Blog Informasi Apa Aja

11 April 2015

Sifat-Sifat Pemimpin Sebagai Agent of Change


sifat sifat pemimpinDi dalam Al-Qur’an terdapat singgungan dan arahan terhadap sifat-sifat pemimpin sebagai agent of change dengan segala bentuk dan tingkatan sosialnya sebagaimana yang dijelaskan dalam surat al-Baqarah ayat 247.  Ayat tersebut memberi gambaran dengan merujuk kepada sejarah Bani Israil yang melewati fase peperangan. Dalam fase itu, mereka membutuhkan seorang pemimpin yang mempunyai dua sifat, sebagaimana sifat ditetapkan oleh ayat tersebut. Sifat pertama, memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Syarat ini merupakan hasil alami dari kesempurnaan akal. Sifat kedua, kesehatan dan kekuatan tubuh (fisik).

Hasil yang muncul dari kedua sifat ini adalah keberanian, kemampuan berperang (gizabul fikri), atau berbagai kemampuan yang lain. Manusia adalah fisik, akal dan ruh. Kesehatan fisik dan kesempurnaan akal akan menghasilkan seluruh sifat dan syarat yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin yang kemudian penjelasannya diperluas oleh para ulama.

Dalam ayat yang lain, dikisah tentang Nabi Musa AS, Allah Swt berfirman sebagaimana perkataan putri Nabi Syu’ib yang menasehati dan mendorong bapaknya untuk mempekerjakanMusa.
"Salah seorang dari dua wanita itu berkata; kerena sesungguhnya, orang yang paling baik yang kamu ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat lagi dipercaya" (QS. Al-Qashas:26).

Musa hanya dituntut mengatur dan memelihara harta Syua’ib yang tidak lebih dari sektor pertanian dan hewan ternak. Tugas yang dibebankan di sini membutuhkan adanya kekuatan (fisik), sehingga Musa diberikan amanah untuk menanggung beban pertanian dan pengembalaan. Selain kekuatan, juga dibutuhkan sifat dapat dipercaya, sehingga ia mampu untuk menjaga harta yang akan ia rawat dan tidak merusak atau mengkhianati amanah pada harta tersebut. Dari ilustrasi di atas dapat disimpulkan bahwa yang membedakan antara agent of change dalam Islam dengan agent of change dalam konsep umum adalah pada filosofi religiusitas dengan dasar pedoman keimanan kepada al-Qur’an dan hadits Nabi. Konsep amanah, keterampilan, kredibilitas, kesempurnaan fisik dan akal serta beban moral yang mempunyai sangsi dunia dan akhirat. Hal tersebut sebagaimana diperaktekkan oleh Muhammad, Rasulullah, dalam riwayat hidupnya sejak kecil hingga wafat, yang kemudian juga dilanjutkan oleh para khalifah khulafaurrasyidin.

Sifat-Sifat Pemimpin Sebagai Agent of Change Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: