Blog Informasi Apa Aja

24 April 2014

Kemampuan Manajerial Dalam Mengelola Organisasi



Para pengelola atau penanggung jawab organisasi untuk dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dapat mengandalkan kemampuan atau keahlian konseptual, keahlian hubungan antar manusia, keahlian teknikal dan keahlian pengambilan keputusan (Jeff Madura, 2001 : 230). Keahlian-keahlian tersebut akan menjadi kemampuan manajerial dalam mengembangkan dan mengendalikan organisasi, karena keberhasilan pimpinan pengelola organisasi tergantung pada kemampuan manajerialnya. Jabatan yang lebih rendah dibutuhkan ketrampilan teknis yang lebih banyak  dan sedikit menggunakan kemampuan manajerialnya.  Kemampuan manajerial adalah kemampuan untuk memahami dan mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen  dalam organisasi sesuai dengan lingkungan organisasi (Handoko, 1990:23)  Makin tinggi jenjang jabatannya maka akan semakin dituntut untuk meningkatkan kemampuan manajerialnya. Prinsip dari manajerial  adalah penguasaan inti dari manajemen yang terdiri dari:
                       1). Fungsi perencanaan (Planning),
            2). Pengorganisasian (Organizing),
            3). Penyusunan (Staffing),
            4). Pengarahan (Directing),
            5). Pengawasan (Controlling).
Secara teknis tidak seluruh dari inti manajemen dipergunakan, tergantung berbagai pendapat yang memperkuat tentang peranan dan fungsinya, namun yang lebih penting adalah tidak meninggalkan fungsi planning, organizing dan controlling. Gabungan dari kemampuan keahlian dan kemampuan penguasaan init manajemen akan menjadi kemampuan manajerial yang baik bagi pengelola organisasi   Robbins (2001:3), menguraikan fungsi planning, organizing, actuating dan controlling sebagai berikut :
1.      Planning (perencanaan )
Fungsi ini mrencanakan langkah-langakah yang dilakukan oleh perusahaan. Sabagai langkah awal perusahaan menetapkan misis perusahaan. Misis perusahaan ditindak lanjuti dengan rencana strategis yang menjelaskan misi secara umum dan juga menjelaskan bagaimana misi perusahaan harus dicapai. Perencanaan sebagai landasan operasional sebagai bentuk metode-metode yang akan digunakan dalam mencapai sasaran perusahaan.
2.      Organizing
Fungsi pengorganisasian adalah pengaturan karyawan dan sumber daya lain yang ada dalam perusahaan  dengan cara yang konsisten dengan tujuan perusahaan. Bagaimana sumber daya diadakan dan diorganisasikan dalam mencapai sasaran perusahaan. Fungsi ini berlangsung selama hidup perusahaan beroperasi.
3.      Actuating
Actuating atau lebih popular disebut dengan leadership atau kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi kebiasaan-kebiasaan keryawan demi pencapaian tujuan perusahaan. Hal ini juga dapat berupa contoh sikap yang dapat dianut/ditiru karyawan lain, agar dapat berperilaku sesuai dengan tindakan para pimpinan.
4.      Controlling
Fungsi pengawasan menilai apakah hasil yang telah dicapai telah sesuai dengan yang direncanakan ?. Standart pengawasan diterapkan pada jumlah produksi, biaya, volume pemjualan, jumlah laba dan berbagai variabel lain yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan. Pengawasan memudahkan dan memastikan bahwa langkah-langkah telah dilaksanakan sesuai dengan rencana.
            Dari keempat fungsi manajemen tersebut semakin tinggi jabatan karyawan akan semakin tinggi tuntutan untuk menguasai fungsi tersebut terutama fungsi perencanaan, artinya kemampuan manajerial karyawan semakin diperlukan dalam mengendalikan atau mengelola organisasi atau perusahaan sehingga dari penguasaan fungsi manajemen akan dapat diukur kinerja karyawan.

Kemampuan Manajerial Dalam Mengelola Organisasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 komentar: