Blog Informasi Apa Aja

26 April 2014

Faktor-faktor yang Perlu dipertimbangkan dalam Disiplin Kerja



Hasibuan (1994 :214) memberikan suatu penjelasan tentang faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan disiplin kerja. Menurutnya bahwa “faktor yang mempengaruhi tingkat kedisiplinan pegawai : tujuan dan kemampuan, teladan pimpinan, balas jasa, keahlian, sanksi/hukuman, ketegasan dan hubungan kemanusiaan ”. Untuk lebih jelasnya dapat dijelaskan faktor-faktor tersebut :
1.      Tujuan dan kemampuan
Tujuan harus jelas dan sesuai dengan kemampuan karyawan yang bersangkutan agar karyawan  bersungguh-sungguh dan berdisiplin baik untuk mengerjakannya, akan tetapi jika pekerjaan itu diluar kemampuan bahkan jauh diluar kemampuan, maka kesanggupan dan kedisiplinan karyawan akan rendah.
2.      Teladan Pimpinan
Keteladanan pimpinan sangat besar pengaruhnya dalam menentukan kedisiplinan karyawan dalam perusahaan yaitu dengan memberikan contoh kedisiplinan, ketaatan, kejujuran, tingkah laku, serta perbuatan yang baik sehingga pantas untuk diteladani oleh bawahannya.
3.      Balas jasa
Balas jasa mempengaruhi kedisiplinan karyawan karena balas jasa akan memberikan kepuasan kepada karyawan dan kecintaan pada pekerjaan dan perusahaan, maka semakin tinggi disiplin karyawan.
4.      Keadilan
Apabila keadilan dijadikan dasar dalam pemberian balas jasa atau hukuman, maka keadilan dari pimpinan perusahaan dapat merangsang disiplin kerja karyawan sehingga dengan adanya keadilan yang baik diharapkan tercipta keadilan yang baik.
5.      Waskat (pengawas melekat)
Adalah pengawasan yang melekat pada setiap pejabat atau tindakan nyata, efektif mencegah dan mengetahui kesalahan, membetulkan kesalahan, memelihara kedisiplinan, meningkatkan prestasi kerja, menggali sistem kerja yang efektif dan menciptakan sistem control ynag baik dalam mendukung terwujudnya tujuan perusahaan.
6.      Sistem hukum
Berat ringannya sanksi hukuman yang ditetapkan ikut mempengaruhi baik buruknya disiplin kerja dan sanksi tersebut harus berdasarkan, pertimbangan yang logis dan masuk akal dan diinformasikan keseluruh karyawan.
7.      Ketegasan
Ketegasan pimpinan dalam menegur dan menghukum setiap karyawan yang indisipliner akan mewujudkan kedisiplinan yang baik dalam perusahaan.
8.      Hubungan kemanusiaan
Hubungan harmonis antara semua karyawan baik yang bersifat vertical maupun horizontal dapat mewujudkan lingkungan dan suasana kerja yang nyaman sehingga dapat memotivasi kedisiplinan yang baik bagi karyawan.
Faktor yang biasanya sering digunakan untuk mengetahui tingkat kediplinan kerja adalah absensi. Banyak tidaknya karyawan yang tidak masuk kerja akan mencerminkan disiplin tidaknya karyawan dan hal ini akan berpengaruh pada produktivitas.

Faktor-faktor yang Perlu dipertimbangkan dalam Disiplin Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 komentar: