Blog Informasi Apa Aja

04 Februari 2014

Soal Jawab Tentang Pesawat Rumah Tangga Listrik

A. Soal:
1. Apa yang terjadi jika sebuah pesawat rumah tangga listrik mempunyai tegangan kerja 110V, kemudian disambungkan pada sumber tegangan 220V? Jelaskan.
2. Beberapa hal sebelum Anda memulai proses pengujian dan diagnosis kerusakan suatu pesawat harus Anda lakukan, sebutkan.
3. Apa bahayanya suatu pesawat yang berbodi logam jika tidak digroundingkan (dikebumikan)? Jelaskan.
4. Sebutkan beberapa cara pengamanan elektris suatu pesawat berbodi logam!

Jawab Soal A:
1.  Sebuah pesawat dengan tegangan kerja 110V, disambungkan pada tegangan 220V, maka yang terjadi adalah : tegangan naik, sementara tahanan tetap, sehingga arus listrik di dalam pesawat menjadi naik pula. Kenaikan arus yang diluar batas kemampuan pesawat mengakibatkan kerusakan pada pesawat (terbakar, atau jika dilindungi dengan fuse, fuse akan segera putus)
2.    Beberapa hal tersebut adalah:
·   Ceklah untuk meyakinkan bahwa pesawat benar2 telah dimasukkan ke sumber tegangan sebagaimana mestinya, dan bahwa kabel, steker dan kotak-kontak (KK) kerja dengan baik. Jika KK dikontrol dengan sakelar, yakinkan bahwa sakelar sudah ON. Tentukan kembali bahwa KK bekerja, teslah dengan tester tegangan, sehingga terperinci menurut pengetesan listrik.
·   Ceklah untuk meyakinkan bahwa sekering dan/atau CB (circuit breaker) pada rangkaian kontrol tidak terputus atau belum trip. Mungkin ada lebih dari 1 panel masukan untuk rumah Anda, khususnya untuk pesawat 220-240V seperti halnya kompor dan AC -- Cek untuk terputusnya sekering atau tripnya CB pada kedua panel distribusi. Jika perlu, perbaiki rangkaian.
·   Ceklah untuk meyakinkan  sekering dan/atau CB di dalam pesawat tidak putus atau trip. Tekanlah tombol reset ON seperti pada pesawat pengolah sampah, pencuci, pengering, dan kompor. Beberapa kompor mempunyai jenis steker bersekering secara terpisah, untuk operasi pemanggangan; yakinkan bahwa sekering ini belum putus.
·    Jika pesawat menggunakan gas atau air, ceklah untuk meyakinkan bahwa penerimaan supply cukup memadai.
·    Ceklah manual penggunaan pesawat Anda; pabrik2 memasukkannya, dan itu sangat membantu seperti chart untuk memecahkan permasalahan. Jika Anda tidak mempunyai manual untuk pesawat tersebut, Anda mungkin dapat memperoleh salah satu -- setiap pesawat yang sudah usang atau tak terpakai lagi -- dari pabrik bagian servis pelanggan.
3.    Sebuah pesawat yang berodi logam dan tidak digroundingkan, maka jika pada pesawat tersebut terjadi kegagalan isolasi yang mengakibatkan adanya arus bocor ke bodi, sehingga pada bodi pesawat terdapat bahaya tegangan sentuh. Jika suatu saat operator (manusia) menyentuh bodi pesawat tersebut, maka secara otomatis orang tersebut akan terkena setrom sebesar tegangan sentuh tersebut.
4.    Beberapa cara pengamanan elektris untuk pesawat yang berbodikan logam antara lain:
·         dengan memasang hantaran pembumi pada bodi pesawat atau membumikan pesawat
·         memasang alat pengaman arus bocor (ELCB)

Soal Jawab Tentang Pesawat Rumah Tangga Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 komentar: