a.  Kegiatan Awal
            1. Memberi salam dan berdoa
            2. Mengecek kehadiran murid
            3. Menyiapkan media dan instrumen penilaian
            4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
            5. Apersepsi: Tanya jawab tentang pembelajaran sebelumnya
6. Guru Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran berkelompok berupa penataan meja dan tempat duduk siswa.
       b.  Kegiatan inti
1.  Guru memberi penjelasan singkat kepada murid tentang faktor-faktor yang melatarbelakangi penjajahan belanda terhadap indonesia serta penderitaan rakyat Indonesia.
2.  Murid dibagi dalam kelompok kecil yang heterogen yang di dalamnya terdiri dari ....... murid tiap kelompok.
3.  Guru membagi nomor kepada setiap murid dalam kelompok
4.  Murid diberi lembar kerja kelompok
5.  Murid mengerjakan tugas kelompok, dan harus dikerjakan secara bersama-sama.
6. Guru menyebutkan satu nomor dan para murid dari setiap kelompok mengangkat tangannya sesuai nomor yang disebut untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan yang ada di lembar kerja.
7. Guru memperjelas jawaban dari murid, kemudian memberi penghargaan kepada murid.
8.  Memberi evaluasi individu

       c.  Kegiatan akhir
           1. Guru dan murid bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran
           2. Guru memberi motivasi kepada murid untuk belajar
V.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
       a. Buku paket IPS SD kelas 5 penerbit pusat pembukuan Depdiknas hal. 133-149
       b. Silabus KTSP
       c. Media berupa gambar-gambar
       d. Lembar Kerja
VI.  PENILAIAN
       a. Tehnik penilaian         : Tertulis
       b. Bentuk tes                 : Essay
       c. Prosedur Penilain       :  Proses dan Hasil

RPP IPS Kelas V Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 comments: