Blog Informasi Apa Aja

04 Februari 2014

Prinsip Dasar Memperbaiki Pesawat Sederhana

Ada tiga hal yang sangat penting yang harus diikuti untuk memperbaiki suatu pesawat:
  1. Selalulah dengan tanpa kecuali yakinkan bahwa sumber listrik dan/atau sumber gas ke pesawat telah terputus sebelum Anda memulai mengetes pesawat untuk mendiagnose permasalahan, atau mereparasinya. Jika Anda memasukkan sumber listrik untuk mengecek pekerjaan Anda setelah perbaikan, jangan menyentuh pesawat; tetapi lihatlah (telitilah) dulu. Jangan pernah menyentuh pesawat hingga pesawat berjalan. Jika pengaturan diperlukan, matikan sumber sebelum Anda melakukannya.
  2. Jika ada bagian pesawat yang dipegang (dikencangkan) dengan sekrup, baut, penyumbat, dan juga pengunci, Anda dapat segera menyiapkan berbagai keperluan untuk perbaikan. jika bagian pesawat dipegang dengan paku keling atau dilas, jangan coba-coba untuk memperbaiki pesawat sendiri; panggillah tenaga servis profesional.
  3. Dalam banyak hal, kerusakan atau ketidakfungsian bagian dari pesawat dapat diganti dengan lebih cepat dan tidak begitu mahal jika dibandingkan dengan memperbaikinya, oleh Anda atau oleh tenaga profesional. 
Mengganti kerusakan atau bagian yang tidak berfungsi dengan komponen baru yang sejenis. Suku cadang alat tersebut  dapat diperoleh di pusat-pusat servis alat, dealer, dan toko2 suku cadang. Anda tidak selalu harus pergi ke pusat servis di daerah Anda, pesanlah komponen yang Anda butuhkan langsung ke pabrik; berilah pabrik data tentang model dan komponen yang mungkin untuk alat tersebut. Nama dan alamat pabrik biasanya tercatat di alat tersebut.
Ada tiga pokok dasar untuk keselamatan dan keberhasilan perbaikan suatu pesawat. Jangan pernah mencoba menyimpan waktu atau uang dengan mengabaikannya . Anda tidak akan menyimpan sesuatu dalam semua hal, dan anda dapat mengakhiri derita Anda atau kerusakan pesawat.

Sebelum Anda memperbaiki beberapa pesawat, yakinkan bahwa pesawat sedang menerima sumber daya, kekurangan daya adalah sebagian besar penyebab gangguan pesawat. Sebelum Anda mulai proses pengujian dan diagnosis, ambillah 3 (tiga) tahapan persiapan sebagai berikut:
  1. Ceklah untuk meyakinkan bahwa pesawat benar2 telah dimasukkan ke sumber tegangan sebagaimana mestinya, dan bahwa kabel, steker dan kotak-kontak (KK) kerja dengan baik. Jika KK dikontrol dengan sakelar, yakinkan bahwa sakelar sudah ON. Tentukan kembali bahwa KK bekerja, teslah dengan tester tegangan, sehingga terperinci menurut pengetesan listrik.
  2. Ceklah untuk meyakinkan bahwa sekering dan/atau CB (circuit breaker) pada rangkaian kontrol tidak terputus atau belum trip. Mungkin ada lebih dari 1 panel masukan untuk rumah Anda, khususnya untuk pesawat 220-240V seperti halnya kompor dan AC -- Cek untuk terputusnya sekering atau tripnya CB pada kedua panel distribusi. Jika perlu, perbaiki rangkaian.
  3. Ceklah untuk meyakinkan  sekering dan/atau CB di dalam pesawat tidak putus atau trip. Tekanlah tombol reset ON seperti pada pesawat pengolah sampah, pencuci, pengering, dan kompor. Beberapa kompor mempunyai jenis steker bersekering secara terpisah, untuk operasi pemanggangan; yakinkan bahwa sekering ini belum putus.

Jika pesawat menggunakan gas atau air, ceklah untuk meyakinkan bahwa penerimaan supply cukup memadai.
Ceklah manual penggunaan pesawat Anda; pabrik-pabrik memasukkannya, dan itu sangat membantu seperti chart untuk memecahkan permasalahan. Jika Anda tidak mempunyai manual untuk pesawat tersebut, Anda mungkin dapat memperoleh salah satu -- setiap pesawat yang sudah usang atau tak terpakai lagi -- dari pabrik bagian servis pelanggan.

Prinsip Dasar Memperbaiki Pesawat Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 komentar: