Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

25 April 2014

Tipe Disiplin dan Proses Pelaksanaannya



Tipe Disiplin 


Pada dasarnya ada dua tipe disiplin menurut  Handoko (1987 : 208) mengemukakan antara lain :
a.      Disiplin Preventif
Adalah tindakan  kegiatan yang dilaksanakan untuk mendorong karyawan agar melakukan berbagai tindakan yang sesuai dengan standard dan aturan, sehingga penyelewengan-penyelewengan dapat dicegah atau dihindari, sasaran pokoknya adalah untuk mendorong disiplin diri diantara para karyawan, dengan cara karyawan menjaga disiplin kerja dan bukan karena dipaksa oleh pimpinan. Pimpinan mempunyai tanggung jawab menciptakan suatu iklim kerja atau disiplin kerja preventif dimana berbagi standart akan diketahui atau dipahami oleh karyawan. Bila karyawan tidak memahami standart-standart peraturan yang harus dicapai karyawan cenderung menjadi salah arah. Disamping itu hendaknya pimpinan menetapkan standart-standart secara positif dan bukan negatif karena pada dasarnya karyawan juga mengetahui alasan-alasan yang melatar belakangi suatu standart yang ditetapkan.
b.      Disiplin Korektif
Adalah menangani kegiatan yang diambil untuk menangani masalah aturan-aturan dan mencoba untuk menghindari pelanggaran-pelanggaran lebih lanjut. Kegiatan korektif ini sering disebut dengan kedisiplinan yang bisa merupakan tindakan peringatan dan skorsing, sasaran tindakan pendisiplinan hendaknya positif, bersifat mendidik dan mengoreksi, bukan tindakan negatif yang menjatuhkan karyawan yang berbuat salah. Jadi pada dasarnya tipe disiplin kerja bisa dilaksanakan sebelum tindakan pelanggaran dilakukan dan setelah pelanggaran tersebut dilakukan.

Proses Pelaksanaan Disiplin Kerja
Didalam proses pelaksanaan pendisiplinan ada beberapa hal yang mendasar yang perlu diperhatikan oleh pimpinan perusahaan didalam membuat dan melaksanakan peraturan, yaitu :
1.      Pejabat yang memberikan pendisiplinan
2.      Sikap pejabat yang memberikan pendisiplinan
3.      Peraturan harus sesuai dengan keadaan
4.      Peraturan harus dikombinasikan
Ad. 1. Pejabat yang memberikan pendisiplinan
Pihak yang  berhak memberikan pendisiplinan kepada para karyawan hanyalah pejabat yang mempunyai hak perintah secara langsung terhadap para karyawan.
Ad. 2.  Sikap pejabat yang memberikan pendisiplinan
Sikap pejabat dalam memberikan pendisiplinan terhadap karyawan harus adil dan tidak pilih kasih antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lainnya. Dengan demikian peraturan-peraturan yang ada diperusahaan dapat ditegakkan.
Ad. 3.  Peraturan harus sesuai dengan keadaan
Peraturan yang dibuat perusahaan harus sesuai dengan keadaan perusahaan itu sendiri.  Dimaksudkan bahwa peraturan tersebut dapat diterima oleh akal sehat, karena apabila peraturan tersebut dianggap tidak masuk akal, maka peraturan tersebut cenderung tidak dilaksanakan oleh karyawan.
Ad. 4.  Peraturan harus dikombinasikan
Peraturan yang telah dibuat dan ditetapkan oleh perusahaan haruslah diketahui oleh semua karyawan secara jelas dan mendetail, sehingga para karyawan tidak akan mengetahui adanya peraturan tersebut bila seorang karyawan melanggar peraturan perusahaan.

Tipe Disiplin dan Proses Pelaksanaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: success online

0 comments: