Blog Informasi Apa Aja

04 Februari 2014

Bagaimana Pesawat Rumah Tangga Bekerja



Kebanyakan pesawat beroperasi pada sistem kelistrikan di rumah Anda; mereka menggunakan arus AC dari jaringan rumah Anda. Beberapa pesawat bekerja pada jaringan 110-120V; steker kabelnya mempunyai 2 ujung kontak. Pesawat-pesawat yang besar, seperti Penyejuk Ruangan (AC), Pengering, dan Kompor, biasanya membutuhkan jaringan 220-240V, dan tidak bisa dioperasikan pada jaringan 110-120V. Pesawat-pesawat besar dipasang dengan kawat ground (PE); stekernya mempunyai 2 ujung kontak dan sebuah kontak lidah (prong) untuk penghantar PE-nya. Pesawat jenis ini stekernya harus dimasukkan dalam sistem grounding. Semua pesawat diberi label, juga terdapat plat nama pada bodinya, untuk memperlihatkan daya yang dibutuhkan dalam watt dan volt, dan terkadang dalam ampere. Jika Anda membeli pesawat, ingat bahwa lebih tinggi daya yang dibutuhkan, memerlukan penggunaan listrik yang lebih banyak, dan lebih banyak pula biaya operasinya.
            Pesawat-pesawat rumah tangga yang kecil biasanya menggunakan mesin sederhana yang agak baik. Mesin biasanya terdiri dari elemen pemanas sederhana, atau kipas, satu set sudu-sudu, atau penggerak putaran yang berhimpit dengan porosnya; atau terdiri dari 2 atau 3 sistem mekanik yang sederhana. Memperbaiki pesawat-pesawat ini biasanya relatif sederhana. Pesawat-peswat yang besar tentu lebih komplek, seperti mesin cuci, biasanya mempunyai sebuah motor, timer, pompa, dan berbagai macam katup, sakelar, dan solenoid. Pesawat jenis ini permasalahannya dapat terjasi pada peralatan kontrolnya atau komponen mekanik/daya. Kesalahan pada peralatan kontrol akan mempengaruhi sebuah operasinya atau seluruh pesawat; kesalahan pada peralatan mekanik/daya biasanya hanya mempengaruhi pada fungsi yang berkait dengan alat tersebut. Jika pesawat2 yang besar rusak, pengetahuan bagaimana mendiagnose permasalahan sama pentingnya dengan pengetahuan bagaimana untuk memperbaikinya.
            Tetapi pesawat-pesawat besar adalah sangat komplek, sehingga biasanya tidak begitu jelas dimana letak ketidakfungsiannya. Tahapan yang I adalah kembali menentukan permasalahan, di dalam peralatan kontrol atau peralatan mekanik. Dalam sebuah pemanas, sebagai contoh, peralatan kontrol menguasai panas; komponen mekaniknya memutar drum. Sistem yang mana yang terpengaruh? Jika drum berputar tetapi dryer tidak panas, problem terletak pada sistem kontrol; jika dryer panas tetapi drum tidak berputar, problemnya adalah mekanik. Analisis jenis ini dapat digunakan untuk menunjukkan jenis kesalahan -- sistem kontrol atao sistem mekanik -- pada semua pesawat-pesawat besar.
            Untuk mengetahui apa problem yang sebenarnya,  Anda harus mengecek setiap bagian pada sistem yang terpengaruh untuk menemukan bagian yang tepat. Ini tidak sesulit yang kita dengar, sebab komponen2 alat bekerja bersama dalam urutan yang logis; mulailah dengan kemungkinan-kemungkinan sederhana, Anda dapat mengecek komponen satu demi satu untuk mengisolasi penyebab gangguan. Tabel (chart) pencarikesalahan dalam bagian lain dapat membantu Anda mendiagnose permasalahan. Setiap chart juga menggambarkan pengukuran yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki pesawat dari problem I yang Anda temukan.

Bagaimana Pesawat Rumah Tangga Bekerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 komentar: