Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

14 April 2015

Oleh Oleh Khas Makassar


Oleh-oleh khas Makassar sering kali menjadi incaran oleh para wisatawan yang datang ke Makassar. Ini merupakan kesenangan tersendiri apabila kita membawakan oleh-oleh kepada teman dan keluarga kita. Apalagi jika kita membawa oleh-oleh khas makassar yang tidak pernah di dapat di daerah lain, itu menjadi pengalaman tersendiri yang mungkin akan selalu dikenal oleh teman-teman kita.

Di Makassar begitu banyak oleh-oleh yang bisa didapatkan. Pokoknya oleh-olehnya begitu khas yang hanya bisa didapatkan di Makassar dan akan menjadi kenangan tersendiri. Di Makassar ada tempat yang khusus untuk mendapat oleh-oleh yang mana di lokasi tersebut berjejeran toko oleh-oleh di sepanjang jalan. Jalan itu biasa di kenal dengan Jalan Somba Opu. Silahkan aja jalan-jalan di sana maka anda akan mendapatkan segala jenis oleh-oleh yang bisa dibawah pulang.
 
oleh oleh khas makassar

Oleh-oleh sangat bervariasi berupa makanan khas, souvenir dan pakaian khas Makassar. Kalau makanan khas kebanyakan makanan basah jadi tidak bisa di bawah pulang. Kalau makanan khas saya bagi menjadi dua yaitu sebagai berikut :

Makanan Basah Khas Makassar
  1. Coto, tidak lengkap rasanya jika anda mencicipi makanan ini, makanan di buat dari daging sapi yang diiris-iris beserta jeroannya ditambah dengan bumbu tradisional khas yang diracik secara khusus. Makan coto selalu sama dengan ketupatnya.
  2. Pallu Basa , makanan ini hampir sama dengan coto yang dibuat dari daging sapi, yang membedakannya cuma pada bumbunya yang diracik khusus dan pasangannya berupa nasi putih.
  3. Mie Titi, mie yang khas yang di goring kering yang disiram dengan kuah kental beserta cabikan daging ayam dan sayuran.
  4. Pisang Ijo, pisang ini dibungkus dengan adonan tepung yang berwarna hijau dari pewarna daun pandan atau daun suji, ditambah kuahnya es-nya khas.
  5. Pisang Epe, pisang setengah matang yang dibakar lalu disiram dengan saos yang bervariasi berupa saus coklat, gula dan durian. Pisang ini merupakan jajanan favorit di sepanjang pantai losari yang dijajakan oleh pedagang kaki lima.
Makanan Kering Khas Makassar
  1. Otak-Otak, makanan ini terbuat dari ikan trenggili yang telah direbus dan dipanggang yang terbungkus daun pisang.
  2. Putu Kacang, makanan tradisional ini dibuat dari kacang hjau dan gula pilihan
  3. Baruasa, jangan lupa bawa pulang yang ini. Makanan ini terbuat dari kelapa parut yang telah dikeringkan serta tepung beras dan gula
  4. Jalangkote, penampakan makanan gorengan ini hampir sama dengan kue pastel tetapi isinya berbeda serta cita rasanya khas.
Masih banyak oleh-oleh khas Makassar yang bisa dibawah pulang tapi saya rekomendasikan agar makanan basah yang diatas tidak usah dibawah pulang sebagai oleh-oleh karena ketahanan makanan Cuma sebentar dan tidak bisa berhari-hari. Klau ingin membawa oleh-oleh silahkan makanan kering aja karena bisa bertahan lama serta souvenir dan produk khas Makassar.

Souvenir dan produk yang bisa dibawah pulang sebagai berikut :
    1. Kain Tenun Bugis, ini adalah kain sutera khas daerah Sengkang
    2. Replika Perahu Phinisi , siapa yang tidak kenal dengan perahu ini yang telah menjelajahi banyak Negara pada zaman dahulu
    3. Replika Rumah Toraja
    4. Kopi Toraja adalah kopi yang sangat khas dan mempunyai cita rasa tersendiri.
    5. Songkok ( Topi khas warisan kerajaan Bone )
    6. Markisa, semacam minuman juice yang diolah dari buah markisa.
    7. Minyak Tawon, ini minyak gosok yang paling banyak khasiat yang hanya diproduksi di Makassar
Dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan agar tidak terlalu panjang ceritanya.

Sekian, silahkan menjelajahi Jalan Somba Opu, Jangan lupa bawah oleh-oleh khas Makassar untuk teman-teman dan keluarga anda. Kalau mau belanja online oleh oleh khas makassar bisa disini oleholehkhasmakassar.com

Oleh Oleh Khas Makassar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: