Blog Informasi Apa Aja

10 Februari 2014

Dasar - Dasar Ilmu Komunikasi



Sir Richard Branson pemilik Virgin group pernah menceritakan pengalamannya pertama kali berbicara di depan umum. Pikirannya terasa kosong ketika mengambil mikrofon. Dia bergumam tak jelas sebelum meninggalkan podium. Sir Richard Branson itu merupakan salah satu momen paling memalukan dalam hidupnya.

Setelah Itu Sir Richard Branson mulai berlatih bicara didepan public. Menurutnya pembicara yang baik tidak hanya berbakat atau beruntung tapi melainkan karena kerja keras.

Pengalaman Sir Richard Branson dialami oleh hampir semua pembicara.

Saya mengibaratkan belajar public speaking seperti belajar menyetir mobil. Kita tidak bisa lancar menyetir mobil hanya dengan membaca buku manualnya. Kita juga harus melakukan latihan dan praktek dengan benar. Begitu juga dengan public speaking, tidak cukup hanya belajar dengan cara membaca buku. Latihan, praktek dan jam terbang sangat dibutuhkan.

Kemampuan berkomunikasi tidak terbatas hanya kepada profesi-profesi yang seringkali harus berbicara dihadapan publik seperti pembicara public, pembawa acara atau pembicara.
Kemampuan berkomunikasi tidak hanya berguna ketika berbicara dihadapan orang banyak. Kemampuan ini juga bisa diadopsi untuk komunikasi sehari-hari, baik dalam pergaulan maupun bisnis.
Seorang mekanik yang belajar cara berkomunikasi tentu akan lebih mudah berkomunikasi dengan siapa saja yang ditemuinya, termasuk untuk membicarakan hal-hal yang bersifat teknis dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara. Bahkan kemampuan berkomunikasi yang dimiliki seorang mekanik membuatnya menjadi lebih memberikan pengaruh dibandingkan dengan orang pemasaran bahkan penjualan.
Ini juga berlaku untuk berbagai macam profesi lainnya.

Dizaman modern ini, banyak perempuandan laki-lakidi seluruh duniamenyebarkan idedan pengaruhmereka melaluikemampuan public speaking.Di Amerika Serikat, terdapat nama-nama seperti FranklinRoosevelt, BillyGraham, CesarChavez, BarbaraJordan, Ronald Reagan, MartinLuther King, HillaryClinton, dan BarackObama. Di negara lain, kita melihatkekuatanpublic speakingdilakukan oleh tokohsepertimantan Perdana Menteri InggrisMargaretThatcher, pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela,  pejuang demokrasi BurmaAung San Suu Kyidanaktivis lingkungan Kenyadan pemenang Hadiah NobelWangariMaathai.

Ketika Anda membacanama-nama,  Anda mungkinberpikir, "Itu  baikbagi mereka. Tapi apayangharusdilakukan dengan saya?Saya tidakberencana untukmenjadi presidenataupembicara." Namun demikian, kebutuhan untukberbicara di depan umumhampir pastiakan menyentuhAndadalamhidup Anda suatu saat –mungkin besok,mungkin tidak untuklima tahun.  DapatkahAnda membayangkan diri Andaharus melakukan public speaking?

(Source : e-book Speaking in Public)


Ketakutan dan Kecemasan Dalam Berkomunikasi.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketakutan dan  kecemasan dalam  berkomunikasi.

1.  Mengetahui cara berkomunikasi yang baik. Ini bisa didapat dengan membaca buku atau ikut pelatihan

2.  Latihan, Latihan dan Latihan. 
    Belajar berkomunikasi itu seperti belajat menyetir mobil. Kita tidak cukup hanya membaca buku  manual tanpa latihan. 
 
3.   Menguasai materi.
Jika kita berkomunikasi dengan membicarakan materi yang kita kuasai maka itu akan menumbuhkan rasa percaya diri. Ini membuat kita akan mampu mengurangi ketakutan dan kecemasan dalam komunikasi.

4.   Mempunyai Gerakan Rahasia
Maksudnya disini kita sebaiknya mempunyai gerakan khusus yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketakutan. Misalnya dengan acara menggosok-gosok tangan. Melakukan lompatan ringan. Atau gerakan lainnya yang kita sukai.

5.   Senyum
Senyum membuat tubuh kita menjadi rileks.

6.   Kontak Mata
Lakukan kontak mata dengan lawan bicara.


Keenam langkah ini adalah untuk latihan mengatasi kecemasan dan kegugupan. Setelah nanti anda terbiasa tentu anda tidak perlu lagi menjalankan semua langkah-langkah ini sebelum tampil. Jam terbang akan membuat anda menemukan cara tersendiri dalam mengatasi kegugupan.

Suara / Vokal

Suara saya cempreng .., saya tidak bisa jadi pembicara yang baik.

Sekarang bukan jamannya lagi seorang public speaker, mc maupun penyiar radio harus memiliki suara yang bagus. Sekarang ini sebagai pembicara publik yang dibutuhkan adalah suara yang berkarakter dan memiliki ciri khas.

Kita akan melihat beberapa jenis suara diantaranya :

1.    Menyenangkan, penuh kehangatan
2.    Natural, mencerminkan kepribadian sejati Anda dan ketulusan
3.    Dinamis, memberikan kesan gaya dan kekuatan - bahkan ketika itu tidak terlalu keras-
4.    Ekspresif, menggambarkan berbagai nuansa makna dan tidak pernah terdengar monoton atau tanpa emosi
5.    Mudah didengar, berkat volume yang tepat dan artikulasi yang jelas
                                                                      (source: Your Speaking Voice by ToastMaster International)

6 Langkah Suara Jadi Rileks

Berikut adalah metode enam langkah supaya suara menjadi rileks. Jika Anda melakukan latihan sederhana ini beberapa kali sehari untuk beberapa menit setiap kali, Anda akan segera melihat perbedaan. Suara Anda akan terdengar lebih kaya dan lebih berwarna.
(source: Your Speaking Voice by ToastMaster International)

1.    Sambil berdiri atau duduk dengan nyaman, letakkan tangan Anda ringan pada otot tenggorokan dan berbicara dalam nada normal. Perhatikan Ketegangan otot tenggorokan dan sesak rahang Anda.
2. Menguap. Buka mulut Anda lebar-lebar. Selesai menguap dengan mudah "ho-hum," memperpanjang "hum" untuk
beberapa detik. Jatuhkan rahang Anda sejauh mungkin tanpa stres. Goyangan rahang dari sisi ke sisi dan terus bersenandung dengan bibir Anda tertutup dan rahang longgar
3. Ulangi menguap dan bersenandung. Perhatikan bagaimana otot tenggorokan Anda telah melonggarkan dan menjadi
santai. Lihat bagaimana nyaman tenggorokan Anda terasa dengan melepas ketegangan
4. Mempertahankan perasaan kemudahan dan kelonggaran, mengucapkan kata-kata berikut: A-I-U-E-O. Buka mulut Anda lebar, menjatuhkan rahang Anda rileks. Membesar-besarkan bibir Anda dan gerakan rahang. Ketika tenggorokan Anda terasa lelah, berhenti dan menguap lagi.
5.    Meremas ringan otot tenggorokan dengan jari-jari Anda untuk menghilangkan sesak.
6.   Perlahan-lahan mengulangi bunyi sebagai berikut: A-I-U-E-O. Jatuhkan rahang dan tenggorokan rileks Anda. Memperpanjang suara, memberikan setiap panjang yang sama.


Ketahui seperti apa jenis suara yang anda miliki. Ini memudahkan anda untuk melakukan kombinasi dengan intonasi dan artikulas. Seperti apa suara yang anda inginkan terdengar ketika berbicara.

Latihan tentu sangat diperlukan agar suara anda bisa terdengar rileks. Bagi pembicara yang gugup, biasanya akan mudah diketahui dari nada suara yang cenderung terdengar bergetar atau tidak lancar.


Ketakutan dalam melakukan komunikasi dihadapi oleh banyak orang.
Siapa saja sebenarnya bisa berkomunikasi dengan siapa saja, kapan saja dan dimana saja.
Diperlukan mental yang kuat untuk bisa melakukan komunikasi.
Untuk membangun mental diperlukan rasa Percaya Diri.
Bagaimana membangun rasa percaya diri?
Salah satu langkah sederhana adalah mengetahui kelebihan dan kekurangan kita

Pengetahuan dasar dalam  komunikasi
1.     Cara mengatasi kegugupan

2.     Olah Vokal

3.     Intonasi

4.     Artikulasi

5.     Gestur

6.     Kontak Mata

7.     Pegang Mic

8.     Mengunakan Penunjang

9.     Membuat Materi

Dasar - Dasar Ilmu Komunikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: