Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

20 January 2016

Struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP )

KTSP

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidkan pasal 6 ayat menyatakan bahwa struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut :
  • Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
  • Kelompok mata pelajaran Kewarnegaraan dan kepribadian
  • Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  • Kelompok mata pelajaran estetika
  • Kelompok mata pelajaran asmani, olahraga, dan kesehatan
Cangkupan setiap kelompok mata pelajaran untuk jenjang SD/MI/SDLB disajikan pada tabel 1.

struktur KTSP
Selanjutnya dalam pasal 7 Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan dijelaskan pula bahwa :
  1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia pada SD/MI/SDLB/ Paket A dilaksanakan melalui muatan dan atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.
  2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian pada SD/MI/SDLB/Paket A, dilaksanakan melalui muatan dan atau kegiatan agama, Ahlak mulia, Kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, dan pendidikan jasmani.
  3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/ kejuruan, dan muatan local yang relevan.
  4. Kelompok mata pelajaran estetika pada SD/MI/SDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan dan atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan local yang relevan.
  5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesempatan pada SD/MI/SDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan dan atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Berdasarkan ketentuan tersebut diatas, struktural kurikulum Tingkat Kesatuan Pendidikan SD Negeri 44 Kading adalah sebagai berikut :

Alokasi waktu KTSP

Catatan :

Alokasi waktu tabel di atas sudah ditambahkan 4 jam pembelajaran untuk setiap minggu
Keterangan :
  1. 1 (satu) jam Pelajaran Alokasi 35 menit
  2. Kelas 1, 2, dan 3 pendekatan tematik
  3. Kelas 4, 5, dan 6 pendekatan tematik
  4. Sekolah dapat memasukan pendidikan yang berbasis keunggulan lokal dan global, yang merupakan bagian dari mata pelajaran yang diunggulkan
  5. Mengenai pembelajaran tematis, sekolah dapat menentukkan alokasi waktu per mata pelajaran sedangkan dalam PBM mengunakan pendekatan tematik

Struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: