Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

12 January 2014

Contoh Penulisan Abstrak Skripsi Yang Baik

Berikut ini Contoh penulisan abstrak skripsi yang saya kutip dari salah satu skripsi mahasiswa UNM, mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh dalam menulis abstrak skripsi yang baik

contoh skripsi



ABSTRAK

Naniyatin. 2008. “ Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sifat Magnet Siswa Kelas V SDN 2 Lembo Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara”. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Rosmalah, S.Pd, M.Pd dan Dra. St. Jauhar, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
        
         Ide awal penelitian ini karena rendahnya hasil belajar siswa pada materi sifat magnet. Hal ini disebabkan guru tidak menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam mengajar terutama pendekatan keterampilan proses. Masalah penelitian ini adalah apakah hasil belajar sains siswa kelas V SDN 2 Lembo Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara pada materi sifat magnet mengalami peningkatan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar sains siswa kelas V SDN 2 Lembo pada materi sifat magnet mengalami penigkatan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Manfaat penelitian ini adalah (satu) bagi siswa, dapat meningkatkan hasil belajarnya pada mata pelajaran sains khususnya pada materi sifat magnet (dua) bagi guru, dapat menerapkan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran sains di kelas (tiga) bagi sekolah, memperoleh sumbangan inovasi pembelajaran yang cocok dan relevan dengan nuansa pembelajaran yang diinginkan dalam KTSP. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini adalah data aktivitan dan hasil belajar siswa pada materi sifat magnet. Data diperoleh dengan observasi, tes, catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes siswa. Peningkatan itu dapat dilihat pada dari setiap siklus, siklus pertama dengan kualifikasi cukup (C) siklus kedua dengan kualifikasi sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 2 Lembo Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara pada materi sifat magnet. Saran dari penelitian ini adalah agar guru Sekolah Dasar yang mengajar sains, dapat menjadikan pendekatan keterampilan proses ini sebagai salasatu pendekatan pembelajaran yang digunakan di Sekolah.



ABSTRAK

Nurnanenci, 2008. Meningkatkan  Pemahaman Konsep Keliling Persegi Panjang Dengan Menggunakan Alat Peraga Melalui Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas III SD Negeri 11 Napabalano Kabupaten Muna. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: (I) Drs. Latri Aras, S. Pd, M. Pd, (II) Drs. H. Muh. Arief  K, S. Pd, M. Si.

       Untuk mengungkapkan penggunaan pendekatan matematika realistik dan alat peraga dalam memperoleh pemahaman konsep keliling persegi panjang tersebut, peneliti merumuskan masalah “Apakah dengan menggunakan alat peraga melalui Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatan pemahaman siswa terhadap konsep keliling persegi panjang di kelas IIIa SD Negeri 11 Napabalano Kabupaten Muna?”.Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan.
       Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran materi konsep dan keliling persegi panjang dengan menggunakan alat peraga melalui Pendekatan Matematika Realistik dapat membuat siswa santai, senang, dan tidak tegang dalam belajar.
         Pembelajaran tersebut dilaksanakan dengan melakukan: (1) menunjukan benda-benda yang ada di sekitar yang berbentuk persegi panjang dan yang bukan berbentuk persegi panjang; (2) siswa menyelesaikan LKS dengan menggunakan alat peraga yang sudah diberikan; (3) Setiap kelompok mempresentasekan hasil diskusinya sedangkan siswa yang lain memberikan tanggapan; (4) siswa mengkostruk keliling persegi panjang melalui bimbingan guru; (5) siswa menyelesaikan soal dan masalah realistik yang lain.
  Bertolak dari temuan penelitian dan pemberian tindakan pembelajaran , dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dengan menerapkan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi keliling persegi panjang.


ABSTRAK

Marwati. 2008. Penerapan Contextual Teaching and Learning(CTL) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan gaya mempengaruhi gerak benda di kelas IV SDN II Ponrewaru Kabupaten Kolaka . Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Program Studi S1 Pendidikan Guru SekolahDasar Universitas Negeri Makassar.  Pembimbing: (I) Drs. H. Arief. K, M. Hum., (II) Drs. Abdul Kadir, M. Kes

Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajarkan materi gaya mempengaruhi gerak benda di kelas IV SDN II Ponrewaru Kabupaten Kolaka dan hasil wawancara terhadap guru kelas IV atas pengalamannya mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam, kurang mengaktifkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran, kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkontruksi pengetahuan yang dimilikinya dengan menghubungkannya dengan fenomena-fenomena yang ada di lingkungan sekitar siswa.

 Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan Contextual Teaghing and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar pokok bahasan gaya mempengaruhi gerak benda pada siswa kelas IV SDN II Ponrewaru Kabupaten Kolaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Dari rumusan masalah,paparan data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran melalui penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan gaya mempengaruhi gerar benda di kelas IV DSN II Ponrewaru Kabupaten kolaka pembelajaran ini dilaksanakan dalam lima tahap yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir.kegiatan pada tahap awal mencakup: (1) menjelaskan tujuan pembelajaran (2) menjelaskan perangkat yang dibutuhkan serta memotivas  siswa agar terlibat pada aktivitas pemecahan masalah.sedangkan pada kegiatan inti terdiri dari (1) mengelolah pengetahuan awal siswa terhadap masalah (2) membimbing penyelidikan dan kelompok.sedangkan pada kegiatan akhir mencakup (1) melakukan refleksi terhadap proses pemecahan masalah (2) memberikan evaluasi.  
Berdasarkan evaluasi proses dan evaluasi hasil pada setiap pembelajaran maka hasil belajar siswa pada pokok bahasa gaya mempengaruhi gerak benda SDN II ponrewari meningkat dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning. 


Nama yang terdapat pada contoh penulisan abstrak skripsi tersebut diatas hanya merupakan ilustrasi,

Contoh Penulisan Abstrak Skripsi Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 comments: