Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

12 May 2016

Contoh Surat Dinas Pemerintahan

Bagi instansi pemerintahan, surat dinas sangatlah penting untuk menentukan berjalannya suatu kegiatan yang berhubungan dengan pemerintahan dan pegawainya.Karena hal ini mencakup pemerintahan, tentu saja dalam membuatnya haruslah teliti dan hati-hati.Oleh sebab itu, anda haruslah mengetahui beberapa contoh surat dinas pemerintahan agar bisa mendapatkan referensi terbaik. 

Sebelum langsung menuju contoh surat dinas pemerintahan, anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu surat dinas. Surat dinas merupakan salah satu surat resmi yang dijadikan sebagai salah satu media yang tertulis yang gunanya adalah untuk menginformasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan kedinasan. Surat ini dibuat oleh organisasi, lembaga, pejabat, ataupun instansi.Karena kali ini saya membahas contoh surat dinas pemerintahan, tentu saja yang membuatnya adalah yang berkaitan dengan pemerintahan seperti pejabat. 

surat dinas pemerintah


Nah, setelah anda mengetahui pengertian surat dinas, anda juga perlu mengetahui beberapa fungi dari surat dinas sebelum saya memberitahukan anda contoh surat dinas pemerintahan. Fungsi atau kegunaan dari surat dinas diantaranya: 

1)      Sebagai pedoman pekerjaan. Ini merupakan fungsi utama pada surat dinas, yang di dalamnya biasa berisi intrusksi, pengambilan keputusan, pemberian izin ataupun yang lainnya. Seorang pegawai dari pemeritahan tidak akan bisa berbuat apa-apa tanpa adanya surat dinas ditangannya.

2)      Sebagai bukti. Hal ini dimaksudkan untuk dijadikan buktipada perjanjian tertentu. Atau bisa juga dijadikan bukti perkembangan atau hal lainnya pada suatu lembaga ataupun instansi pemerintahan. 

3)      Sebagai Pengingat. Point yang ketiga ini dimungkinkan karena surat dinas ini bisa dijadikan suatu arsip. 

Jika anda sudah memahami kegunaan dari surat dinas, maka hal selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah bagian-bagian dari surat dinas sebelum menuju contoh surat dinas pemerintahan. Bagian-bagiannya adalah sebagai berikut :

1)      Kop. Bagian ini sering juga disebut sebagai kepala surat. Oleh sebab itu, tentu saja letaknya dibagian paling atas dari surat. Biasanya, bagian ini yang dijadikan untuk membedakan surat resmi atau surat tidak resmi. Pada bagian kop surat ini, biasanya terdapat logo dan juganama sekaligus alamat. Nama yang dimaksudkan adalah nama yang mengacu pada induk dari organisasi atau lembaganya.

2)      Tanggal. Tanggal ini merupakan tanggal dimana surat tersebut diterbitkan. Bagian ini berisi tempat dan tanggalnya.

3)      Nomor. Nomor pada surat biasanya berisikan serangkaian dari kode. Biasanya dimulai dari nomor urut surat itu sendiri, kode lembaga yang mengeluarkan surat dan diakhiri dengan tahun diterbitkannya surat. 

4)      Lampiran. Bagian lampiran merupakan bagian yang diisi menurut lembaran atau berkas lain yang diikutkan dengan surat. Jika ternyata tidak ada berkas yang perlu dilampirkan, anda bisa mengisinya dengan tanda strip. 

5)      Hal.  Bagian ini juga sering dituliskan perihal. Ini adalah bagian dari pokok atau inti dari diterbtikannya suatu surat resmi.

6)      Alamat. Alamat disini terkait dengan penerima dari surat yang anda terbitkan. Yang perlu anda perhatikan adalah penulisan Bapak / Ibu jika anda bermaksud surat ini anda berikan untuk beberapa orang
.
7)      Salam pembuka. Anda tentu sudah memahami bagian ini.

8)      Isi. Yang harus anda perhatikan adalah isi surat harus sama dengan perihal yang sudah anda tulis sebelumnya.

9)      Salam penutup. Bagian ini untuk menutup surat resmi anda.

10)  Nama. Anda haruslah menuliskan nama pengirim dengan lengkap

11)  Tembusan.  Ini untuk mencantumkan pihak-pihak terkait yang mendapatkan tembusan. Namun, tidak semua surat resmi membutuhkan tembusan.

12)  Inisial. Bagian ini ditempatkan pada bagian kiri bawahpada tembusan surat untuk dijadikan tanda pengenal. Biasanya bagian ini sedikit rahasia.

Jika anda sudah memahami beberapa point tersebut, barulah saya akan memberikan contoh surat dinas pemerintahan supaya anda bisa lebih cepat mengerti. Berikut adalah contoh surat dinas pemerintahan yang bisa anda jadikan referensi.




Contoh surat dinas pemerintahan yang pertama
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN BANJARNEGARA
Jl. Nusantara No 12 ABanjarnegara 54431

Banjarnegara, 10 Agustus 2015
Nomor             : 123/DPPK/2015
Lampiran         : -
Perihal             : Undangan

Yth. Sdr. Abdullah Manaf
Jl. Ahmad YaniNo 45
Banjarnegara

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akandilaksanakannyarapat internal, dengan surat ini kami bermaksud untuk mengundang Bapak agar bisa hadir pada:
Hari                 : Rabu
Tanggal           : 20 Juni 2015
Tempat            : Gedung Aula Kabupaten Banjarnegara
Acara               : Pembahasan kegiatan bersama AnggotaDPRDBanjarnegara
Demikianlah suratundangan ini kami buat dengan harapan Bapak dapat berpartisipasi. Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami
Kepala Dinas Pendidikan Pariwisata dan kebudayaan

Suprapto


Contoh surat dinas pemerintahan yang kedua
(KOP SURAT)
Wonosobo, 23 April 2015
Nomor             : 123/dinasapa/XI/2015
Lampiran         : 2 lembar
Perihal             : Pengumuman
Kepada Yth.
Bapak / Ibu Kepala Sekolah
Di tempat

Dengan hormat,
Karena semakin majunya perkembangan teknologi yang ada, kami berharap Bapak / Ibu untuk dapat menambah wawasan sekaligus pengalaman yang berhubungan dengan Manajemen serta sistem informasi sekolah yang Bapak / Ibu pimpin. Oleh karena itu, kami dari Dinas Pendidikan akanmemberikan pelatihan sekaligus implementasi tata kelola pada sekolah. Dengan pelatihan ini kami berharap Bapak / Ibu dapat meningkatkan mutu kepengurusan.
Pelatihan tersebut akan dilaksanakan pada:
Tanggal           : 27-28 April 2015
Pukul               : 08.00 s/d selesai
Tempat            : Gedung Aula Kabupaten Wonosobo
Demikianlah pengumuman ini kami buat, untuk penjelasan yang lebih terperinci dapat Bapak / Ibu lihat pada berkas lampiran.Kami berharap Bapak / Ibu dapat berpartisipasi dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya.Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
Hormat Kami
Kepala Dinas ------

(Nama)

Contoh Surat Dinas Pemerintahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: