Blog Informasi Apa Aja

14 April 2015

Doa Ulang Tahun Islami


Doa ulang tahun islami, berbicara tentang doa tentu tidak lepas dari namanya tuntunan Rasulullah Muhammad SAW. Karena doa adalah ibadah maka haruslah ada contoh do’a dalam Islam. Hakikat Ulang tahun sebenarnya bukanlah pertambahan umur tetapi berkurangnya jatah umur yang diberikan oleh Allah kepada kita. Jadi merayakan ulang tahun sebenarnya bukanlah bagian dari ibadah yang membutuhkan do’a do’a khusus untuk istri, ibu, anak, suami, sahabat dan lain-lain. 

doa ulang tahun islami

Alasan kebanyakan orang dalam merayakan ulang tahun adalah bersyukur karena diberi kesehatan dan umur yang panjang. Yah, alasannya memang tepat dan mulia karena mensyukuri karunia yang telah diberikan oleh Allah. Tetapi bukankah ulang tahun itu cuma sekali setahun seharusnya ekspresi kesyukuran itu sebaiknya dilakukan tiap saat tanpa mengenal waktu tertentu. Ekspesi kesyukuran bisa banyak macamnya dengan banyak berzikir dan mengingat kepada Allah dan beribadah.

Alasan lain bisa mengajak teman teman untuk silaturahmi untuk momen tertentu. Iya alasannya juga mulia karena silaturahmi dengan teman-teman dekat. Sangat dianjurkan memang dalam islam untuk selalu bersilaturahmi dan menjaga keakraban dengan teman-teman tetapi tidak perlu menunggu momen tertentu untuk merayakannya, bisa dia ajak teman teman ngumpul pada saat kangen kangen ingin berjumpa tidak perlu menunggu sampai setahun baru bisa ngumpul. Cukup acara acara kecil-kecilan untuk meramaikan keakraban bisa dengan gorengan dan camilan camilan kecil. Doa bisa kapanpun tanpa menunggu momen ulang tahun Islami karena tidak ada tidak ada kata islami kalau tidak mengikuti tuntunan Islam.

Alasan lainnya ingin berbagi kebahagian dengan sesama. Itu juga sangat mulia dan mudah-mudahan kita semua bisa menjadi orang yang selalu peduli dengan sesama. Tetapi tidak perlu menunggu moment ulang tahun baru bisa berbagi dan memberi makan kepada teman dan fakir miskin. Kita bisa saja tiap saat untuk memberi fakir miskin berupa sumbangan makanan dan uang tanpa perlu menunggu moment tahunan. Bisa tiap bulan atau minggu kita sisihkan penghasilan untuk disedekahkan kepada orang yang kurang mampu. Ini jelas amalannya sampai kepada Allah jika diniatkan ikhlas karena Allah. Tidak perlu hura hura dengan acara acara ulang tahun.

Kalau untuk menyenangkan anak anak kita dengan ulang tahun, kan banyak teman teman yang rayain, masak sih kita juga tidak merayakannya. Sekali lagi tidak perlu memen tertentu untuk menyenangkan anak-anak kita. Bisa kita memberi hadiah kecil kecilan pada saat ada prestasi kecil kecilan yang didapat anak-anak. Ataukah lagi dapat juara , bisa diadakan pesta kecil-kecilan dengan memanggil teman-temannya untuk meramaikannya. Dengan ini bisa menambah semangat dan motivasi anak. Merayakan ulang tahun yang mewah bisa jadi mengajarkan anak anak untuk bergaya hidup hura-hura. Sebagai orang tua seharusnya kita mendidik anak untuk bisa menjadi generasi muda terbaik. Hal yang aneh jika jika merayakan ulang tahun dengan doa ulang tahun islami yang dikhususkan. Padahal itu tidak ada tuntunan dalam islam dalam doa.

Kan mau senang-senang, yah senang-senang itu boleh aja asal tidak berlebihan, tidak ada larangan bisa kita senang senang selalu. Yang penting tidak melakukan pelanggaran seperti hura hura dan pemborosan. Kita juga bisa bersenang senang dengan memberi hadiah pada diri kita disaat ada keberhasilan kecil kecilan dengan memanjakan diri kita sejenak.

Kesimpulannya doa ulang tahun islami itu tidak ada, yang ada itu berdoa dengan mengucapkan hamdalah sebagai bentuk kesyukuran setiap saat dan kapanpun waktunya. Hamdalah ( Alhamdulillahi Rabbil Alamin ) sebaiknya selalu diucapkan untuk selalu bersyukur disertai resapan ke hati karena karunia yang Allah berikan berupa kesehatan dan umur panjang.

Doa Ulang Tahun Islami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: