Blog Informasi Apa Aja

04 Februari 2014

Bagaimana Membongkar dan Merakit Pesawat Sederhana

Sebelum Anda dapat mereparasi pesawat, Anda akan selalu harus membongkarnya untuk beberapa tingkat terlebih dahulu. Semua pesawat berbeda, tetapi prosedur pembongkarannya selalu sama: yang pada dasarnya, Anda harus menggerakkan bagian2 secara berkebalikan dari cara pabrik (melepas). Ingat, bahwa Anda harus memasang pesawat kembali seperti ssemula. Tata letak komponen dalam instruksi seperti Anda membukanya, dengan kunci di tangan. Jika Anda tidak yakin bahwa Anda dapat mengembalikannya lagi, ambil catatan dan buat gambarseperti yang Anda kerjakan. Tandailah semua terminal dan kawat jika Anda harus memutus lebih dari satu kawat pada suatu saat. Cek manual Anda untuk gambar-gambar diagram dan instruksi.
membongkar pesawat
 
Untuk membongkar pesawat, mulailah dengan tombol-tombol yang nyata dan pengunci-pengunci. Banyak tombol dan plat-jarum dengan model stel-tekan; menariknya dengan sederhana untuk membuka poros kontrolnya. Tombol terkadang terletak di suatu tempat dengan sekrup-penyetel, pegas, atau jepit pembuka, atau pin-pin, atau juga sekrup pembuka. Semua jenis ini mudah untuk dimunculkan. Rumah panel biasanya dijepit dengan sekrup atau baut; atau mungkin juga dijepit di suatu tempat dengan tanda khusus. Terkadang komponen2 itu mudah digerakkan atau mungkin juga sangat keras. Dalam hal lain, ada yang tidak secara jelas berpengunci pada bagian atas. Anda dapat menemukan jepit (clip) dengan pisau dempul ke dalam kampuh, dimana panel bagian atas dan sisi panel bertemu; masukkan pisau pada  kampuh hingga Anda dapat membuka. Ini sebuah jepit pembuka. Untuk memunculkan jepit, tekan bilah pisau searah ke dalam jepit, pada sudut yang benar dalam kampuh, hingga penekanan ke atas pada panel bagian atas. Ulangi prosedur ini untuk menemukan dan menggerakkan pemegang jepit pembuka yang lain pada panel bagian atas; kemudian angkat panel dan terbuka.

 
membongkar pesawat
Pengunci mungkin juga tersembunyi di bawah  name-plate atau logo pabrik, disamping sumbat plastik yang hampir tak terlihat atau  di bawah bantalan gabus pada bagian bawah pesawat, atau dibawah sambungan plat. Hati2 membuka bagian pengunci yang tersembunyi. Jika Anda merakit kembali pesawat, kunci kembali bagian yang tersembunyi di atas pengunci, atau, jika perlu, masukkan lem ke dalam tempat tersebut. Jika Anda tidak dapat menemukan pengunci yang tersembunyi pada bagian yang mudah, panasilah bagian tersebut dengan hati2 dengan bantalan pemanas; panas mungkin membuat pembongkaran menjadi lebih mudah. Di dalam pesawat, lihat bagian jepit pemegang pada rumah panel.

Setelah pekerjaan perbaikan, dan sebelum perakitan pesawat kembali, kosongkan bagian dalam pesawat untuk membuang semua debu (kotoran) dan bekas2. Ceklah untuk problem yang lain dan  perbaikilah seperlunya atau aturlah. Jika pesawat mempunyai motor, lumasilah motor, cek sikat arangnya, dan gantilah jika perlu. Lumasilah bagian yang bergerak secara hemat, dan bersihkan kontak2 listriknya.

Merakit pesawat kembali adalah bagian yang tak terpisahkan yang harus Anda lakukan; tak lupa mengencangkan atau memperkuat penguncinya. Yakinkan bahwa bagian2 yang berputar, seperti armatur, atau gear,  juga terjepit. Setelah perakitan selesai, sambungkan pesawat dan hidupkan. Jika masih terdapat gangguan, bau atau panas lebih, matikan dan putuskan sumber daya. Kemudian kembali perbaiki untuk melihat dimana letak kesalahannya.

 

Bagaimana Membongkar dan Merakit Pesawat Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 komentar: