Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

27 September 2016

Sejarah Hingga Adat Suku Bugis Di Indonesia

Jangan mengaku orang Indonesia, jika Anda tidak mengenal dengan baik apa saja suku yang ada di Indonesia. Salah satu suku yang populer di Indonesia adalah suku Bugis. Bugis adalah kelompok etnik yang berada di Sulawesi Selatan yang masih memegang kental bahasa dan adat istiadatnya. Meskipun banyak pendatang yang datang baik dari Melayu dan Minangkabau, para pendatang tersebut telah terakulturasi dengan baik menjadi orang Bugis sesungguhnya. Dari hasil sensus penduduk yang dilakukan pada tahun 2000 lalu, populasi orang Bugis setidaknya mencapai 6 juta jiwa. Lalu apa saja yang melatarbelakangi suku Bugis, apa saja adat suku Bugis dan sejarah yang melatar belakanginya.

 
bugis arung palakka

Sejarah
Bugis merupakan suku yang masuk dalam kategori suku Melayu Deutero yang mana masuk ke Indonesia pasca gelombang migrasi pertama yang datangnya dari daratan Asia, lebih tepatnya lagi di Yunan. Kata Bugis sendiri berasal dari To Ugi yang artinya orang Bugis. Nama “ugi” ini merujuk pada raja mereka yang memang diberi julukan sebagai To Ugi maupun pengikut dari La Sattumpugi.

Perkembangan
Sebelum membahas lebih jauh mengenai adat suku Bugis. Dalam masa perkembangannya, komunitas ini mengalami perkembangan serta membentuk beberapa kerajaan. Mulai dari sinilah, masyarakat mengembangkan bahasa, kebudayaan, askara serta pemerintahan mereka tersendiri. Adapun kerajaan Bugis klasik seperti kerajaan Luwu, Bone, Soppeng, Wajo dan masih banyak lagi. Meskipun tersebar lalu membentuk suku bugis, namun proses pernikahan membuat pertalian darah di antara Makassar dengan Mandar dan saat ini orang Bugis menyebar di berbagai Kabupaten membawa adat suku Bugis bersamanya.

Adat Istiadat
Dalam budaya dan adat suku Bugis, terdapat setidaknya 3 hal yang bisa menggambarkan budaya orang Bugis, seperti konsep ade, siri na pesse serta simbiolisme orang bugis terhadap sarung sutra.

Konsep Ade'
Ade dari bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai adat istiadat dan bagi masyarakat Bugis, terdapat 4 jenis adat suku Bugis yakni, Ade Maraja, ade puraonro, ade abiasang dan ade assamaturukeng. Dan menurut Lontara Bugis, setidaknya terdapat 5 prinsip dasar dari ade tersebut, yakni rapang,  wari, bicara, sara dan ade itu sendiri.  

Konsep Siri'
Sedangkan makna “siri” di dalam masyarakat Bugis betitu berarti hingga ada pepatah Bugis yang berkata “Siri Paranreng, Nyawa Pa Lao” bisa diartikan sebagai “Apabila Harga Diri Terkoyak, Maka Nyawa Bayarannya” Saking tingginya makna dari siri tersebut, kehilangan harga diri hanya bisa dikembalikan melalui bayaran nyawa dari pihak lawan yang bersangkutan. Struktur Siri di dalam Budaya Bugis maupun Makassar memiliki 4 kategori, yakni:

1.    Siri Ripakasiri’ ini berhubungan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan harga diri pribadi dan harga diri maupun harkat martabat anggota keluarga. Siri ini yang palign tabu dan pantang dilanggar karena taruhannya sangat besar berkaitan dengan nyawa
2.    Siri’ Mappakasiri’siri’ ini berhubungan dengan etos kerja.
3.    Siri’ Tappela’ Siri ini berhubungan dengan rasa malu yang telah hilang karena sesuatu hal.
4.    Siri’ Mate Siri’ ini berhubungan dengan iman.

Adat suku Bugis melekat kuat bagi tiap masyarakat Bugis. Meskipun sudah banyak hal yang berkembang di zaman modern ini, namun adat dan istiadat tidak pernah dilupakan, tetap dijaga dengan sangat baik oleh semua masyarakat suku Bugis, menjaganya dari tiap generasi sehingga adat istiadat tersebut tidak pernah terlupakan oleh anak cucu nanti.

Sejarah Hingga Adat Suku Bugis Di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: