Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

06 February 2014

Hubungan Segitiga Warna Pada Televisi



Modul Pembelajaran : Segitiga Warna Pada Televisi

Tujuan Instruksional Umum
  • Peserta harus dapat mendiskripsikan  pengertian segitiga warna dalam hubungannya dengan warna pada televisi warna

Tujuan Instruksional Khusus

Peserta harus dapat:

  • Menentukan letak warna dalam segitiga warna, jika diketahui panjang gelombangnya
  • Menentukan batas reproduksi warna pada televisi warna dalam segitiga warna
  • Menyebutkan keuntungan pemakaian segitiga warna dibanding dengan kurva campuran warna

Uraian Materi

Segitiga warna
Kurva campuran warna hanya berlaku untuk pencampuran warna jenuh, ia tidak berbicara tentang warna-warna tidak jenuh.

Sebuah diagram X-Y seperti bentuk tapal kuda disebut diagram kromatisitas, diagram ini lebih memuaskan dari pada campuran warna , dengan ini koordinat warna sekarang tidak tergantung dari luminansi.

Koordinat X dan Ycukup untuk menentukan letak warna sehingga koordinat warna ke tiga dapat dihilangkan. Dengan begitu jenis warna dari tiap tiga warna primer dapat ditampilkan didalam sebuah luasan (dataran) dalam sistim koordinat X,Y. Sistem ini disebut segitiga warna.




diagram kromatisasi



Angka pada sumbu X dan Y adalah koordinat kromatisitas dan sebuah warna dinyatakan dengan Y dan X dan Y. Seperti ditunjukkan oleh diagram warna, daerah yang dekat dengan keliling batas mempunyai kejenuhan yang lebih tinggi dan daerah pada bagian tengah menjadi putih.


diagram kromatisasi



Metode pencampuran dengan menggunakan diagram kromatisitas ditunjukkan dalam gambar 2. Titik hijau (G) dan merah (R) warna-warna yang dihasilkan, dengan mencampur kedua warna itu dinyatakan oleh titik-titik pada garis lurus G-R. Bila kuantitas merah melebihi hijau, titik berada lebih dekat dengan R daripada dengan G, dan sebaliknya bila kuantitas hijau lebih dari pada merah maka letak mendekati G daripada R.



Pada sistem televisi warna, telah dipilih luminan baku C sebagai putih referensi, dan tiga warna primer telah dipilih sebagai berikut :

Merah
X = 0,67
Y = 0,33
Hijau
X = 0,21
Y = -0,71
Biru
X = 0,14
Y = 0,08





Latihan



1.         Dari diagram kromatisitas X-Y pada sistem XYZ berapa panjang gelombang yang dapat dilihat oleh mata manusia ?


2.         Pada diagram kromatisitas X-Y pada sistem XYZ, pada panjang gelombang antara 531 nm - 559 nm ditempati warna apa ?


3.         Pada sumbu X dan Y adalah koordinat kromatisitas dan sebuah warna dinyatakan dengan Y dan X dan Z daerah yang dekat dengan keliling batas mempunyai sifat yang bagaimana ?


4.         Pada sistem televisi warna, telah dipilih luminan baku C sebagai putih referensi dan tiga warna primer telah dipilih :


Merah
X =
Y =
Hijau
X =
Y =
Biru
X =
Y =

5.         Jelaskan keuntungan pemakaian segitiga warna dibanding dengan kurva campuran warna !

 


Jawaban



1.         Dari diagram kromatisitas X-Y pada sistem XYZ, panjang gelombang yang dapat dilihat oleh mata manusia adalah antara 400 nm - 700 nm.


2.         Pada diagram kromatisitas X-Y pada sistem XYZ, pada panjang gelombang antara 531 nm - 559 nm ditempati warna hijau kekuning-kuningan.


3.         Pada sumbu X dan Y adalah koordinat kromatisitas dan sebuah warna dinyatakan dengan Y dan X dan Z daerah yang dekat dengan keliling batas mempunyai sifat kejenuhan yang lebih tinggi dan pada daerah bagian tengah menjadi putih.


4.         Pada sistem televisi warna, telah dipilih luminan baku C sebagai putih referensi dan tiga warna primer telah dipilih adalah :


Merah
X = 0,67
Y = 0,33
Hijau
X = 0,21
Y = -0,71
Biru
X = 0,14
Y = 0,08

5.         Keuntungan pemakaian segitiga warna adalah


Kurva campuran warna hanya berlaku untuk pencampuran warna jenuh, dan tidak berbicara tentang warna-warna tidak jenuh.

Sebuah diagram X-Y seperti bentuk tapal kuda disebut diagram kromatisitas, diagram ini lebih memuaskan dari pada campuran warna , dengan ini koordinatwarna sekarang tidak tergantung dari luminansi.

Koordinat X dan Y cukup untuk menentukan letak warna sehingga koordinat warna ke tiga dapat dihilangkan. Dengan begitu jenis warna dari tiap tiga warna primer dapat ditampilkan didalam sebuah luasan (dataran) dalam sistim koordinat X,Y.


Hubungan Segitiga Warna Pada Televisi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 comments: