Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

26 February 2014

Cara Mencari Lowongan Kerja Terbaru Secara Online



Mencari lowongan kerja merupakan sesuatu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh para alumni baru baik itu setingkat SMA maupun Universitas walaupun masih banyak yang sudah punya kerja tetapi belum puas dengan pekerjaannya sehingga ikut meramaikan persaingan pencarian kerja. Bagi yang masih fresh graduate mungkin masih bingung dan sulit untuk bersaing dengan yang mempunyai pengalaman kerja. 

Bagi anda yang masih fresh graduate tidak usah berkecil hati masih banyak kok perusahaan yang butuh karyawan yang fresh graduate. Persaingan dalam mencari pekerjaan bagaikan mencari jodoh yang susah untuk diprediksi tergantung nasib kita, kadang ada lulusan SMA bisa mengalahkan lulusan Sarjana karena mungkin skill yang baik dan hokinya yang cocok dengan pekerjaan tersebut. Ingat, pekerjaan kita nantinya masih misteri dan tergantung takdir kita yang penting sudah berusaha semaksimal mungkin.

Sebelum mencari kerja sebaik anda mencari informasi tentang cara membuat surat lamaran dan curriculum vitae ( Riwayat Hidup ) serta bagaimana cara mengisi soal psikotest, pengetahuan umum dan menjawab wawancara kerja. Berkas-berkas dibiasanya yang harus disiapkan pada mengajukan lamaran kerja biasanya sebagai berikut :

  1. Surat Lamaran Kerja
  2. Curriculum Vitae ( Riwayat Hidup )
  3. Pas Photo
  4. Foto Copy KTP, Ijazah dan Sertifikat Keterampilan
  5. Surat Referensi Kerja ( bagi yang sudah memilki pengalaman kerja )
  6. Surat Keterangan Berkelakuan Baik
  7. Dan lain-lain disesuaikan permintaan perusahaan


Berkas tersebut diatas bisa di-scan dalam bentuk file .jpg atau .pdf jika lowongan kerjanya mengharuskan lamaran secara online. Biasanya pendaftaran secara online melalui website resmi perusahaan yang mana lamaran kerjanya lewat email atau lewat form pada website perusahaan. Kadang lowongan kerja lewat pihak ketiga atau lewat media massa. Website yang saya rekomendasikan menyediakan informasi lowongan kerja yang update yaitu sbb :

  • Jobstreet, website ini menampilkan banyak lowongan kerja dari di seluruh dunia, yang selalu update. Kita sebagai pencari kerja bisa membuat account di jobstreet dengan melampirkan biodata dan dokumen pendukung. Jika ada perusahaan yang update lowongan kerja, kita bisa langsung apply. Jadi tidak perlu lagi membawa lamaran langsung ke kantor perusahaan. Sesuai dengan pengalaman saya , melalui situs ini saya sudah 5 kali mendapat panggilan interview dari perusahaan bonafit. 
cari kerja di jobstreet

  • Jobsdb, website ini saingan dari jobstreet yang mana memiliki fitur yang hampir sama. Saya rekomendasikan agar membuat akun di website dan mengikuti update informasi lowongan kerja yang terbaru.
cari kerja di jobsdb

  • LinkedIn, website ini merupakan media social kayak facebook tetapi dikhususkan bagi kalangan professional. Kita cuma membuat biodata lengkap beserta keahlian dan pengalaman kerja disini dan mem-follow akun perusahaan favorit. Jika lowongan kerja sudah ada, langsung dikirim resume ke akun linkedIn perusahaan.

Website tersebut diatas sangat saya rekomendasikan agar para pencari kerja memiliki akun disana khususnya yang masih fresh graduate. Dengan mengikuti update informasi lowongan kerja di 3 website tersebut, mudah-mudahan peluang untuk mendapat pekerjaan di perusahaan bonafit terbuka lebar.

Yang harus kita ingat adalah doa dan usaha yang sungguh-sungguh, jangan lupa minta restu orang tua agar pintu rezeki terbuka lebar. Sekian mudahan-mudahan kita bisa menaklukkan lowongan kerja yang ada dan bisa lolos ke perusahaan idaman.





Cara Mencari Lowongan Kerja Terbaru Secara Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 comments: