Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

04 February 2014

Contoh RPP IPA SD Kelas IV Tentang Energi Bunyi



RPP IPA SD Kelas IV Tentang Energi Bunyi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                : SD Kompleks IKIP I

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas /Semester                     : IVa/II

Materi pembelajaran            : Energi Bunyi

Alokasi waktu                        : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)

 

I.     Standar Kompetensi

 8.    Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari  

II.   Kompetensi Dasar

8.1  Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat- sifatnya

III.  Indikator

A.    Kognitif

1.    Produk

-       Siswa dapat membuat daftar sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar

-       Siswa dapat menunjukkan bukti perambatan bunyi pada benda padat.

2.    Proses

-       Siswa dapat menyebutkan sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.

-       Siswa dapat membuat telepon mainan dari bahan sederhana.

B.   Psikomotor

·      Terampil dalam Membuat telepon mainan

C.   Afektif

1.    Karakter

Kerjasama, tanggun jawab, kedisiplinan dan keaktifan

2.    Keterampilan social

Berkomunikasi meliputi diskusi, bertanya dan berpendapat

IV.   Tujuan Pembelajaran

A.    Kognitif

1.    Produk

-       Melalui penjelasan guru, siswa dapat membuat daftar sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.

-       Melalui penjelasan siswa dapat menunjukkan bukti perambatan bunyi pada benda padat.

2.    Proses

-       Melalui penugasan Siswa dapat menyebutkan sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.

-       Melalui penugasan siswa dapat membuat telepon mainan dari bahan sederhana

B.  Psikomotor

·   Siswa dapat Terampil dalam membuat telepon mainan

C.  Afektif

1.    Karakter

Tanggung jawab kerjasama,kedisiplinan dan keaktifan

2.    Keterampilan social

Berkomunikasi dengan guru dan teman dalam pembelajaran meliputi diskusi, bertanya dan berpendapat.

 V.  Materi pembelajaran

      Energi Bunyi

 
VI. Model dan Metode Pembelajaran

1.   Model                                  : kooperatif

2.   Metode pembelajaran          : ceramah, Tanya jawab,diskusi,penugasan

 

VII. Sumber / Media Pembelajaran

·      Sumber

-KTSP 2006

-Mustaqim,Burhan dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

·      Media  

-  Kaleng bekas atau gelas plastic bekas

-  Benang

-  Gunting    

 

VIII.  Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran   

A.    Langkah Pembelajaran Pendahuluan

Kegiatan
Waktu
1.      Mengecek kesiapan belajar siswa
2.      Mengajak siswa berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
3.      Melakukan apersepsi untuk mengantarkan siswa kepada materi yang diajarkan.
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
±10 menit

B.  Inti

Kegiatan
Waktu
1.    Menjelaskan secara singkat kepada siswa materi yang dipelajari.
2. Melakukan tanya jawab mengenai sumber energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar
3.    Siswa mencatat hal-hal penting yang di jelaskan oleh guru.
4.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok ( 4-5 orang )
5.  Guru membagikan LKS, kemudian siswa mengerjakannya secara berkelompok dengan  petunjuk yang tertera.
6. Siswa melakukan percobaan membuat telepon mainan untuk membuktikan bunyi dapat merambat melalui benda padat.
7.   Guru membimbing kelompok yang mengalami kesulitan.
8.   Siswa secara bergantian mempersentasekan hasil percobaannya.
9.  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mengerjakan LKS dengan baik.
10.  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan dibimbing oleh guru.
11.  Memberikan evaluasi kepada siswa secara individu.
±50 menit

C.  Penutup

Kegiatan
Waktu
1.   Refleksi
2. Memberi pesan moral dan motivasi dengan mengajak siswa agar lebih giat belajar  di rumah.
3.   Menutup pelajaran dengan salam.
±10 menit

 IX.  Penilaian

1.      Teknik Penilaian                      : Tertulis

2.      Bentuk Instrumen                   : Terlampir

3.      Instrumen                                : Terlampir

4.      Kunci Jawaban                        : Terlampir      

5.      Pedoman Penskoran                : Terlampir

Daftar pustaka : Mustaqim,Burhan dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Contoh RPP IPA SD Kelas IV Tentang Energi Bunyi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 comments: