Blog Informasi Apa Aja

04 Februari 2014

Keamanan Mekanis dan Elektris Pada Pesawat Rumah Tangga



              Anda mungkin tertarik untuk mengerjakan pesawat dalam keadaan “jalan”, atau mentes pesawat dalam keadaan power “on”. Ini adalah sesuatu yang Anda tak pernah bekerja secara aman. Jangan pernah bekerja dengan pesawat-pesawat yang sedang berjalan; jangan pernah memasukkan tangan Anda atau alat Anda ke dalam bagian yang bergerak, seperti, gear, sabuk, puli dan komponen berputar  lainnya. Jika Anda memasukkan daya (on) untuk men-cek kerja Anda setelah pekerjaan perbaikan, jangan menyentuh pesawat; hidupkan secara sederhana dan amatilah. Jika dibutuhkan pengaturan, matikan sumber sebelum Anda mengerjakannya.
            Ada satu hal yang lebih penting dari faktor keselamatan untuk mengngatkan kembali bahwa pesawat2 listrik dapat membahayakan, dan Anda tak akan pernah mengijinkan diri Anda atau peralatan Anda berhubungan langsung dengan arus listrik. Anda harus extra hati2 jika melakukan pekerjaan reparasi untuk pesawat yang menggunakan daya listrik. Sebelum Anda mulai bekerja dengan pesawat, cabutlah steker dari sumbernya. Jika itu tidak dilakukan, matikan sumber daya listrik ke pesawat dengan melepas sekering atau mentrip CB pada panel utama di rumah Anda. Setelah daya off, teslah pesawat untuk meyakinkan bahwa power off. Bahkan, teslah terminal2 motor, lampu-lampu indikator, atau komponen2 pesawat yang dapat dites dengan tester tegangan. Jika menyala, pesawat masih terhubung, dan Anda harus menemukan sumber dan mematikannya sebelum proses berlanjut.
            Pesawat - pesawat besar sering mempunyai rangkaian listrik yang terpisah dari panel utama. Kasusnya adalah bahwa pesawat-pesawat besar membutuhkan lebih banyak daya daripada sumber yang ada, sehingga sistem memisahkan fuse atau CB terkadang dilakukan juga untuk menangani kelebihan beban listrik ini. Jika ini ada, maka lakukan cek secara hati2 terhadap panel tambahan ini sebelum Anda beranggapan bahwa power telah off.

Sistem Grounding (Pembumian/PE)
            Banyak pesawat stasioner (pencuci, pengering, kompor) dibumikan dengan kawat yang disambungkan ke pipa air dingin -- pipa air dingin itu membuat kontak bumi di luar rumah Anda, sehingga pembumian pesawat merupakan rangkaian listrik yang tertutup dengan bumi. Putuskan kawat pembumi sebelum Anda kembali menghidupkan sumber.
            Banyak rumah2 sekarang yang dilengkapi dengan jaringan listrik sistim 3-kawat. Kawat ke-3 adalah piranti pembumian, dan operasi kerjanya sama dengan kawat pembumi pada pesawat stasioner. Pesawat2 besar mempunyai steker dengan 2 ujung kontak dan sebuah kontak lidah, yang harus masuk  ke dalam kotak-kontak ber-PE, atau PE dengan steker khusus.

Perhatian: Jangan pernah mengangkat kontak lidah (PE) dari steker 3-kawat untuk mengeluarkan kawat pembumi ; selalulah menggunakan adapter steker.

            Pembumi yang baik adalah hal yang pokok untuk pesawat-pesawat yang berbodi logam. Jika isolasi kabel daya ke pesawat dibungkus dengan logam (seperti pencuci atau pengering) rusak, hubungan antara arus penghantar dan bingkai logam dapat mengalirkan arus listrik ke seluruh pesawat -- keadaan bahaya ini hampir tidak terlihat. Jika ini terjadi, dan jika pesawat dibumikan dengan baik, kelembaban juga dapat menyebabkan bahaya kejutan listrik. Jika Anda menyentuh bingkai logam bermuatan di daerah lembab, atau saat menyentuh keran air atau radiator, arus dapat secara tiba2, dan Anda dapat terbunuh.
            Ada 3 hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari bahaya ini. Pertama, yakinkan bahwa pesawat Anda dibumikan dengan baik. Kedua, yakinkan bahwa kabel pesawat dalam kondisi baik, tidak melepuh atau timbul bintik2 kasar di seluruh pesawat. Ketiga, menambah pemutus rangkaian kesalahan pembumi (GFI atau GCFI = Ground-fault Circuit Interrupter) pada rangkaian atau ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker). ELCB adalah piranti pemantau yang akan segera membuka rangkaian jika arus bocor ke bumi terjadi; ini disyaratkan oleh NEC (National Electric Code) pada semua KK (kotak-kontak) di luar gedung untuk 15 - 20A, dan untuk instalasi kamar mandi, dimana kelembaban telah menjadi problem yang umum. Anda dapat memasang ELCB di rumah Anda, dan dapat anda peroleh di suplier-suplier listrik.

Keamanan Mekanis dan Elektris Pada Pesawat Rumah Tangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 komentar: