Blog Informasi Apa Aja

15 April 2015

Contoh Abstrak Skripsi Ilmu Pendidikan



Berikut ini adalah contoh abstrak skripsi untuk ilmu pendidikan dikutip dari salah satu skripsi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.


contoh abstrak skripsi


ABSTRAK

RAHMAWATI , 2012. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VIII SMP Darul Ulum Panaikang Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk kelas VIII SMP Darul Ulum Panaikang Kabupaten Bantaeng, (2) seberapa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori, (3) bagaiman aktivitas siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Panaikang Kabupaten Bantaeng yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation? (4) Bagaimana aktivitas siswa kelas VIII SMP Darul ulum Panaikang Kabupaten Bantaeng yang menggunakan metode ekspositori? (5) bagaimana respon siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Panaikang Kabupaten Bantaeng yang menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation? (6) bagaimana respon siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Panaikang kabupaten Bantaeng yang menggunakan metode ekspositori? (7) apakah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Panaikang Kabupaten Bantaeng untuk pokok bahasan Lingkaran yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih efektif dibanding hasil belajar siswa yang diajar  dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Panaikang Kabupaten Bantaeng tahun ajaran 2011/2012. Sample penelitian ini adalah diambil dua kelas dengan menggunakan clauster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika pada pokok bahasan Lingkaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest dalam bentuk essay. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI)  memperoleh nilai terendah 58,00 dan nilai tertinggi 91,00 dari skor ideal 100,00, dengan nilai rata-rata 73,41 dan standar deviasi 9,649. Sedangkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori  memperoleh nilai terendah 50,00 dan nilai tertinggi 80,00 dari skor ideal 100,00, dengan nilai rata-rata 62,91 dan standar deviasi 7,137. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Panaikang Kabupaten Bantaeng dalam pembelajaran matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori.

Demikianlah contoh abstrak skripsinya, mudah mudahan bermanfaat untuk digunakan sebagai referensi dalam menyelesaikan tugas skripsi

Contoh Abstrak Skripsi Ilmu Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: