Blog Informasi Apa Aja

15 Mei 2016

Contoh Undangan Formal

Dalam kehidupan anda sehari-hati, bukan hal yang mengherankan rasanya jika anda menerima undangan pada acara tertentu.Undangan tersebut bisa dalam bentuk formal maupun tidak formal. Undangan formal dibutuhkan jika acara yang akan dihadiri merupakan acara yang formal dan berkaitan dengan lembaga atau instansi tertentu. Oleh sebab itu, anda sebaiknya mengetahui beberapa contoh undangan formal agar ketika nanti anda membutuhkannya anda tidak perlu lagi merasa kesulitan dalam membuatnya.

Contoh Undangan Formal

Karena suratundangan formal merupakan salah satu jenis dari surat resmi, maka anda harus mengetahui beberapa ciri-ciri dari surat resmi sebelum saya memberikan beberapa contoh undangan formal.Ciri-ciri dari surat resmi adalah sebagai berikut :

1)    Menggunakan kepala surat atau KOP, namun seperti yang anda ketahui tidak semua surat atau undangan resmi yang anda terima memiliki kepala surat karena kendala atau kekurangan tertentu. Tapi tentu saja kepala surat dibutuhkan.

2)    Menggunakan bahasa yang baik. Poin ini seperti tidak perlu anda pertanyakan mengapa. Karena pada surat resmi, misalnya contoh undangan formal yang akan saya berikan haruslah menggunakan bahasa yang baku sesuai dengan EYD. Hal ini juga berlaku pada penomoran atau urutan jika di dalamnya terdapat beberapa poin yang harus dipisahkan.

3)    Tertera nomor surat, perihal dan lampiran. Untuk surat resmi jenis apapun tentu saja dibutuhkan hal tersebut agar jelas tujuan dari diterbitkannya surat tersebut.

4)    Adanya tanda pengesahan. Pada surat resmi, tentu saja anda biasa melihat stempel atau cap. Stempel ini menandakan bahwa surat tersebut sah dan secara legal dikeluarkan dari suatu instansi sehingga dapat dipertanggun gjawabkan dikemudian hari.

Selain ciri-ciri surat resmi, sebelum saya memberikan contoh undangan formal ada baiknya anda memahami format dari penulisan surat resmi. Hal ini tentu saja akan memudahkan anda untuk membuat surat resmi pada keperluan yang akan datang. Formatnya adalah sebagai berikut :

1)    Kepala surat atau kop. Hal ini sudah dijelaskan sebelumnya sehingga saya rasa sudah cukup jelas.
2)    Tanggal pembuatan surat.
3)    Nomor surat.Nomor surat ini biasanya beberapa gabungan karakter yang dipisah dengan  tandagaris miring dan diakhiri dengan tahun dibuatnya surat.
4)    Hal. Merupakan tujuan mengapa surat resmi tersebut dibuat. Misalnya undangan, lamaran pekerjaan, dan lain sebagainya.
5)    Lampiran. Anda tinggal mengisinya dengan berapa banyak file yang anda lampiran dalam surat.
6)    Alamat tujuan
7)    Salam pembuka
8)    Isi surat. Point ini adalah point utama pada surat yang anda buat. Oleh sebab itu, anda sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, singkat namun tetap jelas.
9)    Salam penutup
10)    Pengirim
11)    Tembusan. Hal ini perlu anda masukkan jika anda didukung oleh beberapa instansi terkait
12)    Inisial

Setelah anda memahami format surat resmi di atas, tentu saja anda akan lebih mudah untuk membuatnya. Berikut adalah beberapa contoh undangan formal yang bisa anda jadikan acuan :




(KOP SURAT)
PEMERINTAH KOTA WONOSOBO
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMA NEGERI 3 WONOSOBO
Jl. Pangeran Diponegoro 45, Wonosobo, Jawa Tengah
Nomor             : 123/3455/III20115                                                                30 Desember 2015
Lampiran         : -
Hal                   : Undangan Rapat

Kepada Yth.
Bapak / Ibu Guru SMA Negeri 3 Wonosobo
Di tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan dilaksanakannya rapat akhir tahun guna membahas kinerja dari masing-masing Guru SMA Negeri 3 Wonosobo, maka dengan surat ini kami mengundang Bapak ?ibu guru untuk dapat menghadiri rapat akhir tahun tersebut. Rapat iniakandilaksanakan pada
Hari / tanggal                : Jum’at / 31 Desember 2015
Waktu                          : 13.00 –15.00 WIB
Tempat                         : Gedung Serba Guna SMA Negeri 3 Wonosobo
Demikian surat undangan ini saya buat, agar sekirannya Bapak / Ibu dapat menghadiri rapat pada tepat waktu agar rapat dapat berjalan lancar.Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
Nb: Dimohon Bapak / Ibu dapat membawa berkas kinerja selama setahun terakhir

Hormat Kami

Drs. H Djalaluddin Raden


Contoh Undangan Formal Yang Kedua
(KOP SURAT)
Jakarta, 17 Mei 2015
Nomor             : 456/356/333/2015
Hal                   : Undangan Rapat
Lampiran         : -

Kepada Yth.
Bapak Maulana Noor Aji
Manajer Operasional
PT. Sukses Jaya Abadi
Di tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan datangnya surat ini, kami dari pihak Panitia Penyelenggara acara peringatan ulang tahun PT. Sukses Jaya Abadi yang ke 35 tahun, bermaksud untuk mengundang Bapak pada rapat persiapan tersebut yang akan dilaksanakan pada:
Hari                 : Selasa
Tanggal           : 20 Mei 2015
Waktu              : 11.00 – 12.30 WIB
Tempat            : Ruang Rapat Lantai 2 PT.Sukses Jaya Abadi
Demikianlah surat ini undangan ini kami sampaikan dengan harapan Bapak dapat menghadiri rapat tersebut tepat waktu. Atas waktu dan perhatiannyakami ucapkan terimakasih.
Hormat Kami
Ketua Panitia

Dwi Hardiman



Contoh Undangan Formal Yang Ketiga

(KOP SURAT)
Bandung, 20 Maret 2015
No                    : 123/456/124/2015
Lampiran         : -
Hal                   : Undangan

Yth.
Orang Tua / Wali muridKelas XI
SMA Negeri 3 Bandung

Dengan hormat,
Sehubungan akan diadakannyaacara Studi Lapangan yang akan diikuti oleh siswa dan siswi kelas XI SMA Negeri 3 Bandung, dengan ini kami dari pihak sekolah mengundang Bapak / Ibu selaku orang tua / wali murid agar bisa datang pada rapat untuk membahas hal tersebut yang akan dilaksanakan pada:
Tanggal                       :22 Maret 2015
Waktu                          : 10.00 – 12.00 WIB
Tempat                        : Gedung Aula SMA Negeri 3 Bandung
Demikian surat ini kami buat. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah

Ir. JokoSantoso

Contoh Undangan Formal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: