Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

29 September 2016

Resep Kacang Sembunyi Makassar yang Enak dan Murah

Suka camilan dari kacang tanah, tapi sudah bosan dengan camilan yang itu itu saja?. Penggemar camilan kacang tanah wajib tahu resep kacang sembunyi Makassar ini yang datangnya jauh dari Provinsi Sulawesi Selatan. Mengapa diberi nama kacang sembunyi? karena adonan tepung menyembunyikan kacang tanah dengan baik. Camilan ini rasanya renyah dan manis, gampang sekali dibuat dengan adonan yang tidak rumit. Membuat camilan ini tidak menghabiskan banyak waktu, cocok untuk mengisi waktu senggang ketika Anda ingin makan camilan kacang yang renyah. Nikmati kerenyahan camilan khas Makassar ini di rumah dengan mengaplikasikan resep mudah ini:


kacang sembunyi


Bahan:

Untuk membuat kacang sembunyi Makassar yang gurih, manis dan lezat. Siapkanlah bahan-bahan pilihan yang kualitasnya terbaik, kacang yang Anda gunakan harus berkualitas.
•    Siapkan 200 gram tepung terigu, pilih yang berprotein sedang
•    Siapkan 1 sendok makan margarin lalu panaskan sampai meleleh dan mendidih
•    Siapkan ¼ sendok teh garam
•    Siapkan air secukupnya hingga adonan menjadi kalis, kurang lebih 75 ml
•    Siapkan 50 gram kacang tanah
•    Siapkan gula pasir secukupnya
•    Dan terakhir siapkan minyak sayur untuk menggoreng

Cara Membuat:

Setelah semua bahan-bahan untuk membuat kacang sembunyi Makassar selesai disiapkan, kacangnya sudah dibersihkan dan dikupas dari kulitnya, maka Anda bisa memulai resepnya segera.
1.    Pertama, campurkan tepung terigu dengan garam dan aduk hingga menjadi rata.
2.    Turunkanlah margarin yang masih panas dan tambahkan pada adonan tepung terigu dan garam, aduk-aduk
3.    Step ketiga membuat kacang sembunyi Makassar adalah dengan menambahkan air perlahan demi perlahan sambil terus menguleni adonannya hingga menjadi kalis.
4.    Giling tipis dengan menggunakan gilingan mie pilih nomor yang terkecil, lalu potong menggunakan cutter yang berbentuk segiempat, tidak perlu yang benar-benar berbentuk kotak, potong saja seukuran 2x2cm
5.    Berikan isian kacang tanah tepat di bagian sudut bawah tengah, lakukan terus hingga semua adonan tepung terisi dengan kacang
6.    Kacang sembunyi Makassar akan menjadi lezat ketika Anda menggoreng adonannya. Maka dari itu, panaskanlah minyak sayur dengan api yang sedang, lalu masukkan 2 sendok makan gula pasir dan aduk merata sampai warnanya berubah menjadi kuning kecokletakan, jaga minyaknya agar tidak menjadi gosong. Masukkanlah setengah adonan kacang sembunyi pada minyak panas dan aduk cepat sehingga adonannya tidak menempel serta balutan gulanya menyatu dengan adonan kacang sembunyi.
7.    Goreng adonan kacang sembunyi Makassar dengan memakai api sedang hingga menjadi renyah dan kacang di bagian dalamnya matang sempurna. Setelah matang, angkat dan tiriskan, goreng terus hingga semua adonannya habis tak bersisa lagi.
8.    Selagi masih panas, aduk kacang sembunyi goreng khas Makassar ini dengan sendok, pisahkan kacang sembunyi sehingga tidak saling menempel
9.    Setelah camilan kacangnya dingin, simpan di dalam toples yang kedap udara untuk dinikmati sekarang atau nanti bersama anggota keluarga lainnya.

Variasi camilan dari kacang ini, tidak hanya bisa dinikmati dalam hari-hari biasa saja, Anda pun bisa membuat dan menikmatinya saat hari raya lebaran nanti. Semoga resep dari kacang sembunyi Makassar ini bisa membantu Anda membuat variasi camilan yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang gurih dan lezat ketika dinikmati. Ayo coba sekarang juga, dijamin Anda pasti akan merasa ketagihan, karena selain lezat, camilan ini juga murah meriah.



Sumber :
hesti-myworkofart.blogspot.com

Resep Kacang Sembunyi Makassar yang Enak dan Murah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: